Pemerintah Global Harus Tegas Dalam Menghadapi Perubahan Iklim

22

Who’s just make a strong call on climate change?

More than 200 journals worldwide.
Iya guys, jadi kemarin, ada lebih dari 200 publikasi jurnal kesehatan di seluruh dunia yang kompakan untuk mempublikasikan tulisan editorial yang mendesak pemerintah negara-negara global untuk mengambil langkah tegas dalam menghadapi perubahan iklim dan melindungi kesehatan publik. The British Medical Journal (BMJ) bilang bahwa ini adalah yang pertama kalinya jurnal-jurnal tadi membuat seruan yang serupa, dan menunjukkan bahwa emang suasananya udah genting banget ni guys.
 
Dalam tulisan editorialnya, para editor jurnal ini menyerukan agar para pemimpin dunia bekerjasama untuk memastikan kenaikan suhu global tetap berada di bawah 1.5C. Terus, mereka juga bilang bahwa “Dunia kesehatan udah terdampak dengan naiknya tempratur global, karena hal ini juga menyebabkan kerusakan alam dan hilangnya biodiversitas. Karena itu, walaupun saat ini dunia tengah berjuang melawan covid19, namun kita nggak bisa menunggu pandemi berakhir untuk bisa mulai mengurangi produksi emisi gas. Lebih jauh, editorial itu juga bilang bahwa “Ancaman terbesar bagi kesehatan masyarakat global adalah ketidakmampuan para pemimpin dalam memastikan kenaikan tempratur di bawah 1.5C. Karenanya, ini udah urgent banget nih, bahwa harus ada perubahan demi terwujudnya dunia yang lebih adil dan sehat,”. Finally, in their words:  “We, as editors of health journals, call for governments and other leaders to act, marking 2021 as the year that the world finally changes course.”
 
FYI guys, tulisan editorial ini emang sengaja dipublish sebelum sidang umum PBB dan the Cop26 Climate Summit di Glasgow, Skotlandia November mendatang.