Friday Pause: Do you mind if I steal a kiss? 💏

439

Good morning 

We’re soooo glad that it’s finally Friday! So, if you have a little time this morning, go get your running shoes and let’s run around the neighborhood. And if you’re looking for something to listen to, look no further. Enjoy and happy weekend!


For the love of Meme: Me, weekend, and akhir bulan…


When you really wanna stay forever young…

Here’s how.
 
Yoi guys, seneng enggak sih, kalo kamu lagi ketemu sama temen yang udah lama ga ketemu, terus instead of nawarin kamu MLM, mereka bilang kamu masih keliatan kayak dulu aka awet muda? Seneng ga? Nah, kadang emang menghindari penuaan dini adalah keinginan banyak orang, tapi sayangnya, ada aja aktivitas yang kita lakuin sehari-hari yang justru bikin kita (atau kondisi fisik kita) lebih tua dari seharusnya.
 
Nah, kalo udah kayak gini, sebenernya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan buat mencegah penuaan dini secara alami. Iyaa, bukan dengan botoks atau suntik-suntikan kok. Yuk, cek!
  • Stay active. Menurut dokter spesialis ortopedi Joe Allen, olahraga ini penting banget untuk mencegah penuaan dini. Terus disebutkan juga bahwa kalo kamu terus-terusan inactive selama dua minggu berturut-turut, efek penuaannya bisa langsung dimulai. Kata Allen, deconditioning ini sering banget terjadi di anak muda karena pada keseringan cuma main hape aja, leyeh-leyeh di sofa, dan lain-lain. Efeknya bisa menyebabkan penuaan hingga 10 tahunJadi, yang bisa kamu lakukan adalah stay active frequently, dan enggak harus yang ribet kok, cukup simpel aja, kayak bebenah rumah, yoga, dan lain-lain.
  • Get enough sleepGuys, we cannot stress you enough about the importance of this. Menurut para ilmuwan dari UCLA, cuma satu malam aja kamu gak dapet tidur yang cukup udah bisa berefek ke percepatan penuaan sel-sel dalam tubuh kamu. Udah gitu, banyak studi juga yang menyebutkan bahwa selama tidur, organ-organ tubuh kita lagi refresh and repair themselves. Artinya, pembaruan sel juga berarti regenerasi di sel-sel tubuh kamu, dan hal ini penting banget untuk memastikan kondisi fisikmu selalu prima. Inget ya guys, idealnya durasi tidurmu adalah 7-9 jam sehari.
  • Use sunscreen. Ini juga ternyata sama pentingnya kayak tidur guys. Kata nutrisionis Abby Vichill, meskipun cuacanya lagi mendung sekalipun kamu tetep harus kudu wajib banget ni buat pake sunscreen di muka kamu. Sinar UV berbahaya banget soalnya buat kolagen dan elastin di muka. Inget ya, yang SPF-nya minimal 30. Jadiin sunscreen sebagai holy grail kamu.
  • Stay away from chronic stress. Yep, mungkin ini udah jadi rahasia umum, but still remains important. Menurut nutrisionis Jeanette Kimszal, stres berlebihan bisa menyerap multivitamin di badan kamu. Jadi instead of bermanfaat buat badan kamu, multivitamin yang kamu konsumsi malah abis gitu aja diserap sama stres. Belum lagi efeknya ke kerutan di wajahmu kalo kamu sering frowning atau tegang. Nah untuk menghindari stres berkepanjangan, kamu bisa latihan stress management kayak meditasi, latihan pernapasan, practice mindfulness, dan lain-lain. Terus, pastikan untuk tahu root causes-nya apa, dan kalo memungkinkan, kamu juga bisa mengeleminasi root cause tersebut. And remember, you can always talk to the professionals, too.
     
