Krisis Iklim Jadi Salah Satu Topik Perbincangan UN General Assembly, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Daftar Resmi Hari Libur Nasional 2022, RUU PKS Harus Segera Disahkan

37

Good morning

It’s Thursday, so we hope you’re starting the day with a restful sleep last night. Yesterday we learned that the number of covid19 cases, especially in Jakarta is increasing again. So, we’ve said this a thousand times and will say it again a thousand times more: Wear. Your. Mask and Keep. Your. Distance. Take your vitamins and try to stay positive. We got this. 


When you’re a hot topic for some people…

Climate crisis can relate.
Yoi guys, karena, krisis iklim jadi salah satu topik perbincangan UN General Assembly tahun ini, barengan sama penanganan pandemi global covid-19. FYI, pertemuan para pemimpin dunia yang diadakan tahunan ini dibuka tanggal 14 September 2021 kemaren. Tapi, the actual meeting berlangsung dari tanggal 21 sampe 27 September 2021 nanti. Sehari sebelumnya di tanggal 20 September, our boys BTS juga tampil di sana tampil dan ngasih speech yang juga soal krisis iklim.

 

I see. How’s the discussion on climate crisis so far at UN GA?
Beberapa negara udah mulai angkat bicara soal topik ini gengs di hari pembukaan meeting tanggal 21 kemaren. Salah satunya ada Presiden China Xi Jinping yang bilang kalo doi mau menghentikan semua proyek berbahan bakar batu bara di negaranya. Pernyataan ini tentunya bikin takjub banyak orang secara China termasuk ke dalam negara penghasil gas rumah kaca terbesar.

Whoaaa…
Yap. Dari Presiden Xi, kita ke Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang bilang kalo doi bakal bahas soal Paris Climate Agreement sama parlemennya bulan depan. Kata Erdogan, meskipun Turki merupakan salah satu negara yang pertama kali menandatangani perjanjian soal produksi emisi karbon dalam rangka menanggulangi krisis iklim, negaranya belom ngeratifikasi perjanjian tersebut dari awal. Hal ini karena awalnya Turki ngerasa beban yang dibagi ke negara-negara anggota PBB ini terlalu besar dan waktu itu isu climate crisis belom terlalu relevan dan urgent.

 
I see. Other countries?
Ada Peru yang ikutan angkat suara soal ini gengs. Presiden Peru Pedro Castillo bilang kalo negaranya bakal menetapkan national climate emergency. Lebih lanjut, Peru bakal mengejar target bebas emisi karbon di tahun 2050 nanti. Castillo juga bilang ni, kalo doi menekan negara-negara dengan “sumbangan polusi terbanyak” buat ngelakuin tindakan lebih untuk mencapai target global ini.
 
Nice. Go on.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga berdiskusi berdua ni hari Selasa kemaren setelah Biden nyampein speech-nya soal komitmen AS buat mengurangi emisi karbon. Menurut Biden dan Johnson, kedua negara tersebut harus bekerja sama secara ekonomi untuk mencapai target penanganan isu climate crisis ini gengs.
 
Anyone got a say on this?
Yep. Beberapa pemimpin negara di diskusi tertutup bilang kalo mereka punya ekspektasi tinggi sama Amerika Serikat, so mereka nungguin banget ni speech dari Biden. Tapi, banyak yang bilang kalo mereka lebih berharap hal konkret dari AS, kayak misalkan nyumbang ke negara-negara miskin supaya mereka bisa beralih ke energi yang lebih bersih.
 
Hmmm. Anything else?
Ada yang main sindir-sindiran ni gengs di pre-recorded speech-nya. Presiden Iran Ebrahim Raisi bilang kalo sekarang dunia udah gak terlalu terpengaruh sama Amerika Serikat. Doi bilang kalo “America First” tuh udah gak ada.

Who just won another term in office?

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.
Yoi guys, Trudeau baru aja nih memastikan bahwa kursi perdana menterinya nggak akan ke mana-mana, setelah hari Senin tanggal 20 September 2021 kemaren, doi berhasil memenangkan pemilihan umum federal untuk ketiga kalinya.
 
Really?
Yep. Trudeau diketahui menang setelah mengalahkan lawannya, Erin O’Toole dari Partai Konservatif. Trudeau sendiri adalah kandidat dari Partai Liberal di Kanada. Dengan begitu, Trudeau akan kembali memimpin Kanada sebagai Perdana Menteri sejak pertama kali menjabat di tahun 2015.
 
Wow. Tell me more about it.
So, let’s talk about Trudeau’s background first. Trudeau yang tahun ini akan berusia 50 tahun adalah anak dari Pierre Trudeau, Perdana Menteri ke-15 Kanada. Yep, it runs in the blood guys. Terus, doi mulai terjun ke dunia politik tahun 2008 pas jadi anggota parlemen, dan kembali terpilih di tahun 2011. Akhirnya di tahun 2013, doi memimpin Partai Liberal. Dua tahun kemudian, partainya menang pemilihan umum federal yang mengantarkannya sebagai Perdana Menteri Kanada ke-23.
 
