Kesenjangan Sosial-Ekonomi Indonesia Masih Tinggi, Peretas China Berhasil Membobol Sistem Jaringan Internal Indonesia, Perempuan di Afghanistan Bisa Bersekolah Lanjutan, Dibayar Untuk Nonton Film Horor

31

Hello

Good morning. So, last night we learned that we now can watch movies at the cinema again. Yep, remember those good ol’ times when you went with your date to the cinema to watch movies while eating popcorn and trying to get closer to them? Neither do us. Never take that for granted.


When the gap is not just between train and platform…

It’s also in Indonesia’s socio-economic situation, and the gap is only getting wider.
Yep, hal ini juga dikonfirmasi oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani di rapat kerja (raker) dengan Komisi III DPR RI hari Senin tanggal 13 September 2021 kemaren guys. Doi bilang kalo beberapa daerah masih banyak banget yang tertinggal karena belom maksimalnya penggunaan anggaran belanja daerah. Hal ini menyebabkan ketimpangan sosial-ekonomi di Indonesia yang masih sangat tinggi.

Contohnya kayak gimana tu?
Bu Ani ngasih contoh ni, kayak 100% masyarakat di beberapa daerah kayak Kota Tegal, Kota Magelang, dan Kabupaten Klaten ni udah punya akses ke air bersih. Meanwhile ketimpangan akses terhadap air bersih ini bisa dilihat bagaimana masyarakat di Kabupaten Lanny Jaya, Papua, cuma 1% doang guys yang punya akses. Padahal, secara nasional rata-rata masyarakat yang punya akses ke air bersih sekitar 89,27%.

I see…
Gak cuma air bersih gengs, kebutuhan esensial lainnya kayak pendidikan dan kesehatan juga timpang nih. Masih di Papua tapi di Kabupaten Intan Jaya, misalnya, Angka Partisipasi Murni (APM) SMP dan SMA cuma 13,34%. Padahal, angka nasionalnya adalah 70,68% guys. Kalo dari sisi kesehatan, bahkan ada daerah yang tingkat imunisasinya cuma 5%, di mana rata-rata nasional mencapai 50,34%.

🙁 Terus terus?
Soal kemiskinan juga ni gengs, Bu Ani bilang kalo di Kota Tangerang Selatan itu tingkat kemiskinannya paling rendah se-Indonesia, yakni cuma 1,68% penduduknya aja gengs. Tapi di Kabupaten Deiyai, Papua, tingkat kemiskinan mencapai 41,76%. Angka nasionalnya aja cuma 10,19%. Jomplang banget kan 🙁

Well, does the govt have any solution?
Nah, masih di kesempatan yang sama, Bu Ani bilang kalo doi minta ke DPR buat ngatur ulang pajak dan retribusi daerah. Hal ini supaya bisa mengatasi ketimpangan nasional itu tadi. Terus, upaya untuk memperkecil ketimpangan juga bisa dilakukan dengan mengesahkan RUU Keuangan antar Pemerintah Pusat dan Daerah (HKPD). Adapun RUU-nya mengatur soal pendapatan daerah dan koordinasinya dengan pusat, dan diharapkan hal ini bisa membangun Indonesia di masing-masing daerah dan mencapai tujuan nasional.

I see, anything else?
Nah ngomong-ngomong ketimpangan, ada yang makin keliatan ni gap-nya selama pandemi ini. Sebanyak 70,3% menteri diketahui harta kekayaannya meningkat selama pandemi berdasarkan laporan KPK. On the other hand, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa ada kenaikan jumlah penduduk miskin di Indonesia sebesar 1,12 juta masyarakat dari Maret 2020 sampe Maret 2021.

What just got hacked?

Jaringan internal 10 Kementerian dan Lembaga Negara Indonesia.

Wait, what???
Yoi gengs, kabarnya ni sekelompok peretas atau hacker dari China berhasil membobol sistem jaringan internal punya 10 kementerian dan lembaga negara di Indonesia, termasuk Badan Intelijen Negara (BIN).
 
I need some background please.
Got it. So, peneliti keamanan internet milik The Record yaitu Insikt Group merilis laporan terbaru soal peretasan jaringan internal 10 kementerian dan lembaga negara Indonesia yang diduga oleh Honeymyte atau Mustang Panda. Honeymyte sendiri merupakan kelompok hacker internasional yang terkenal banget ni udah sering nge-hack berbagai negara di Asia kayak Hongkong, Mongolia, sampe Vietnam.
 
OMG… Go on.
Dari laporan tersebut, katanya Insikt Group pertama kali ngeliat adanya peretasan tersebut sejak April kemaren gengs. Diketahui server yang biasa digunakan oleh Honeymyte melakukan kontak dalam jaringan milik pemerintah Indonesia.
 
