Indonesia Cetak Rekor Terendah Tingkat Positif Covid-19, Presiden Jokowi Kunjungan Ke UNS Solo, Dana 1 Miliar USD Untuk Afghanistan, BTS Resmi Jadi Utusan Khusus Untuk Diplomasi Publik Korea Selatan

30

Hi there! 

Rise and shine! The weather has been so gloomy here @Catch Me Up! HQ, so we hope that your heart is not as gloomy. Instead, since it’s Wednesday, let’s catch up! with some fun way to enjoy news through our podcast here, or scroll down for some good news. Go on…


When Indonesia broke covid-19 record again…

But this time, it’s a good one.
Beneran gengs. Hari Minggu tanggal 12 September kemarin, akhirnya Indonesia mencetak rekor terendah positivity rate sebesar 3,05%. Sedangkan, angka ideal dari WHO adalah 5%. This means positivity rate kita ada di bawah batas aman dari WHO.

Woohoo!
Yoi guys. FYI, positivity rate adalah tingkatan tinggi atau rendahnya penularan covid-19 di suatu wilayah. Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito bilang ni kalo rata-rata positivity rate Indonesia adalah 11,3% pas Mei 2021 kemaren. Terus, dari data Satgas sendiri menunjukkan kalo positivity rate harian terendah Indonesia sebelum sekarang ini dilaporkan di bulan Maret dengan angka terendah 7,7%.

 
What about the highest?

Nah, adapun peningkatan tajam positivity rate terjadi di Bulan Juli 2021 saat puncak kasus COVID-19 harian mencapai di atas 40 hingga 50 ribu. Artinya, positivity rate waktu itu sekitar 30 sampe 40 persen. Berarti penularan covid-nya tinggi banget tu guys.

I see. How about the vaccination?
Nah vaksinasi di Indonesia udah mulai menunjukkan peningkatan yang signifikan ni gengs. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Johnny G. Plate, per Senin kemaren udah ada 73,8 juta orang Indonesia yang menerima vaksin pertama, dan ada 42,32 juta di antaranya yang fully vaccinated. Dengan angka ini, maka Indonesia udah mencapai 35,45% dari target nasional yakni 208,26 juta suntikan. Artinya, udah lebih dari sepertiga sasaran vaksinasi yang mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19. Gitu kata Pak Plate…

Good to hear…

Yep, dengan begini, Pak Plate juga bilang kalo Indonesia sekarang udah ada di posisi keempat dalam realisasi penyuntikan vaksin Covid-19 terbanyak di Asia, setelah China, India, dan Jepang. Beliau juga bilang bahwa pemerintah berkomitmen penuh untuk terus melanjutkan percepatan vaksinasi hingga tercapai target 208 juta suntikan, dan hal ini gak lepas dari kolaborasi berbagai pihak yang turut menyukseskan program vaksinasi nasional.

Cool!
Dengan perkembangan ini, Pak Plate juga bilang bahwa program vaksinasi ini berperan penting dalam upaya pengendalian pandemi dan proses transmisi menuju endemi di Indonesia. Selain itu, warga lansia tetap jadi prioritas dalam vaksinasi nasional sebagai kelompok yang paling tinggi angka kematiannya. On the other hand, vaksinasi terhadap para pelajar usia 12-17 tahun juga harus makin digalakkan supaya kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bisa berjalan dengan lancar.

Got it. Anything else?
FYI, rendahnya positivity rate Indonesia ini sampe disorot WHO loh gengs di laporan mingguannya di 8 September silam, mengingat tingginya angka tersebut di bulan Juni dan Juli kemaren. As a refresher, sepanjang dua bulan tersebut, Indonesia terus-terusan mencetak rekor kasus positif harian, bahkan sampe jadi yang paling tinggi di dunia pada tanggal 17 Juli 2021 kemaren di angka 54 ribu kasus. Terus, angka positivity rate saat itu bisa mencapai 30%. So, it’s a good milestone for Indonesia sekarang bahkan di bawah angka ideal WHO. Tapiii, bukan berarti kita jadi bisa lengah ya guys, teteup prokes dan vaksin adalah koentji.
 
Just like in relationship, don’t let your guard down too fast  😉

Let’s catch you up on: Mahasiswa UNS ditangkap setelah kritik Jokowi.

Wait, what happened???
It all started when Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ni ke Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pada hari Senin tanggal 13 September 2021 kemarin gengs. Adapun kunjungan ini dilakukan dalam rangka membuka rapat Forum Rektor se-Indonesia, di mana pak pres juga didampingi sama Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Ristekdikti Nadiem Makarim.
 
