Kilang Minyak Terbesar di Suriah Bocor Sejak 23 Agustus 2021

31

What was spilled and more dangerous than your coworker’s secret?

Oil from Syrian Power Plant.
Yep guys, salah satu kilang minyak terbesar di Suriah dikabarkan bocor sejak tanggal 23 Agustus 2021 lalu. Kilang yang berada di daerah pesisir Suriah di Baniyas ini kebocorannya semakin hari semakin melebar, sampe menyebar di Laut Mediterania, dan bisa nyampe ke Cyprus.
 
Oh no…
Yep. Jadi, kilang minyak yang tujuannya adalah pembangkit listrik termal di Suriah ini awalnya berisi sekitar 15 ribu ton bahan bakar. Tadinya ni, pejabat yang menangani insiden ini bilang kalo they had it under control. Sampe akhirnya setelah ditampilkan gambar tangkepan satelit, ternyata kebocorannya semakin menyebar luas dan berpotensi sampe ke daratan. Bahkan, gambar satelit ini menunjukkan kalo tumpahan minyak ini lebarnya udah sebesar luas Kota New York di Amerika Serikat.
 
Geeez… -___- kok bisa bocor?
Kebocoran ini disebabkan oleh bagian tangki yang pecah. Belum diketahui pasti penyebab dari kepecahan tangki ini gengs, tapiii FYI, selama setahun belakangan ini, emang banyak serangan terhadap kapal tanlerdi wilayah perairan ini. Bulan Mei kemaren juga, Menteri Luar Negeri Suriah nyalahin Israel atas serangan-serangan di laut yang menargetkan tangki minyak Suriah. Masih belom ada keterangan pasti apakah keduanya berhubungan atau nggak.
 
Hmmm. Go on.
Yang paling dikhawatirkan saat ini adalah kalo tumpahan minyaknya nyampe juga ke Siprus, terus Turki, terus ada kemungkinan ke benua Eropa. Selain itu juga, tumpahan minyak ini sempet mengarah ke daerah Siprus Utara yang berada di bawah administrasi Turki. Pemerintah Turki di wilayah ini lagi mempersiapkan cara menanggulangi tumpahan minyak once it gets there, soalnya sayang banget ni karena garis pantainya masih merupakan garis pantai yang alami.
 
OMG… Terus sekarang gimana?
Nah untungnya, angin udah berganti arah ni di Rabu minggu lalu. Jadinya, tumpahan minyak dari tangki Suriah ini gak jadi nyampe di Siprus. Tapiii, pemerintah Siprus tetep minta ke para beachgoers buat tetep hati-hati dan tunggu perkembangan selanjutnya dari insiden ini.
 
Got it. Anything else?
FYI, ini adalah kali kedua terjadi tumpahan minyak dalam jumlah besar di Laut Mediterania sepanjang tahun 2021 ini. Bulan Februari kemaren, wilayah pesisir di Israel juga mengalami kerusakan lingkungan yang parah banget akibat dari tumpahan minyak yang bikin warganya sampe diminta untuk menjauh dulu dari pantai. Gak cuma itu, sisa tar juga bermuara di pesisir Libanon dan merusak lingkungan di sana juga.