I see. Now onto the election.
Nah jadi gengs, pemilu federal di Kanada sebenernya dilaksanain setiap empat tahun sekali. Trudeau menang di tahun 2015 dan 2019 kemaren, jadi harusnya next election digelar di tahun 2023. Tapi, Trudeau minta dicepetin dua tahun ni, alias yha jadi tahun ini gitu. Alasannya, karena pandemi covid19 bikin pemerintahannya membutuhkan mandat untuk menangani pandemi ini dan efek ekonomi setelahnya. Nah tapi, meskipun Trudeau menangin pemilu, namun partainya gagal menangin mayoritas parlemen.
 
How so?
Jadi, di Kanada itu kan ada 338 distrik pemilihan kan. Nah, untuk menangin mayoritas parlemen, suatu partai harus menang di minimal 170 distrik. Nah, partainya Trudeau alias Liberal cuma menang di 158 distrik ni gengs. Oleh karenanya, kalo partai tersebut mau mengamankan posisi mereka di pemerintahan, mereka disaranin buat membentuk koalisi sama partai lain.
 
I see…
Nah tapi guys, teteup aja kegagalan Trudeau dalam memenangkan koalisi ini berarti popularitas doi sebagai pemimpin mulai memudar. Udah gitu, banyak yang bilang kalo pemilu kemaren adalah pemilu yang nobody wanted karena Kanada lagi menghadapi gelombang covid ke empat, jadi rakyat Kanada berharap pemerintah fokusnya ke situ, instead of gelar pemilu kecepetan dua tahun. Udah gitu, pemilu federal kemaren resmi jadi pemilu paling mahal di sepanjang sejarah Kanada gengs.
 
Hmmm, any defense from Trudeau himself?
Kalo Trudeau sendiri sih bilangnya doi mau pemilu digelar cepet-cepet biar pemerintah yang terpilih ini bisa lebih jelas menentukan arah gitu, terlebih dalam menghadapi pandemi covid yang hilal selesainya belom keliatan juga sampe sekarang. Tapi yhaaa no one seems to buy that. Profesor Ilmu Politik Dalhouise University Lori Turnbull juga bilang kalo ini cuma akal-akalan Trudeau aja yang lagi haus kekuasaan.
 
Got it. Anything else?
FYI, di Kanada emang gak ada peraturan soal berapa kali perdana menteri bisa menjabat gengs, gak kayak di Indonesia yang presiden cuma bisa maksimal dua periode. Aturan ini gak cuma berlaku di Perdana Menteri aja, tapi juga di anggota parlemen. Masa jabatan Perdana Menteri di Kanada sendiri adalah empat tahun.

When you’ve been thinking about fulfilling your bucket list…

You can start planning now.
Yoi gengs, karena pemerintah baru aja merilis daftar resmi hari libur nasional sampe akhir tahun 2022 mendatang. Jadi kalo kamu udah  ancang-ancang buat ngelakuin work from Bali, dan mumpung masih WFH, nih, yuk cek daftar libur nasional di bawah ini! Pssst… jangan lupa untuk selalu prokes ya!
 
Yes, pls leave no details behind. 
Jadi, keputusan soal hari libur nasional ini tertulis di Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani oleh tiga menteri, yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Di SKB tersebut, ditetapkan bakal ada 15 hari libur nasional.
 
Sounds good, what about cuti bersama?
Untuk cuti bersama sendiri masih menyesuaikan gengs, tergantung situasi pandemi covid-19 nantinya gimana di Indonesia. Daftar hari libur nasional ini juga banyak revisi karena the ongoing pandemic ni guysNow let’s talk about the holidays.
 
I’m reading…
As usual, 1 Januari 2022 bakal libur Tahun Baru Masehi ya gengs. Terus, hari raya Tahun Baru Imlek 2573 bakal jatuh di tanggal 1 Februari 2022. Selanjutnya Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW akan diperingati di tanggal 28 Februari 2022. Tanggal 3 Maret 2022 bakalan libur Hari Suci Nyepi. Tanggal 15 April 2022 bakalan libur memperingati Wafat Isa Almasih. Lanjut di tanggal 1 Mei 2022 bakal ada libur Hari Buruh Internasional. Terus besokannya di tanggal 2 dan 3 Mei 2022 kita bakal ngerayain Hari Raya Idul Fitri gengs.
 
Wow udah lebaran lagi aja… Terus terus?
16 Mei 2022 bakalan libur lagi ni gengs buat ngerayain Hari Raya Waisak, dan 10 hari setelahnya di tanggal 26 Mei 2022 bakal libur lagi memperingati Kenaikan Isa Almasih. Gak lama setelahnya, kita bakal libur memperingati Hari Lahir Pancasila di tangal 1 Juni 2022. Dan lanjut ke Bulan Juli, tepatnya di tanggal 9, bakal ada hari libur lainnya yaitu Hari Raya Idul Adha.
 
