Friday Pause: Love again ❤️

45


Hello! :))

Welcome back to your favourite newsletter aka Friday Pause! Yep, it’s the day where we give you no news; only memes, recs, and tons of fun stuff. Oh, and don’t forget our podcast here. Enjoy…


For the love of Meme: Every single time….


When you’ve been dreaming about owning a house…

Here’s how to save the money.
 
Pernah gak sih gengs mikir “pengen deh punya rumah, tapi dengan gaji segini gimana caranya ya…”? Atau malah kepikiran bakal ngekos selamanya aja karena ngerasa gak mungkin punya rumah? 🙁 Terus jadi kepikiran deh kok orang tua kita bisa punya rumah ya pas di usia kita sekarang ini…
 
Nah, menurut CEO and Founder of My Home Pathaway Castleigh Johnson, kesabaran dan kegigihan kamu dalam mengatur keuanganmu bisa jadi dua faktor yang bakal memungkinkan kamu buat punya rumah suatu hari nanti, no matter how small your salary is. Mau tau gimana caranya? Simak beberapa cara di bawah ini gengs.
  • Improve your credit score to potentially pay less. Yoi gengs, kamu pasti udah pernah denger kan soal credit score? Itu loh, yang menggambarkan gimana kondisi perkreditan kamu mulai dari ketepatan waktu pembayaran, jumlah kredit, dan lain-lain. Nah kalo credit score kamu dianggap bagus, kemungkinan kamu buat bayar suku bunga bisa lebih sedikit loh ketimbang orang yang punya bad credit score. Gak cuma itu, kamu juga bisa dapetin mortgage yang lebih rendah.
  • Beli sesuai kebutuhan. Yep, pastikan rumah yang kamu beli emang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya, kamu adalah keluarga dengan dua anak, maka yaudah rumahmu nggak usah gede-gede juga. Terus jangan lupa perhitungkan soal lokasi, di mana makin strategis lokasinya, maka bakal lebih mahal juga rumahnya. Nah kalo udah tahu kebutuhanmu kayak apa, mulai deh cek-cek rumah yang kamu mau, sambil itung-itung berapa jumlah uang yang harus kamu tabung.
  • Check out special assistance program. Kayak KPR bersubsidi gitu contohnya, di mana bantuan ini difasilitasi pemerintah atau kementerian terkait. Contohnya program KPR subsidi rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang dilaksanakan sama Bank BTN. Nah, tapi emang untuk bisa dapetin rumah ini, bakal ada batasan gaji yang harus kamu miliki guys, misalnya untuk KPR bersubsidi, gaji kamu perlu berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 8,5 juta. Intinya, sering-sering cari info soal program bantuan terkait perumahan di Indonesia, Karena bakal ngebantu banget loh, kalo kamu ulet nyarinya!
  • Know how much you can afford. Nah kalo ini bukan soal berapa besar pinjaman bank yang bisa kamu dapetin, tapi seberapa kuat kamu bayar tagihan bulanannya. Meskipun banyak bank yang menggunakan perhitungan 43%, meaning tagihan bulanan harus kurang dari 43% total pendapatan bulanan kamu, tapi tetep kamu yang harus ngitung sendiri, berapa biaya yang kamu keluarkan selama sebulan untuk hidup sehari-hari sama buat nabung. Karena bisa jadi yang kamu butuhin lebih dari sisa 43% tadi.
  • Focus on your goal and start saving more. Nah udah ngelakuin itung-itungan tadi gengs? Stick to it dan jadikan itu gol kamu. Terus, we know it is easier to be said than done, tapi kamu harus punya motivasi kuat untuk bisa nabung lebih. Hal ini karena kalo kamu punya tabungan yang bagus, maka para bank peminjam bakal lebih dengan senang hati ni minjemin kamu untuk pembayaran DP.


Finally, here’s your weekly quarantips!