Terus?
Terus, rombongan presiden tiba di depan kampus UNS di Jl. Ir Sutami pukul 11.15 WIB. Di jalan tersebut sampe di depan kampus, terlihat banyak poster addressed to the president yang berisi kritik dari rekan-rekan mahasiswa. Dari situ, polisi dengan seragam bebas kemudian terlihat menangkap beberapa mahasiswa dan langsung mengamankan poster-poster tersebut.
 
Isi posternya emang apa aja?
Tulisan posternya macem-macem gengs, mulai dari tulisan “Pak tolong benahi KPK”, terus ada “Pak tolong beri ruang aman bagi kami”, “Tuntaskan HAM Masa Lalu,” hingga “Pemulihan Ekonomi dan Kesehatan Bukan Trade Off“. Nah poster-poster ini terbentang di akses masuk utama UNS yang emang dilewati Pak Jokowi.
 
What happened to mahasiswa then?
Saat ini udah dilepaskan sih. Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak bilang bahwa mahasiswa-mahasiswa tersebut enggak ditahan apalagi ditangkap, namun cuma dikasih pemahaman aja soal bagaimana cara menyampaikan pendapat yang baik. Terus juga soal kerumunan di tengah pandemi covid-19 ini gengs katanya.
 
Hmmm. Did anyone say anything?
Yoi, ada Presiden BEM UNS Zakky Musthofa yang bilang kalo teman-temannya udah dipulangkan, meski emang harusnya enggak ada penangkapan. Zakky bilang, temen-temennya cuma mau menyampaikan aspirasi, terus penyampaiannya juga sopan, enggak ada kata-kata sarkas, dan tidak dilakukan secara massal.
 
I see. Anything else?
Terus, ada juga ni pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto yang bilang kalo tindakan kepolisian dalam menyikapi hal ini berlebihan gengs alias lebay. Kritik dalam pemerintahan demokrasi merupakan hal yang wajar dan harusnya polisi malah menjaga keamanan masyarakat, bukannya malah menghalangi kebebasan berpendapat.

Who just received more than 1 billion dollar in aid?

Afghanistan.
Yep, perhatian seluruh dunia masih tertuju ke Afghanistan ni guys. Jadi baru aja, Sekjen PBB António Guterres menyampaikan bahwa saat ini udah terkumpul dana sebesar lebih dari 1 miliar USD untuk disalurkan kepada Afghanistan sebagai bantuan atau aid. Target awal dari aid ini adalah 606 juta USD, namun ternyata per Senin kemarin, jumlahnya udah mencapai USD 1 miliar. Menurut Guterres, ini menunjukkan komitmen dunia internasional dalam membantu warga Afghanistan.
 
What is the aid for?
Untuk para warga gengs. Jadi Guterres sebelumnya menyoroti angka kemiskinan di Afghanistan yang semakin buruk, terlebih dalam sebulan belakangan ini. Hal ini berbarengan dengan serangan Taliban di berbagai daerah untuk mengambil alih kekuasaan which they succeeded.
Dalam keterangan PBB, disebutkan bahwa dana ini bakal digunakan untuk membantu meringankan salah satu “krisis kemanusiaan terburuk di dunia” di mana warga bakal segera kehabisan makanan dan ekonominya sebentar lagi collapsed. Selain itu, diketahui juga bahwa saat ini, satu dari tiga masyarakat Afghanistan bahkan gak tau besok mau makan apa.
 
🙁 Go on.
Terus, keadaan ini juga makin diperparah sama pandemi yang menyebabkan 18 juta penduduk Afghanistan, more than half of all Afghans, jadi bergantung kepada dana bantuan karena terdampak pandemi covid ini. Gak cuma itu, bahkan banyak orang di sana yang kehilangan tempat tinggalnya karena perang yang berkepanjangan.
 
🙁
Ya gitu guys. Masih kata PBB, bahkan sebelum Taliban kembali berkuasa, sebenernya berbagai ketidakstabilan di Afghanistan kayak konflik berkepanjangan, kemiskinan, kekeringan, lesunya ekonomi, hingga pandemi udah bikin hampir setengah dari populasi Afghanistan tadi bergantung pada bantuan sosial. Terus, lebih dari setengah anak-anak di bawah usia lima tahun di sana mengalami malnutrisi akut, dan peperangan juga bikin ratusan ribu warga kehilangan rumahnya 🙁 Nah, secara bentar lagi musim dingin nih, warga juga diprediksi bakal segera kehabisan bakan makanan, at least sampe akhir bulan ini :(.
 
