Data eHAC Aplikasi Tes dan Pelacakan Covid-19 Pemerintah Indonesia Bocor, Personel US Keluar, Taliban Adakan Selebrasi di Kabul, Persediaan Bensin Bertimbal Akhirnya Habis, You Season 3 Segera Tayang di Netflix

46

Hello )

Welcome to September. It is the 9th month of the year and boy, is it only us, or are we reallllly this close to the end of the year? Anyway, since it’s Wednesday, we also present you our podcast here. Enjoy.


Ada yang bocor, tapi bukan atap kamar kosan kamu…

Tapi eHAC.

Yoi gengs, data dari Electronic Health Alert Card (eHAC) yang merupakan aplikasi tes dan pelacakan covid-19 buatan pemerintah Indonesia diduga bocor ni. Yang ngelaporin dugaan ini adalah peneliti dari Virtual Private Network (VPN) Mentor hari Selasa tanggal 31 Agustus 2021 kemaren. Therefore, keamanan data dari 1,3 juta pengguna aplikasi ini jadi compromised. Juru Bicara Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) Anton Setiawan udah mengkonfirmasi soal ini, di mana memang ada celah dalam aplikasi ini yang dapat dieksploitasi oleh pihak luar untuk mencuri data pengguna.

Wait, what is eHAC again?

Ok so, kalo kamu dulu pernah bepergian naik pesawat selama pandemi ini, kamu kan diminta surat keterangan tes PCR atau antigen dengan hasil negatif buat tracing. Nah, tracing-nya sendiri menggunakan aplikasi eHAC ini gengs. Tapiii, sejak ada aplikasi yang lebih terintegrasi yaitu PeduliLindungi (mulai dari download sertifikat vaksin sampe masuk mal segala pake aplikasi ini), eHAC udah gak dipake lagi pertanggal 2 Juli 2021. Aksesnya pun udah ditutup per tanggal 24 Agustus 2021 kemaren, namun data dari 1,3 juta pengguna yang sebelumnya udah make eHAC ini terancam keamanannya gengs.

Oh no, kok bisa?

Kemenkes bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Polri masih mengivestigasi dugaan kebocorannya sih. Adapun Kepala Pusat Data dan Informasi Kemenkes Pak Anas Ma’ruf juga menegaskan bahwa dugaan kebocoran data ini cuma yang di eHAC aja, bukan di PeduliLindungi. Untuk pelacakan warga saat ini memakai aplikasi PeduliLindungi. Dugaan sementara soal kebocoran data ini sih karena pembuat aplikasi menggunakan database elasticsearch yang tingkat keamanannya simpel aja gitu gengs gak rumit kayak hubungan kamu sama doi… Jadinya lebih mudah dan rawan diretas deh.

Yang bocor data apa aja tu?

Data- data yang bocor gak cuma sekadar data yang ada di KTP pengguna eHAC gengs, tapi juga sampai ke data hasil tes covid-19, paspor, data rumah sakit atau klinik yang udah testing ke para pengguna, dan termasuk data yang dipake buat bikin akun eHAC.

Did the govt have anything to say about this?

Kalo kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI Widyawati sih, kebocoran data ini harus dibuktikan dengan metode digital forensik. Bukan cuma dugaan aja. Sampe sekarang, belom ada laporan digital forensik terkait kebocoran ini which means data yang bocor ini belom diapa-apain gengs.

I see. Anything else?

Selain itu, Kemenkes juga langsung menghimbau masyarakat yang udah pernah pake eHAC buat langsung hapus data yang ada di akun mereka dan segera uninstall aplikasinya. Kemenkes juga bilang kalo sekarang semuanya udah terintegrasi di PeduliLindungi. Pemerintah juga udah menonaktifkan aplikasi eHAC buat mencegah kebocoran lebih lanjut ni gengs.


When you were the last man standing…

Or in this case, the last US soldier standing in Afghanistan.

Yoi. Gambar di atas dirilis oleh Departemen Pertahanan US. Mayjen Chris Donahue adalah personel tentara terakhir US di Afghanistan yang cabut persis satu menit sebelum deadline tanggal 31 Agustus 2021 berakhir.

Tell me more.

