India Matikan Akses Internet Ketika Ujian Guru Berlangsung

24

Who’s going the extra mile?

India.
Karena mereka bela-belain matiin internet guys, demiiii bikin para guru yang lagi menghadapi ujian nggak nyontek. Jadi, inget gak sih bahwa dulu. kalo kita ujian di kelas, selalu hape kita disita guru supaya kita gak bisa nyontek dari hape dengan chat sama temen atau meng-google jawaban? Nah kalo di India, ga tanggung-tanggung guys. Pada Hari Minggu kemarin, 10 distrik di Rajasthan, India full mati dalam rangka ujian tulis Rajasthan Eligibility Exam for Teachers (REET). Iya, jadi ada sepuluh wilayah yang dimatiin internetnya, demi menghindari para guru yang merupakan peserta tes gak bisa nyontek pake internet. Dampaknya yha hari itu sekitar 25 juta penduduk di Rajasthan enggak bisa mengakses internet selama REET berlangsung.
 
Jadi, REET ini emang merupakan jalur ujian supaya calon guru bisa diangkat jadi pegawai tetap di sekolah negeri level primary or secondary di India. Posisi guru ini ok banget karena banyak benefitnya, dan tesnya juga terakhir diadain pada tahun 2018. Makanya, banyak banget peserta tes tahun ini yang dateng berbondong-bondong dari berbagai wilayah di India. Selain dengan matiin internet, otoritas di Rajasthan juga melakukan berbagai upaya pencegahan nyontek lainnya, termasuk meminta para peserta ujian nggak pake maskernya sendiri pas masuk ruangan. Jadi pas nyampe, mereka bakal dikasih masker baru. Terus of course, CCTV dan pengawasan ketat juga dilakukan para petugas.
 
FYI, walaupun terkesan ekstrim, namun hal ini emang belajar dari pengalaman masa lalu di mana banyak yang ketauan nyontek ketika ujian di India. Salah satu contoh yang mendapat perhatian publik adalah di tahun 2015, ketika ada anggota keluarga yang sampe manjat tembok untuk ngasihin lembar contekan buat anaknya yang lagi ujian di sekolah.