Indonesia Sudah Mencapai 100 Juta Suntikan Vaksin Covid-19, Kilang Minyak Terbesar di Suriah Bocor Sejak 23 Agustus 2021, 70% Orang Dewasa di Uni Eropa Sudah Menerima Vaksin, Perusahaan Nike Berikan Liburan Demi Kesehatan Mental Karyawannya

42

Hello )

It’s Thursday! So cheer up a little bit because the weekend is near. Today we’ll catch you up! with some updates from the vaccine, oil spill, Europe, to Nike. We know, we know. We kinda take you around the the world 😛 Now buckle up and scroll down…


Who just hit 100 million subscribers?

Vaksinasi covid-19 di Indonesia.
 
Update me.
First of all, saat ini jumlah masyarakat Indonesia yang udah menerima vaksin dosis pertama per tanggal 1 September 2021 adalah 63.944.955 jiwa. Meanwhile, untuk dosis kedua jumlahnya udah mencapai 36.343.200. Dengan begitu, jumlah suntikan vaksin covid-19 di Indonesia udah mencapai 100 juta suntikan ni gengs.
 
Cool!
Yep. FYI, minggu lalu Presiden RI Joko Widodo ngasih target ke Pak Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin buat menyalurkan 100 juta dosis vaksin sampe akhir bulan Agustus di minggu lalu. Dengan begini, berarti sekarang target tersebut udah tercapai guys.
 
Gimana tu cara mencapai target yang ini?
Well, tentunya dengan menambah jumlah vaksin di tanah air ya. Jadi pemerintah juga udah menargetkan bahwa kita bakal dapet penambahan dosis vaksin sepanjang Agustus hingga Desember mendatang sebanyak 331,67 juta dosis. Dari angka tersebut, 285,67 dosis udah merupakan pesanan pasti, sedangkan sisanya masih belom pasti. Selain itu juga sebelumnya tanggal 30 Agustus 2021, Pak Jokowi memerintahkan ke Pak Menkes supaya dosis vaksin yang diberikan ke masyarakat bisa mencapai 2,3 juta perhari. Di hari yang sama juga, Indonesia kedatangan 9,2 juta dosis vaksin Sinovac ni gengs. Terus pas kemaren, Indonesia kembali menerima 583.400 dosis vaksin AstraZeneca.
 
Sounds like we’re on the right track?
Yeaaa kalo kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sih, emang Indonesia ada di peringkat keenam dunia untuk jumlah orang yang divaksinasi dosis pertama. Terus untuk yang udah fully vaccinated, kita ada posisi ketujuh, di bawah China, India, Amerika, Brasil, Jepang, dan Jerman. Mudah-mudahan sih kita juga bisa ngejar Jerman. Gitu katanya.
 
OK…
Yha tapi ada yang punya pandangan lain juga ni gengs. Adalah Wakil Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Slamet Budiarto yang bilang kalo sebaiknya capaian vaksinasi covid-19 di Indonesia dinilai berdasarkan jumlah penduduk yang disuntik vaksin lengkap aka dosis kedua. Menurut Slamet, hal ini karena untuk ngeliat herd immunity, ya diitungnya dari jumlah persentase masyarakat yang udah fully vaccinated.
 
Terus-terus…
Furthermore, sekarang pemerintah juga bakal fokus buat memvaksin para pelajar dan santri, karena sekolah tatap muka udah mulai diberlakukan. Kata Pak Jokowi, pokoknya kelompok ini harus buru-buru divaksin, terutama di daerah yang laju persebarannya lumayan tinggi.
 