Sesuai janjinya Presiden AS Joe Biden di awal, jadi semua evakuasi bakal berakhir di tanggal 31 Agustus 2021, barengan sama penarikan tentara US dari Afghanistan. Per Senin tanggal 30 Agustus 2021 alias sehari sebelumnya, tercatat ada lebih dari 123 ribu orang yang berhasil dievakuasi sama tentara US.

I heard about some celebration by Taliban?

Iya guys, setelah semua personel US cabut, Taliban mengadakan selebrasi di Kabul. Taliban merayakan kepergian US setelah 20 tahun lamanya stay di Afghanistan dengan menembakkan senjatanya ke udara, jadi kayak semacam petasan dan kembang api gitu guys.

Ok, go on.

Selain itu, semua diplomat Amerika Serikat juga udah cabut dari Afghanistan dalam rangka evakuasi, which means Kedutaan Besar US di Kabul kemungkinan bakal berhenti beroperasi dulu. Tapi, Menteri Sekretaris Negara Amerika Serikat Antony Blinken di konferensi pers kemarin bilang bukan berarti US selesai ni sama Afghanistan. Masih ada sekitar 100-200an orang yang perlu dievakuasi, dan pihaknya bakal mengeksplor semua opsi untuk mengevakuasi orang-orang itu. Terus, Blinken juga bilang kalo sekarang, misi militer AS di Afghanistan udah kelar gengs, dan dimulailah misi diplomatis.

I see.

Oleh karenanya, US bakal kerja sama dengan sekutunya buat membuka lagi bandara Kabul yang sempet jadi zona berbahaya abis serangan bom bunuh diri ISIS-K. Hal ini dalam rangka mengevakuasi orang-orang yang belum sempet dievakuasi tadi. Katanya sih, Joe Biden bakal ngasih official statement tentang hal ini di siang nanti. Kita tunggu ya doi bakal ngomong apa aja.

Got it. Anything else?

Selain US, Jerman juga bilang masih ada banyak orang yang perlu dievakuasi dari Afghanistan. Kanselir Jerman Angela Merkel bilang at least ada 10 ribu hingga 40 ribu local staff di Afghanistan yang bekerja buat UN organizations atau kedubes Jerman yang punya hak untuk bisa dievakuasi dari sana. Kata Merkel, banyak dari orang-orang ini yang pengen bisa dievakuasi, tapi kan emang “meninggalkan rumah” itu nggak gampang ya gengs.


What is finally off from the market?

Bensin bertimbal.

Yoi guysleaded gasoline atau bensin bertimbal akhirnya udah gak bakal dipake lagi ke depannya sebagai bahan bakar kendaraan bermotor di seluruh dunia. Gara-garanya adalah Aljazair, yang merupakan satu-satunya negara yang masih menjual bensin bertimbal akhirnya udah abis stoknya pada Juli lalu. Kabar gembira ini baru aja disampaikan oleh kantor UN for Environment hari Senin kemarin.

It’s a good thing right?

Indeed. Bensin bertimbal ini sangat beracun dan sering jadi permasalahan buat kesehatan manusia gengs. Nah, kebijakan Aljazair ini mengikuti himbauan PBB untuk mengakhiri penggunaan bensin bertimbal at all. Menurut Direktur Eksekutif UNEP Inger Andersen, hal ini merupakan langkah yang besar dalam mewujudkan kesehatan global dan lingkungan.

Nice.

Apalagi, penelitian selama ini menunjukkan kalo dampak bensin bertimbal yang terpapar ke manusia ini dampaknya buruk banget gengs. Bensin bertimbal bisa menyebabkan penyakit jantung, struk, hingga kerusakan otak. Gak cuma itu, bensin bertimbal diketahui bisa menyebabkan intellectual impairment di anak hingga kematian bayi prematur.

Thank God udah distop penjualannya…

Yoi. Di Amerika Serikat sendiri, penggunaan bensin bertimbal ini udah dihentikan sedikit demi sedikit sejak tahun 70-an, di mana para produsen mobil di sana kemudian bikin mesin yang di-design untuk nggak pake bensin bertimbal. Namun di negara-negara berkembang, bensin bertimbal ini masih digunakan hingga tahun 2000-an, dan karena itulah di tahun 2002, UNEP kemudian meluncurkan kampanye untuk menyudahi penggunaan bensin bertimbal secara global.