Hmmm. I see you’re not done yet?
Of course not, we’re still in July. Tanggal 30 Juli 2022, kita akan libur merayakan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah. Lanjut ke 17 Agustus 2022 as you know Hari Kemerdekaan Indonesia. Tanggal 8 Oktober 2022 merupakan hari libur perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. And last but not least, 25 Desember 2022 libur hari perayaan Natal. Now that we’re doneWe know what you’re thinking. Yep, go plan that long-overdue holiday and staycation. Jangan lupa selalu taat prokes ya!

When you need more reasons to support RUU PKS aka Penghapusan Kekerasan Seksual…

Karena ternyata, kekerasan atau pelecehan seksual bisa menyebabkan gangguan otak di masa depan.
 
Iya guys, kamu harus banget nih mendukung Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) supaya buru-buru disahkan sama pemerintah. Karena selain tindakannya merupakan aksi kriminal, hasil riset ilmiah yang dilakukan sama University of Pittsburgh juga menemukan bahwa perempuan yang pernah mengalami pelecehan seksual memiliki risiko penyakit otak yang lebih besar di masa depan, kayak dementia, stroke, maupun berbagai gangguan kognitif. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa sexual assaults memiliki efek jangka panjang terhadap korbannya, karena kan kebanyakan sexual assaults terjadi ketika korban masih kecil atau remaja, namun efek gangguan otak ini baru mulai muncul di usia senja.
 
Hasil penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa trauma seksual bisa menyebabkan tingginya tekanan darah dan tiga kali lipat resiko munculnya karotis arteri, yang merupakan risiko penyakit jantung. Nah, itu untuk efek fisiknya guys, kalo untuk efek trauma ke mental sih gausah ditanya lagi. Hasil penelitian di tahun 2018 menemukan bahwa cewek yang melaporkan bahwa dirinya pernah mengalami sexual assaults di masa muda memiliki kemungkinan tiga kali lebih banyak untuk mengalami depresi, anxiety, dan insomnia dibanding mereka yang enggak pernah mengalami hal itu.
 
🙁

“Hidup tidak selamanya cari uang,”

Gitu guys kira-kira kata Wali Kota Solo yang juga anak sulung dari Presiden Jokowi, Mas Gibran Rakabuming Raka pas menjawab ledekan dari adiknya, Kaesang Pangarep tentang tanggung jawab wali kota yang enggak sepadan sama gaji yang diterima. Gibran bilang bahwa emang pendapatannya sebagai wali kota Solo jauh lebih kecil dibanding saat masih menjadi pengusaha, tapi yhaa kan hidup bukan buat cari uang aja.

Setuju Mas Gibran, karena selain cari uang, kita juga harus cari pacar, cari rumah, cari jodoh, cari approval ortu, cari bola dragonball… 🙁


Announcement


Thanks to Suviantara for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

Habit, habit. Do you know that you can change your bad habits to be better? Yep, you can. These are how.

Angel’s Stories

1. Selama masa2 online ini, kita semua pasti udah familiar sama yang namanya gangguan jaringan pas sekolah/kuliah, entah kita sendiri yang ngerasain atau ngeliat temen kita ngalamin. Nah untuk mengatasi kasus2 kaya gini, temen sekelas punya kesepakatan buat yang gabisa ikutan Gmeet (dan sebagainya) karna internet ga mendukung, bakal ditelpon lewat WA sama salah satu anggota kelas yang bersedia, biar dia tetep bisa dengerin kelas meskipun gabisa masuk Gmeet. Pernah satu hari aku tiba-tiba keluar room padahal wifi rumahku baik2 aja. Pas itu aku udah sedih banget nyoba masuk lagi berkali-kali tetep gabisa. Akhirnya aku beraniin diri buat minta tolong ke grup kelas, nanyain, “Ada yang mau telponan sama aku ga?” Dan Ya Allah ternyata responnya bikin terharu, banyak banget yang nawarin diri, bahkan ada yang langsung nelpon aku saat itu juga 😭. Padahal sebelumnya aku khawatir gaada yang mau, soalnya aku pendiem dan jarang ikutan nimbrung di grup kelas jadi ga begitu deket sama temen-temen. Terharu banget pokoknya makasih semuanyaa yang udah nawarin bantuan muahhh 😘
-Hanaichii-
 
2. Jadi sekarang gue lagi sibuk buat nyari topik dan judul buat skripsi karena semester ini udah harus sidang proposal. Thank you banget untuk teh Thea dan Sachi yang selalu dengerin keluh kesah gue bahkan gue jadi nemu topik setelah ngobrol mereka. Makasih juga untuk Josh dan Reza yang selalu percaya bahwa I’ll be something great.
-Dots-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)