Lah terus gak langsung dikasih tau ke Pemerintah Indonesia tu?
Katanya sih Insikt Group udah nyampein langsung ke otoritas terkait di Indonesia sejak bulan Juni dan Juli kemaren guys, tapi gak direspons apa-apa. Terus, dari temuan tersebut juga diketahui kalo Honeymyte menggunakan private ransomware yang bernama Thanos. Iya, kamu gak salah baca gengs, namanya sama ama nama villain di rangkaian film The AvengersRansomeware ini katanya berbahaya banget loh, sampe bisa nge-ride sistem operasi dan ngubah target juga.
 
Emangnya 10 kementerian dan lembaga mana aja yang di-hack?
Nah untuk itu juga belom cukup jelas gengs mana aja yang di-hack. Makanya ni, pakar keamanan siber dari Lembaga Riset Siber CISSReC Pratama Persadha bilang kalo ada banget ni kemungkinan kalo ini cuma klaim sepihak. Karena lembaganya belom nerima bukti apa-apa soal peretasan ini.
 
Motifnya nge-hack kita apa?
Ini juga belum jelas, ya karena buktinya juga belom jelas. Tapi ada beberapa prediksi yang muncul, dan salah satunya bilang bahwa peretasan ini ada hubungannya sama isu Laut China Selatan yang semakin memanas. As a refresher, China emang lagi ngeklaim seluruh wilayah di Laut China Selatan ni, padahal negara-negara lain juga ada Zona Ekonomi Eksklusif di sini, kayak beberapa negara ASEAN yang merupakan tetangga Indonesia.
 
Whoaaa… Anyone got a say about this?
Yep. Ada anggota Komisi I DPR RI Fraksi Golkar Dave Laksono yang bilang kalo kelemahan keamanan siber di Indonesia emang patut disorot nih. Kemaren udah data BPJS dan eHAC yang bocor, eh sekarang gak tanggung-tanggun jaringan 10 kementerian dan lembaga negara diketahui diretas. Doi bilang kalo dugaan ini harus ditanggapi dengan serius oleh pihak berwenang, karena kebocoran data ini bisa berbahaya banget buat pemerintah dan masyarakat Indonesia.
 
Terus dari pihak berwenangnya gimana?
Mabes Polri katanya langsung berkoordinasi sama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) buat menangani kasus ini. Tapi pihak Polri bilang belom bisa memberikan rincian tindakan yang akan mereka lakukan soal kasus peretasan ini ke publik guys. Intinya, they said they’re on it.
 
I see. Anything else I should know?
Nah kasus ini kembali memunculkan urgensi pentingnya RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP). Dave Laksono juga bilang kalo RUU ini bisa meningkatkan kualitas server di Indonesia sehingga lebih susah buat di-hack. Tapi sayangnya, sampe saat ini pembahasan RUU PDP masih alot karena belom ada titik temu antara Kemenkominfo dan Komisi I tentang penempatan kewenangan.

What’s being separated

Me and my crush? Because of Covid?
Nope, we’re talking about women in Afghanistan. So, Taliban baru aja ngumumin nih bahwa perempuan di Afghanistan bisa bersekolah di jenjang pendidikan lanjutan kayak S1 dan S2, tapiii di kelas yang terpisah dari laki-laki. Pengumuman ini disampein kemaren pas Taliban kedatangan Menteri Luar Negeri Qatar di Kabul, yang merupakan kunjungan resmi pertama yang diterima Taliban setelah resmi menjalankan pemerintahan di Afghanistan.
 
Tell me more.
FYI, peraturan ini berbeda ni gengs sama peraturan yang diterapkan Taliban pas dulu berkuasa di akhir tahun 1990-an sebelum digulingkan oleh invasi militer Amerika Serikat di tahun 2001. Kalo dulu, perempuan sama sekali gak boleh menerima pendidikan formal, dan ga boleh kerja, kecuali mereka yang berkarier di sektor kesehatan.
 
What about now?
Meskipun sekarang perempuan udah boleh menempuh jalur pendidikan, tapi yha teteup di kelas terpisah dari laki-laki. Selain itu, perempuan di sana juga wajib mengenakan dress code sesuai dengan syariah Islam, alias pake hijab. Menteri Pendidikan Abdul Baqi Haqqani bilang kalo pemerintahan Taliban gak bakal mengijinkan perempuan dan laki-laki belajar sama-sama dalam satu ruangan. “We will not allow co-education,” gitu ceunah. In addition, perempuan juga cuma boleh diajar sama dosen perempuan aja gengs.
 
Emang pas pre-Taliban sistemnya gak kayak gitu?
Nggak gengs. Sebelumnya, perempuan dan laki-laki di tingkat universitas bebas belajar bareng-bareng di satu ruangan, dan perempuan gak wajib pake hijab. Tapi yha mengingat Afghanistan sendiri dari dulu adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, kebanyakan pelajar perempuan di universitas emang udah pake hijab. Tapi, dari SD sampe SMA, emang perempuan dan laki-laki diajar terpisah gengs, dan pelajar perempuan SMA diwajibkan memakai tunic atau baju jubah panjang.
 