Anything else?

Terkait pencapaian ini, Sekjen PBB Antonio Guterres bilang bahwa penghentian seluruhnya dari penggunaan bensin bertimbal ini menunjukkan bahwa perjanjian internasional emang bisa kok dimanfaatkan untuk meng-address isu lingkungan. Sekarang, saatnya kita semua memberikan komitmen yang sama terhadap perubahan cuaca, punahnya biodiversity, dan polusi.


What’s finally coming back to Netflix?

You S.3
Yep, calling aaaaaall horror/thriller lover, karena season ketiga dari series Netflix “You” bakal segera tayang! Jadi, buat kamu yang udah kangen sama acting creepy-nya Joe Goldberg yang diperankan oleh Penn Badgley, sabar ya guys, karena You season 3 bakal tayang pada 15 Oktober mendatang di Netflix. FYI, baru aja nih, Netflix juga merilis trailer-nya yang bercerita soal Joe yang kini udah punya anak bareng sang pacar, Love yang diperankan oleh Victoria Pedretti. Terus kayak season-season sebelumnya, Joe juga membacakan narasi yang ngasih kamu sedikit sneak peek soal plot ceritanya. Joe bilang, “I’ll be a man you look up to, a man you will be proud to call dad.” Penasaran guys pengen nonton trailernya? Nih, niiih

“Baru kemarin diingatkan,”

Gitu guys kata anggota DPR RI asal Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sukamta pas ngomentarin soal dugaan data pengguna eHAC yang bocor. Kata doi, baru aja Senin kemarin, Menkominfo diingetin biar menjaga keamanan data pribadi warga di aplikasi PeduliLindungi, eeeh… taunya bobol lagi. Kan konyol. Gitu katanya.

When your pacar forgets your anniversary date…


Announcement


Thanks to Halxkit and Eka for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

You reaaaaaallly wanna save more money this time, and we get it. So, here’s some easy ways that you can do.

Angel’s Stories

1. Hai Mimin. Mau cerita nih. Beberapa hari yang lalu kan kaca spion motor aku agak longgar ya gitu, terus udah berusaha benerin tapi tiap lewat jalanan rusak jadi goyang goyang terus. Jadi, aku mutusin buat bawa ke bengkel gitu. Nah di deket kosan tuh ada bengkel yang baru buka, terus minta tolonglah sama Abangnya, terus pas udah aku ngomong, “Jadi berapa Bang?” Terus dia jawab, “Enggak usah deh.” Speechless dong soalnya di tengah pandemi gini masih aja ada orang baik, ya walaupun mungkin menurutnya itu enggak perlu dibayar tapi buat aku mahasiswa rantau itu kek bentuk kebaikan yang enggak bakalan aku lupa. Makasih ya Bang, Semoga bengkelnya berkah dan banyak pelanggannya.
-NF-

2. Aku kerja di kota dan setiap bulan aku selalu beliin susu sama vitamin buat emak bapak di rumah desa. Karena aku masih takut pulang (takut bawa virus terus nularin) jadi aku belinya di ecommerce dan kirim langsung ke rumah. Nah pas dateng aku gak langsung konfirmasi ke rumah apakah item yangg datang udah bener. Tiga hari setelah barang sampai baru aku telepon rumah dan ternyata barang yang datang gak sesuai pesanan. Harusnya yang datang 1 box 250gr dan 1 box 650gr. Tapi yang datang dua-duanya 250gr. Aku udah kesel, lalu aku chat tokonya untuk minta penjelasan. Aku chat tokonya tapi baik-baik kok gak marah-marah hehe. Dan ternyata responnya baik banget. Sama toko tersebut dikirim lagi 650gr. Nah aku nambah uang berarti kan, karena yang dikirim harganya lebih mahal dari yang udah aku bayar. Tapi sama tokonya aku disuruh bayar separuh aja :)) terima kasih seller di Tokped. semoga berkah dan aku akan langganan di toko ini aja untuk selanjutnya.
[email protected]

(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)