Fumio Kishida Calon Perdana Menteri Jepang

21

Selain musim nikah, sekarang juga lagi musim…

Pemimpin baru.
Yoi, setelah Trudeau yang reelected di Kanada dan Merkel yang bakal mundur dari jabatannya sebagai Kanselir Jerman, sekarang ada Fumio Kishida yang merupakan calon Perdana Menteri Jepang baru setelah menang dalam pemilihan partainya yang merupakan partai berkuasa, Liberal Democratic Party (LDP). Adapun pemilihannya digelar kemaren tanggal 29 September 2021 gengs.
 
Doi ngegantiin siapa emangnya?
Yha Perdana Menteri Jepang yang sekarang, Yoshihide Suga. Jadi emang dari awal, Suga udah bilang doi bakal mundur dari kepemimpinannya setelah setahun menjabat. Suga sendiri ngegantiin Shinzo Abe yang udah menjabat selama delapan tahun sebagai Perdana Menteri Jepang sebelumnya dan mundur pada tahun 2020 karena sakit. Suga sendiri menyatakan mundur di awal September kemaren karena low approval rating, karena banyak warga Jepang yang menilai penanganan covid yang ia lakukan kurang optimal.
 
Kayak gimana tu contohnya?
Contohnya ni, Suga memutuskan untuk tetap menggelar Olimipiade Tokyo tahun ini despite banyak masyarakat yang gak setuju acara olahraga gede-gedean ini diadain di tengah situasi pandemi yang belom membaik. Dan masih banyak kebijakan lainnya yang dianggap gak tepat selama pandemi kemaren gengs. Makanya, doi mundur dan akhirnya karena LDP masih megang mayoritas kursi di parlemen, mereka berhak nentuin sendiri siapa yang bakal gantiin Suga dari partainya, dan terpilihlah Kishida.
 
I see, now tell me more about Kishida.
Kishida sebelumnya adalah diplomat yang menjadi Menteri Luar Negeri Jepang. Meskipun doi gak terlalu populer di kalangan masyarakat, tapi Kishida terkenal powerful di LDP. Makanya, gak heran kalo banyak petinggi partai tersebut ngasih vote-nya ke Kishida, instead of ke saingan terkuatnya yaitu Menteri urusan Vaksinasi Taro Kono. FYI, Taro ini juga populer di kalangan masyarakat karena terkenal sering minta masukan dari followers-nya terkait program vaksinasi nasional di Jepang via Twitter. Doi sampe punya followers 2jutaan gitu deh gengs.
 
Terus?
Terus, keduanya memiliki pandangan yang lumayan berbeda dalam beberapa isu. Contohnya soal nuklir, Kono menentang banget penggunaan tenaga nuklir dalam bentuk apa pun, sedangkan Kishida bilang nuklir harus dipertimbangkan sebagai salah satu sumber tenaga bersih. Adapun dalam jalannya pemilihan, di putaran pertama, Kishida menang satu suara doang dari Kono, di mana Kishida menerima 256 suara dan Kono 255. Selanjutnya di putaran kedua, Kishida menang 257 dan Kono berkurang jadi 170 gengs.
 
Terus kapan Kishida bakal mulai memimpin?
Kishida bakal dilantik pada tanggal 4 Oktober 2021 mendatang. Selanjutnya, pemilihan umum bakal digelar satu bulan kemudian, yakni pada November. Jadi, jabatan yang bakal diisi oleh Kishida ini bakal cuma sampe beberapa minggu aja. However, posisinya sekarang tetap dinilai menguntungkan karena Kishida bisa “curi start” duluan dibanding kandidat lain. Hal ini karena kemungkinan, doi yang bakal dicalonin lagi sama partainya untuk maju jadi calon perdana menteri.
 
Got it, anything else?
Adapun salah satu isu utama yang kerap diangkat oleh Kishida adalah kritik terhadap Abenomics, sistem perekonomian Jepang selama masa kepemimpinan Shinzo Abe yang dianggap gagal dalam menjembatani income gap di negaranya. Jadi, ini bakal jadi salah satu concern utama Kishida nanti dalam menerapkan kebijakan ekonomi, terutama pas lagi pandemi gini.