Friday Pause: Bubble pop! 🍭🍭

535


Good morning! :))

Thank God it’s Friday! Yep, let’s give yourself a round of applause to make it through (almost) the week. So today, let’s be kind to yourself. Take a deep breath, have a good breakfast, listen to our podcast, and enjoy some meme, tips, and recs. Have a great day!


For the love of Meme: When I said last year, I was talking about 2019.


When you need a week off just like Nike’s employees…

You can still destress and unwind on the weekend.
 
Kemarin, kita nulis soal perusahaan apparel Nike yang baru aja ngasih libur seminggu penuh ke karyawannya, supaya mereka bisa “destress, unwind, and spend time with loved ones”. Coba, coba. Raise your hand kalo kamu sirik sama para karyawan Nike? Now hands down. Pengen libur juga? Same. Merasa burnout dengan kerjaan? Uhmmm probably the same. Cuma yhaaa gak mungkin kan gengs kalo tiba-tiba kamu minta a week off sama bos kamu, atau kalo pun iya ya kemungkinan di-approve-nya kecil. Terus, mungkin kamu sayang juga kalo jatah cuti kamu langsung dipake seminggu. Padahal, kamu lagi mumet banget di kerjaan, sampe-sampe ngerjain hal kecil aja rasanya beraaat banget. Normal kok, dan kamu gak perlu berkecil hati gengs.
 
Ini dia beberapa hal simpel yang bisa coba kamu lakukan untuk destress and unwind on the weekend, so you don’t need a week off. Let’s check them out!
  • Focus on your breath for five minutes. Iya gengs, even just five minutes can help a lot. Apalagi setelah menjalani weekdays yang penuh sama kerjaan. Caranya, kamu duduk di tempat yang tenang, tutup mata, dan tarik napas dalam-dalam dan tahan selama empat detik. Terus hembuskan selama empat detik juga. Lakukan itu berkali-kali sampai pikiranmu terasa lebih tenang dan perasaanmu nyaman. Kalo mau pake app, mimin sih suka banget pake aplikasi headspace, yang punya banyak guide untuk meditasi lainnya. Yuk, coba!
  • Call a friend. Kalo lagi mumet, kadang all you need adalah ngobrol sama orang-orang terdekat, termasuk juga temanmu. Nah ternyata, emang ngobrol sama orang ini terbukti secara ilmiah bisa bikin kamu lebih rileks. Hal ini karena ngobrol sama orang yang deket sama kita tuh menstimulus limbic system kamu, alias sistem di otak yang berurusan sama emosi kita. Jadi, kamu mengalihkan otak kamu yang tadinya fokus stres jadi fokus bersosialisasi. Karena itulah, biasanya pas kamu nutup telepon, perasaan kamu jadi lebih tenang.
  • Switch up your routine. Dengan mengganti rutinitas, kamu memicu otak buat lebih mudah berubah mode dari yang tadinya kerja kerja kerja jadi relaksasi gengs. Simpel-simpel aja, kamu bisa bikin piknik di halaman rumah kamu, atau rooftop kostan kamu instead of makan di meja makan biasa. Inget ya, gausah bawa laptop atau tumpukan kerjaan. Pokoknya bener-bener disconnecting dari kerjaan dan nikmati waktu rileks kamu. You deserve that.
  • Give yourself a good night rest. Is it only us yang kalo lagi capek malah makin susah tidur? No? Kamu juga? Tooosss. Tenang, ada solusinya ni gengs. Ternyata kalo pengen bisa tidur lebih nyenyak, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum tidur. Misalnya, mandi air anget dulu dan abis itu tidur di ruangan ber-AC. Nah kenapa cara ini dinilai efektif? Karena abis badan kamu kena air anget dan kemudian langsung terpapar suhu yang berbeda banget, badan kamu langsung memasuki fase “rest and digest” sehingga istirahat kamu bisa lebih nyenyak.
  • Exercise. Mungkin kamu bingung kok mau relaksasi malah disuruh olahraga? Nah ternyata gengs, endorphin rush yang dihasilkan dari olahraga ini bisa bikin otak kita switch mode dari kerja jadi relaksasi, sama kayak mandi air anget sebelum tidur di kamar ber-AC. Gak cuma itu, ternyata dengan rutin berolahraga, kamu ngasih kesempatan ke badan kamu buat latihan terpapar stres. So, the next time you’re stressed, gak bakal seberat sebelumnya karena yha udah latihan. Cie gitu~
  • Write a to-do-list. Lah ini lagi makin bingung, malah disuruh breakdown kerjaan? Beneran kok. Jadi kalo kamu lagi anxious sama kerjaan yang harus kamu lakuin, mending kamu keluarin dari kepala kamu dan tuangin di kertas, atau word file. Hal ini bisa ngasih kamu mental clarity sehingga kamu bisa menghadapi minggu berikutnya dengan lebih tenang.
Have a restful weekend!