Well, anyone says anything?
Yep, soal pendistribusian vaksin ke daerah ni gengs. Kalo kata Gubernur Jawa Barat Kang Ridwan Kamil, distribusi vaksin ini masih punya permasalahan, di mana suplai vaksin di beberapa daerah masih kurang proporsional. Misalkan ada daerah yang penduduknya gak terlalu padat, tapi malah dapet jumlah vaksin yang sama dengan daerah berpenduduk lebih padat. Akibatnya, persentase di berbagai daerah ini belom seimbang, dan kalo gitu bakal lebih susah mencapai herd immunity. Selain itu, di Jawa Tengah juga ada tiga kabupaten dan satu kota yang enggak dapet jatah vaksin dari pemerintah pusat. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, dr. Yulianto Prabowo, keempat wilayah itu adalah Cilacap, Wonosobo, Kabupaten Magelang dan Kota Pekalongan.
 
Got it. Anything else I should know?
Jadi gengs, akhirnya di Indonesia bakal ada vaksinasi drive-thru di jalan tol ni. Kalo dulu kamu nge-date dengan drive-thru di fast food, boleh dicoba alternatif lainnya yakni vaksin drive-thru. Adapun lokasi vaksin drive-thru ini ada di KM 14 Tol Jagorawi dan pelaksanaannya berlangsung dari kemaren sampe tanggal 30 September nanti.

What was spilled and more dangerous than your coworker’s secret?

Oil from Syrian Power Plant.
Yep guys, salah satu kilang minyak terbesar di Suriah dikabarkan bocor sejak tanggal 23 Agustus 2021 lalu. Kilang yang berada di daerah pesisir Suriah di Baniyas ini kebocorannya semakin hari semakin melebar, sampe menyebar di Laut Mediterania, dan bisa nyampe ke Cyprus.
 
Oh no…
Yep. Jadi, kilang minyak yang tujuannya adalah pembangkit listrik termal di Suriah ini awalnya berisi sekitar 15 ribu ton bahan bakar. Tadinya ni, pejabat yang menangani insiden ini bilang kalo they had it under control. Sampe akhirnya setelah ditampilkan gambar tangkepan satelit, ternyata kebocorannya semakin menyebar luas dan berpotensi sampe ke daratan. Bahkan, gambar satelit ini menunjukkan kalo tumpahan minyak ini lebarnya udah sebesar luas Kota New York di Amerika Serikat.
 
Geeez… -___- kok bisa bocor?
Kebocoran ini disebabkan oleh bagian tangki yang pecah. Belum diketahui pasti penyebab dari kepecahan tangki ini gengs, tapiii FYI, selama setahun belakangan ini, emang banyak serangan terhadap kapal tanlerdi wilayah perairan ini. Bulan Mei kemaren juga, Menteri Luar Negeri Suriah nyalahin Israel atas serangan-serangan di laut yang menargetkan tangki minyak Suriah. Masih belom ada keterangan pasti apakah keduanya berhubungan atau nggak.
 
Hmmm. Go on.
Yang paling dikhawatirkan saat ini adalah kalo tumpahan minyaknya nyampe juga ke Siprus, terus Turki, terus ada kemungkinan ke benua Eropa. Selain itu juga, tumpahan minyak ini sempet mengarah ke daerah Siprus Utara yang berada di bawah administrasi Turki. Pemerintah Turki di wilayah ini lagi mempersiapkan cara menanggulangi tumpahan minyak once it gets there, soalnya sayang banget ni karena garis pantainya masih merupakan garis pantai yang alami.
 
OMG… Terus sekarang gimana?
Nah untungnya, angin udah berganti arah ni di Rabu minggu lalu. Jadinya, tumpahan minyak dari tangki Suriah ini gak jadi nyampe di Siprus. Tapiii, pemerintah Siprus tetep minta ke para beachgoers buat tetep hati-hati dan tunggu perkembangan selanjutnya dari insiden ini.
 
Got it. Anything else?
FYI, ini adalah kali kedua terjadi tumpahan minyak dalam jumlah besar di Laut Mediterania sepanjang tahun 2021 ini. Bulan Februari kemaren, wilayah pesisir di Israel juga mengalami kerusakan lingkungan yang parah banget akibat dari tumpahan minyak yang bikin warganya sampe diminta untuk menjauh dulu dari pantai. Gak cuma itu, sisa tar juga bermuara di pesisir Libanon dan merusak lingkungan di sana juga.