While you’re being a raccoon this weekend, here are some cool stuff recommended for you to enjoy!
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini)Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Our podcast! Today we’re talking about huru hara gugatan pencemaran udara, Laut China Selatan, dan ada yang mau diundur, tapi bukan jadwal sidang skripsimu. Hmmm terus apa?
  • Engga cuma buat didengerin di hari rehat, tapi bisa didengerin sambil jalan kaki pagi (or malem, sesuka kamu). Podcast menarik yang cerita tentang peristiwa dunia, ada dialognya, dan salah satu pengisi suaranya Helena Bonham Carter (Bellatrix, anyone?) My favorite: how Nightingale saved soldiers’ health with dataviz. Cek Cautionary Tales, gengs! (Louboutin’s shank)
  • Buat yang kangen suasana alam tapi ga bisa ke mana-mana. Aku nyaranin nonton channel YouTube-nya Jonna Jinton. Kontennya ini mirip Liziqi, tapi lebih ke suasana alam karena dia ceritanya memilih ninggalin kehidupan kota dan fokus buat menikmati alam di tempatnya jauh di Utara Sweden. Calming deh (シガワリ)
  • Mau rekomen 2 series yang baru aja jadi favoritku di masa PPKM ini. Series pertama Schitt’s CreekO-M-G love love this comedy show from the get-goHilarious and comfortingSeries kedua Killing EveThis one is very engaging, intense and nerve-wrecking. Jodie Comer and Sandra Oh = a combo I never knew I neededBoth series bisa kalian tonton di Mola ya gengs (@rizkafakhirah)
  • Yang suka nonton vlog boleh nih YouTube-nya Michelle Choi, isinya cuma di rumah padahal tapi ga bosen nontonnya. (Anonymous)
  • I want to recommend 92914 as your morning playlist. Mereka grup musik indie dari Korea dengan genre R&B-steeped acoustic music, yang lagu-lagunya punya vibe smooth and calm. Menurutku cocok jadi musik pengantar pembuka hari, sambil baca update dari Catch Me Up! atau jadi pengantar tidur juga bisa. One more fun fact about them, they are often inspired by nature. Try to listen to Koh & Okinawa if you are a first timer. (@lanastiti)
  • Halo teman-teman semua. Saat ini aku lagi baca buku dengan judul Mindset karya Dr. Carol Dweck. Dan aku merasa banyak banget hal yang bisa dipelajari dari buku ini. Bener-bener ngebuka pikiran dan bisa ngubah mindset-ku. Buat yang suka baca atau mungkin siapa pun yang tertarik dengan pengembangan diri. Bisa banget baca buku inii. Semoga sukaa. (Anonymous)
  • Been into Sunny Funny Fitness YT channel! Kalo suka k-pop dan pingin nyobain workout 15-30 menit pake lagu k-pop yang gerakannya mirip sama choreo aslinya namun versi yang lebih mudah diikuti. Kudu banget cek YouTube channel satu ini! (Anonymous)

Quote of the day

“Failure at some point in your life is inevitable, but giving up is unforgivable.” 
 
-Joe Biden-

Thank you note

Thank you Eka for buying us coffee yesterday!

 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here.  Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!

Angel’s Stories

1. Aku kaya pernah galau akan skripsiku yang belum terselesaikan. Lalu aku denger dosenku ngobrol sama yang lain dan mention namaku kalau aku sebentar lagi sidang akhir. Ga nyangka euy, terharu. Dosenku kaya doain aku supaya cepat selesain skripsi. :’) Lalu aku baca ayat Al-Qur’an bahwa di balik kesulitan ada kemudahan. Soo, aku dapat pelajaran bahwa aku tidak boleh menilai sesuatu dari pandangan diri sendiri aja. Ada Tuhan melalui orang-orang yang ngasih kebaikan kepada kita.  Jadi yaaaa, semoga kita selalu diiringi good vibes!
-🙌-

 
2. Sore ini, listrik di kamar kost saya dan dua orang teman mengalami korsleting, sehingga listrik kami padam. Sementara teman-teman kost lainnya listriknya baik-baik saja. Mengetahui hal tersebut, banyak teman-teman kost menawarkan bantuannya. Mulai dari diperbolehkan ke kamarnya jika memerlukan charger, membolehkan beraktivitas di kamarnya jika takut gelap, menawarkan lampu emergency, dan mengizinkan mengambil sumber listrik dari kamar mereka jika kami memiliki kabel yang panjang. Sebelum listrik bermasalah, syukurnya saya telah mengecas full laptop, jadinya saya memilih opsi untuk dipinjamkan lampu emergency saja agar tetap dapat beraktivitas di kamar.  Saya sangat bersyukur kepada Allah karena masih dikelilingi dengan orang-orang baik.
-Put, Jogja-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Go go go!)