Finally, it’s your weekly quarantips!

While trying out the simple ways to destress and unwind, here are some cool stuff recommended by catchers to help you have a good time during the weekend!
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini)Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Our podcast! Today we’re talking about perundungan dan pelecehan seksual di KPI Pusat, vaksinasi Indonesia udah 100 juta dosis, dan AS diterjang Badai Ida. Easy to digest so it won’t stress you out even more!
  • Aku mau rekomendasiin kalian lagu Coloratura by Coldplay! Satu-satunya lagu berdurasi 10 menit dari Coldplay. Anehnya, aku nggak berasa bosen dengerinnya karena setiap melodi lagunya dari menit ke menit itu ada ‘surprise‘ yang bikin kalian betah dengerin. Sangat recommended👍 (Anonymous)
  • Pernah ngga sih merasa sering bergulat dengan your innerself yang suka mengkritik diri sendiri karena ekspektasi untuk menjadi “sempurna” dan jadinya berujung merasa kesulitan untuk menerima diri sendiri? Well, aku ada rekomendasi buku yang berjudul “The Gifts of Imperfection
    Advertisement
    ” karya Brené Brown yang menceritakan mengenai pengalaman penelitiannya seputar rasa malu dan belas kasih diri dengan bahasa yang mudah dipahami. Untuk kamu yang sedang berjuang untuk mengubah “perfeksionisme” ini menjadi lebih adaptif, mungkin buku ini bisa membantu, because I love this book very much 🌻(Psst, buku ini juga sudah ada versi terjemahannya lho! Tinggal pilih aja lebih nyaman membaca yang mana hehe) (@anggitad.s)
  • Aku mau rekomendasiin channel YouTube namanya “TheCottageFairy“. Video-videonya tentang kehidupan dia yang tinggal di desa kecil gitu. Kalo kalian suka cottage core/Studio Ghibli Aesthetic pasti bakalan seneng banget nonton videonya dia. (Anonymous)
  • Mau rekomendasiin Thai series yang bisa ditonton di Youtube channel-nya GGMTV judulnya 46days! Ceritanya sangat menarik dan casting aktornya juga cakep-cakep. Buat kalian yang suka romcom series ini bisa banget menghibur. Dan yang bikin penasaran apakah mereka berhasil membatalkan sebuah pernikahan hanya dalam waktu 46hari?? (@madnesspring)
  • Buat kalian yang mau belajar Bahasa Inggris tapi dengan cara yang fun, kalian bisa coba nonton channel Learning English with TV SeriesChannel-nya membahas tentang vocab & grammar dari cuplikan adegan film atau dari lirik lagu. Enak banget buat diikutin karena bisa belajar Bahasa Inggris dari movies and music, ga harus terpaku sama textbook yang selama ini kita pelajari. Enjoy guys…. (Anonymous)
  • Buat yang punya pipi chubby dan pengen terlihat slimyou can really do it by exercising your jaw muscles regularly before going to sleepI highly recommend to follow Blush with me-Parmita‘s video on YT! Gue sudah melakukannya beberapa minggu and proven jaw line mulai terlihat (meskipun belum se-sharp Jimin BTS). (Anonymous)
  • Aku mau ngerekomendasiin game smartphone (offline) yang heart warming terus juga bikin laper wkwk. Namanya “Hungry Hearts” game ini tentang seorang nenek yang mengelola sebuah restoran milik suaminya. Musik, grafis & ceritanya bener-bener baguss bangettt. (@noticemesenpaiii)
  • Mau rekomendasiin YouTube channel-nya “nao“, pasangan dari Jepang. Jadi di sini doi itu ngebawain keseharian dia yang menenangkan dan nyaman dengan cinematic yang ajib banget. Kalo temen-temen butuh hiburan yang calming gitu monggo ditengok.~ (シガワリ)

Quote of the day

“Whatever you are, be a good one.” 
 
 -Abraham Lincoln-

Thank you note

Thank you, Carolina, seseorang, & seseorang for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here.  Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!

Angel’s Stories

1. Tiga hari lagi aku wisuda. Kemarin, aku sama temen-temen se-kota, sebut aja Wakanda, foto bareng-bareng buat kenang-kenangan. Pertama kalinya dalam empat tahun kita kuliah bisa foto lengkap bersebelas. I wanna say thank you buat mereka semua. Terima kasih karena udah membersamai dari day-1. Terima kasih karena kita gila tapi kita tetep jalan. Sejauh apa pun jarak memisahkan waktu penempatan besok, semoga selalu punya waktu buat balik bersebelas dan ketawa sampe capek. Makasih banget, Wakanda!<333
-Pandanwangi-
 
2. Waktu itu aku chat temen soal skripsi. Dia antusias nanggepin aku sampe dia telpon.  Makasih Do, semoga lo selalu diberkahi Tuhan.
-Anonymous-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Go go go!)
Advertisement