Sad 🙁 Now who are the donors?
Negara-negara anggota PBB guys. Amerika Serikat bilang kalo mereka bakal ngasih 64 juta USD ke aid ini. Norwegia juga bakal memberikan 11,5 juta USD, dan begitu juga dengan negara-negara anggota lainnya. Terus, ada juga China yang bilang bahwa minggu lalu mereka bakal mengirim persediaan makanan dan alat kesehatan ke penduduk Afghanistan senilai 31 juta USD. Iran dan Pakistan juga udah memberikan bantuan dalam bentuk obat-obatan dan alat kebutuhan pokok lainnya melalui pesawat kargo.
 
Got it. Anything else?
Selain itu, Indonesia juga baru aja nih ikut chip in bantuan sebesar 3 juta USD atau sekitar Rp42,7 Miliar untuk Afghanistan. Hal ini disampaikan sama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang juga bilang kalo alokasi dari 3 juta USD tersebut ada yang buat bantuan aksi kemanusiaan darurat dalam bidan kesehatan, pendidikan, pemberdayaan perempuan, pertambangan, serta pembangunan infrastruktur jangka panjang di Afghanistan.

When you’ve been dreaming about going to UN General Assembly…

Be jealous of BTS.
Yoi gengs, boyband Korea Selatan kesayangan kita semua ini udah fix nih bakal punya tugas resmi baru dari negaranya, yakni sebagai special envoy atau utusan khusus untuk diplomasi publik Korea Selatan di UN General Assembly aka Majelis Umum PBB. Yep, jadi emang pertemuan anggota PBB tahunan tersebut lagi digelar di New York sejak kemarin, dan actual meeting-nya bakal berlangsung dari 21 sampe 27 September 2021 mendatang. Meanwhile, BTS dan Presiden jae-In dijadwalkan bakal menghadiri sidang tersebut pada Hari Minggu nanti.
 
Nah, untuk mengemban amanah ini, kemaren banget, BTS dateng ke Blue House aka Istana Kepresidenan Korea Selatan untuk menerima surat penugasan, termasuk juga paspor diplomatnya. Penganugerahan ini juga dilakukan langsung oleh Presiden jae-In yang dalam keterangannya bilang bahwa alasan dipilihnya BTS jadi utusan khusus adalah karena boyband ini udah memberikan harapan kepada banyak penggemarnya di seluruh dunia. Karena itulah, kehadiran BTS di UN GA diharapkan bisa menjadi kesempatan untuk memperluas komunikasi dengan generasi muda dan menarik perhatian mereka atas isu-isu internasional.
 
Low-key wishing to be at the UN GA right now…

“Tunggu ya, sabar,”

Gitu guys kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Pak Riza Patria kemarin, pas ditanya wartawan soal bioskop yang belum buka. Kata Pak Riza, pembukaan bioskop di Ibu Kota masih tahap pembahasan, dan untuk sementara sih, DKI baru menguji coba untuk buka tempat wisata. Karena itulah, Pak Riza minta kita sabar untuk menunggu keputusan yang disepakati sama pemerintah.
 
You to yourself when waiting for the weekend…

Announcement

Thanks to Pinkpolkies, Seseorang, and Dewa Made Cakrabuana Aristokra, for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

If you’re a frequent runner, this is how to increase your running speed. 

Angel’s Stories

1. (Not sure if this one can be considered as an angel story, but please just let me share this to you min 😁)  Jadi min, a friend of mine, yang sedang merantau far far away from home, minta tolong ke aku dan teman2 untuk anterin surprise birthday cake untuk mama nya yang sudah berumur lanjut. Thinking of how lonely her Mother would be on her birthday without her daughter, aku langsung menyanggupi min. Daann itu jadi salah satu hal terbaik yang pernah aku lakukan min :’). Ngeliat beliau kaget dan terharu, tertawa bahagia, dan dengan mata bersinar bercerita tentang banyak hal, termasuk rasa rindu dan bangganya terhadap putri nya yang jauh disana.  Sesederhana sebuah birthday cake yang digerakkan oleh rasa cinta seorang putri terhadap mamanya. Ada begitu banyak momen penuh cinta dan kehangatan tercipta. Mereka yang bahagia tapi hatiku ikutan sembuh min :’)
-Seseorang-
 
2. Hari ini hari pertama magang. Karena hari pertama, ya gitu deh, kerjaannya masih gajelas dan belum ada task. Akhirnya sok sibuk buka laptop tapi yang dibuka newsletters dari CMU yang belum sempet kebaca 😀 Thank u banyak-banyak buat admin2 di CMU. You guys are my lifesaverrrrrrr.
-Anonymous-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)