I see. Anyone commenting on it?
Yep, ada UN Human Rights Chief Michelle Bachelet yang bilang kalo peraturan ini gak sesuai sama janji Taliban di awal ke PBB yang bakal menjunjung tinggi hak perempuan di masa pemerintahannya ini. Doi juga bilang kalo selama hampir tiga minggu Taliban’s takeover ini perempuan masih dikucilkan di ruang publik.
 
Got it. Anything else?
Nah, UN Human Rights juga menyoroti gimana Taliban masih menggunakan kekerasan terhadap warga Afghanistan dan hal ini dikecam banget sama PBB. Selama sebulan ini, banyak aksi protes perempuan yang menentang kekuasaan Taliban di Afghanistan karena merasa hak-hak perempuan gak akan dipenuhi lagi kayak dulu. Selama aksi protes tersebut, Taliban diketahui melakukan kekerasan terhadap para pendemo dan jurnalis yang meliput demo tersebut.

When you’ve been looking for a way to earn easy money…

Consider watching 13 horror movies and you’ll get paid.
Beneran ni guys, kamu bisa dapet duit dari nonton film horor. Gak tanggung-tanggung, kamu bakal digaji sebesar 1.300 USD dengan menonton total 13 film. Adalah FinanceBuzz, perusahaan keuangan yang lagi mau bikin studi tentang apakah budget film yang gede berpengaruh sama efektivitas keseraman suatu film horror.
 
FinanceBuzz kemudian ngumumin di media bahwa mereka lagi mau nge-hire satu orang buat nonton 13 film horor pilihan mereka sambil penontonnya dipakein alat pengukur detak jantung, FitBit. Nah pas banget gengs emang momennya sama Halloween yang semakin dekat di Bulan Oktober nanti.
 
Adapun satu orang yang terpilih nanti bakal nonton 13 film horor mulai dari Saw, Amityville Horror, A Quiet Place, Sinister, dan lain-lain mulai pada periode 9 sampai 18 Oktober 2021 mendatang.
 
Penasaran pengen digaji buat nonton film horror? Nih, kamu bisa ngisi formulir di sini ni gengs. Syaratnya, kamu bakal diminta ngejelasin kenapa kamu adalah the best person for the job. Batas akhir pengisian formulir adalah tanggal 26 September 2021 dan pemenangnya bakal dipilih di tanggal 1 Oktober 2021.
 
*brb applying for the scariest job in the world*

“Fenomena ini menandakan perairan subur, bukan Nyi Roro Kidul,”

Gitu guys kata Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro (Undip) Prof Denny Nugroho saat menjelaskan soal fenomena laut Selatan Jawa yang lagi viral gara-gara bercahaya belakangan ini. Kata Prof Denny kemarin, cahaya tersebut dihasilkan dari bakteri bercahaya yang juga menandakan bahwa perairannya subur, karena terjadi berbagai pertemuan unsur hara hingga bikin perairannya bercahaya.
 
When you want to start the morning with Biology 101…

Announcement


No one bought us coffee today 🙁

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

Wedding, wedding, since the restrictions are easing down, maybe you start thinking about tying the knot with your SO. Now, in case you need it: These are the tips, so you can plan your wedding on a budget.

Angel’s Stories

1. Aku ingin berterima kasih ke NCT Dream karena ketika comeback Hello Future waktu itu, aku dalam keadaan yang kurang baik, sering cemas mengenai hari esok serta suka menunda pekerjaan yang harus kulakukan. Salah satu lagu dalam album itu, yang berjudul “life is still going on” menyadarkanku bahwa hidup akan selalu berjalan. Waktu pun begitu. Serta pasti ada saatnya ketika kita sedang lelah dengan keadaan tersebut. Itu normal, dan arti dalam lagu itu juga sangat berarti, tittle track-nya juga memberikan sebuah pesan agar kita dapat menyambut masa depan dengan perasaan senang bukan malah cemas. Intinya dua lagu itu cukup mengubah pandanganku tentang kehidupan ke arah yang lebih baik. Terima kasih, dreamies. Terima kasih juga buat yang bersedia membaca ceritaku ini dan semangat dalam menjalani hari-harinya, serta jangan lupa pula untuk selalu bersyukur ya \^o^/
-yo dream-
 
2. Beberapa minggu yang lalu aku sempat terpapar covid yang mengharuskan aku untuk isoman di rumah sendirian. Biasanya selama ini aku gapernah sendirian waktu sakit, selalu ada orang tua yang nemenin. Aku beneran takut kesepian nanggung sakit sendirian. Tapi ternyata aku ga sendirian, orang-orang terderkat aku selalu menghubungi aku via vidcall buat sekedar nemenin aku makan, ngobrolin hal random, ketawa-tawa.. Terima kasih orang-orang baik yang sampe saat ini masih ada di sekeliling aku. Berkat dukungan dan doa kalian juga sekarang aku sudah sembuh. Jaga kesehatan selalu teman-teman!
-Anonymous-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)