When it’s finally good news about covid-19…

Yoi gengs, berita baik ini dateng dari Benua Eropa. Jadi, Uni Eropa baru aja ngumumin bahwa 70 persen orang dewasa di wilayahnya udah fully vaccinated, alias udah menerima vaksin dosis pertama dan keduanya against covid-19.
 
Whoaaa. Tell me more about it.
Sure. Jadi, Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen pada tanggal 31 Agustus 2021 lalu baru aja ngumumin nih bahwa 70 persen masyarakat usia dewasa di Eropa udah menerima dosis pertama dan kedua vaksin covid-19. Di official statement-nya di akun Twitter, doi bilang kalo Eropa harus terus melanjutkan tren vaksinasi covid ini, dan doi juga meminta supaya makin banyak orang divaksin lagi, dan gak cuma di Eropa aja.
 
I see.
Lebih jauh, Von der Leyen juga bilang bahwa 70% itu adalah more than 250juta orang warganya. Menurutnya, pencapaian ini keren banget, dan menunjukkan bahwa selama bekerja sama, tentunya tujuan tersebut bisa tercapai. Meski begitu, dia juga bilang bahwa warga teteup perlu hati-hati karena pandeminya belum selesai dan warga harus buru-buru divaksin untuk menghindari resiko penyebaran dan munculnya varian baru *God, no*
 
Nice. Tell me again how did they get there?
Well, jadi emang pada Juli lalu, Von der Leyen udah ngumumin bahwa regionalnya udah melakukan vaksinasi dosis pertama terhadap 70% orang dewasa, dan udah ada 57%-nya udah fully vaccinated. Abis itu, program vaksinasi terus digalakkan dengan target 70% mencapai fully vaccinated ini pada akhir musim panas, which is yaa tercapai targetnya.
 
Whoaaa…
Nah, percepatan vaksinasi ini juga gak lepas dari concern WHO buat Uni Eropa yang menyampaikan bahwa kalo program vaksinasinya lambat, maka kemungkinan bakal ada tambahan korban meninggal akibat covid-19 sebanyak 236 ribu di benua tersebut per awal Desember nanti. Menurut WHO, di Uni Eropa juga ada gap vaksinasi yang lebar ni guys, antar negara, kayak ada negara yang angka vaksinasinya tinggi, tapi ada yang masih rendah.
 
We’re talking about…
Well, negara-negara yang udah mulai signifikan program vaksinasinya di antaranya adalah 72,5% di Prancis, 70,6% di Jerman, 76,6% di Spanyol, dan 85,5% di Irlandia. Meanwhile, negara-negara yang masih rendah adalah Bulgaria (20%), Romania (32,8%), Slovakia (49%) dan Polandia (58,1%).
 
Got it. Anything else?
Yang terbaru, Uni Eropa juga baru aja nge-drop nama Amerika Serikat dari daftar covid-safe travel list, yang artinya bakal ada aturan yang lebih ketat buat para pengunjung ke Uni Eropa dari AS. Adapun aturannya yha mereka jadi wajib tes covid19 dan harus karantina. Gak cuma US yang kena, tapi Israel, Kosovo, Libanon, Montenegro, dan North Macedonia juga mendapatkan kebijakan yang sama. Meanwhile, sejauh ini ada 17 negara yang masuk safe travel list-nya Uni Eropa, beberapa di antaranya adalah Kanada, Jepang, dan Selandia Baru.