  • Consume less processed food. Makanan-makanan beku berpengawet siap masak itu biasanya lebih banyak kandungan sodiumnya gengs. Kalo kata nutrisionis Courtney D’Angelo, sodium berlebihan di badan kita bakal nyerap air, the way stress absorbs multivitamin. Nah, hal ini bisa berujung ke tampilan luar kita yang bakal terlihat soggy dan enggak seger gitu. Jadi, kalo bisa sih, kurangin makan makanan high processed food dan perbanyak makanan sehat kayak buah dan sayur.
  • Don’t eat too much sugar. Ini juga penting ni guys. Kebanyakan makan simple carbs dan gula tambahan bisa bikin kamu makin tua, lahir batin. Iya beneran, karena efek dari kebanyakan mam gula ini bisa meningkatkan penuaan di otak sampe kulit. Menurut para ahli, penyakit dementia bisa dibilang juga sebagai type 3 diabetes karena punya hubungan yang kuat banget sama kondisi gula darah di tubuh kamu yang nggak seimbang.
  • Pake kacamata item. Nah kamu perlu tahu juga bahwa biasanya, tanda-tanda penuaan paling awal muncul di sekitar mata. Hal ini karena jaringan kulit di area tersebut lebih tipis 40% dibanding area lainnya di wajah kamu, jadi areanya juga lebih sensitif terhadap perubahan. Nah, selain rajin pakai eye cream dan cukup bobo, kamu juga wajib guys pake kacamata item pas keluar rumah, apalagi kalo cahaya matahari lagi terik. Menurut dokter mata dari California Jennifer Wademan, OD, kerusakan kulit akibat cahaya matahari di sekitar mata bisa terjadi selama 15 menit aja kamu terpapar langsung. Karenanya, beliau menyarankan biar kalo pas keluar rumah, kita pake kacamata item yang memiliki perlindungan 100% terhadap cahaya UVA dan UVB.


Here we go, the weekly quarantips!

We know this is how you look during the weekend for looking at some cool stuffs to enjoy, so here are some recommendations for you!
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini)Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Our podcast! Today we’re talking about Luhut Vs. Haris Azhar dan Fatia, Donald Trump nge-sue
    Advertisement
     jurnalis yang bongkar pajaknya, dan Wakil DPR RI yang jadi tersangka KPK. Hmmm seru ni, langsung klik deh!
  • Yuk yang mau Workout From Home (WFH) pantengin channel Youtube Allblanc TVWorkout-nya easy but sweaty. Sambil liatin oppa-oppa ketje 😀 (@bucil_uhuy)
  • Rekomendasi banget untuk nonton documentary-nya David Attenborough: A Life on Our Planet di Netflix! Salah satu film dokumenter (khususnya ini tentang climate change) yang sukses bikin terhanyut dan gak bikin bosen karena pembawaan narasinya itu kayak storytelling dan soothing banget, ditambah sinematografi dan backsound-nya menyentuh emosi banget. I learned a lot from it. Gimana nggak, sekiranya 3/4 hidup David Attenborough didekasiin untuk eksplor di alam :”). Huge respect for him & the team who made this breathtaking documentary! (Anonymous)
  • Buat yang lagi bingung mau baca buku apa, you can take a look to “The Midnight Library by Matt Haig”. bukunya meaningful dan seruuu banget. Udah dapet awards New York Times Bestseller jugaa!! Biasanya buku ini sering banget ada di jajaran pertama di Goodreads. Selamat membacaaaa!😊
    (Anonymous)
  • The Last Five Years! Film ini gabungan dari kisah realita cinta dan musikal yang dibalut timeline cerita yang beda dari biasanya. Suuuper interesting dan soundtrack-nya soooo fun juga! (Anonymous)
  • Always start a day with Don’t Stop Me Now by Queen. Secara ilmiah, lagu ini memang bisa mempengaruhi otak kita untuk happy(Anonymous)

Quote of the day
 
“You yourself, as much as anybody in the entire universe, deserve your love and affection.”
 
Buddha

Thank you note

Thank you X for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here.  Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!

Angel’s Stories

1. Untuk Alena yang bikin Angel’s Story Catch Me Up edisi Senin 20 September, terima kasih ya buat kata – katanya karena kata kata kamu benar adanya dan bikin aku lebih semangat lagi menjalani hidup. Terima kasih banget, akhirnya ada kata-kata yang menggambarkan kenapa aku memilih untuk tidak pulang.
-Anindita-

2. Untuk merayakan ulang tahunku minggu lalu, aku bilang sama temanku bahwa aku pengen bagi-bagi makanan aja ke panti asuhan, karena aku merasa udah bukan waktunya lagi aku buang-buang uang untuk perayaan ultah yang pointless. Lagi covid juga kan. Terus tanpa aku sangka-sangka, temanku ini bantuin banget semuanya dari mulai nyariin panti, bantu cari katering yang cocok, sampe bantu aku bawain makanannya ke lokasi panti tersebut. Aku sampe terharu karena tentunya aku nggak akan bisa ngerjain ini sendirian. Sempet bingung juga karena aku takut awkward, tapi ternyata dia yang supel bikin acara pemberian makanan di pantinya jadi seru dan tetep prokes. Makasih ya, Zi!
-Seseorang-

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Go go go!)

Advertisement