When you feel like your office doesn’t care about your mental health…

Apply for a job in Nike.
Yep guys, karena perusahaan apparels Nike baru aja memberikan liburan selama satu minggu buat para karyawannya di kantor pusat Nike yang ada di Oregon, Amerika Serikat. Alasan ngasih liburan ini? Yep, demi kesehatan mental karyawannya. Jadi hal ini baru aja disampaikan sama Nike’s Senior Manager of Global Marketing Matt Marrazzo melalui postingan LinkedIn-nya minggu lalu. Doi bilang kalo kantor pusat Nike akan melakukan power down selama seminggu karena semua karyawannya gak boleh kerja masuk kantor. Mereka semua diminta buat “take the time to unwind, destress, and spend time with loved ones.” Kebijakan ini muncul karena menurut Marrazzo, sepanjang tahun 2020 dan 2021 itu udah bener-bener makan energi dan memberikan dampak buruk buat kesehatan mental kita karena pandemi covid ini *raise your hand if you can relate…*. Jadi, penting banget ni buat perusahaan memberikan kebijakan yang meringankan karyawannya.
 
FYI, Nike bukan perusahaan pertama yang melakukan kebijakan ini gengs. Di bulan Juni kemaren, ada perusahaan dating app Bumble yang juga menerapkan cuti bersama satu minggu buat para karyawannya. Hal ini buat mengurangi burnout yang makin sering terjadi apalagi karena waktu kerja yang gak menentu selama work from home. Terus, ada juga LinkedIn yang ngasih karyawannya satu minggu liburan yang dibayarin sama kantornya. Isu kesehatan mental ini emang jadi salah satu concern selama pandemi, karena ternyata makin banyak yang ngerasain efek pandemi dan karantina buat kesehatan mental mereka.
 
*sending this news to my boss so I can have a week off*

“Sesuai dinamika perubahan yang terjadi, hymen atau selaput dara tidak lagi menjadi tujuan pemeriksaan uji badan personel TNI AD,”
 

Gitu guys kata Kepala Pusat Kesehatan TNI AD (Kapuskes AD), Mayjen TNI dr. Budiman pas ngejelasin soal penghapusan tes keperawanan untuk calon tentara perempuan di TNI AD dalam acara diskusi online yang digelar platform change.id kemarin. Kata Pak Budiman, selain buat calon tentara, aturan ini juga udah enggak berlaku lagi buat calon istri prajurit yang mau nikah sama pasangannya.

*Clap, clap*

Announcement


No one bought us coffee yesterday 🙁

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

If you are trying to lose weight, avoid these eating habits.

Angel’s Stories

1. Aku tipe orang yang kalo habis isya bakal tidur terus bangun di tengah malem. Semalem seperti biasa aku tidur karena ngantuk banget meskipun aku udah nahan diri karena belum ngumpulin tugas yang tenggatnya jam 12 malem. Terus, temenku sadar aku belum ngumpulin tugas padahal udah jam 10 malem dan udah banyak yang ngumpulin. Dia yang tahu kebiasaanku tidur abis isya akhirnya nelpon aku sampai bangun. Aku beneran bersyukur banget punya temen kaya dia. Kalo dia ngga nelpon mungkin aku bakal telat ngumpulinnya.
-Anonymous-
 
2. Hari ini aku bersyukur banget, bersyukur untuk setiap kebaikan yang aku dapatkan. Aku mau cerita soal keberanian untuk mencoba hal baru. Jadi aku seorang mahasiswa semester tiga yang harus berkuliah di luar pulau (merantau). Tapi karena pandemi, aku harus belajar di rumah. Nah, bosen banget rasanya, kayaknya life stuck gituu, jadi aku beraniin diri untuk nyoba magang di sebuah stasiun televisi di daerah aku. Aku ga expect bakal gimana gimana eh tau taunya di sini orang orang nya baik banget, mereka mau ngajarin aku, sabar, dan selalu nyemangatin aku. dan tiga hari setelahnya aku langsung dipercayai untuk membawa berita di televisi ini. Seneng banget dikelilingi orang orang baik dan bisa beraniin diri keluar dari zona nyaman. Terima kasih orang orang baik 🙂
-Kevin, Laguboti,Sumatera Utara, ig: kevinhutahaeannnn-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go)