Dana 1 Miliar USD Untuk Afghanistan

22

Who just received more than 1 billion dollar in aid?

Afghanistan.
Yep, perhatian seluruh dunia masih tertuju ke Afghanistan ni guys. Jadi baru aja, Sekjen PBB António Guterres menyampaikan bahwa saat ini udah terkumpul dana sebesar lebih dari 1 miliar USD untuk disalurkan kepada Afghanistan sebagai bantuan atau aid. Target awal dari aid ini adalah 606 juta USD, namun ternyata per Senin kemarin, jumlahnya udah mencapai USD 1 miliar. Menurut Guterres, ini menunjukkan komitmen dunia internasional dalam membantu warga Afghanistan.
 
What is the aid for?
Untuk para warga gengs. Jadi Guterres sebelumnya menyoroti angka kemiskinan di Afghanistan yang semakin buruk, terlebih dalam sebulan belakangan ini. Hal ini berbarengan dengan serangan Taliban di berbagai daerah untuk mengambil alih kekuasaan which they succeeded.
Dalam keterangan PBB, disebutkan bahwa dana ini bakal digunakan untuk membantu meringankan salah satu “krisis kemanusiaan terburuk di dunia” di mana warga bakal segera kehabisan makanan dan ekonominya sebentar lagi collapsed. Selain itu, diketahui juga bahwa saat ini, satu dari tiga masyarakat Afghanistan bahkan gak tau besok mau makan apa.
 
🙁 Go on.
Terus, keadaan ini juga makin diperparah sama pandemi yang menyebabkan 18 juta penduduk Afghanistan, more than half of all Afghans, jadi bergantung kepada dana bantuan karena terdampak pandemi covid ini. Gak cuma itu, bahkan banyak orang di sana yang kehilangan tempat tinggalnya karena perang yang berkepanjangan.
 
🙁
Ya gitu guys. Masih kata PBB, bahkan sebelum Taliban kembali berkuasa, sebenernya berbagai ketidakstabilan di Afghanistan kayak konflik berkepanjangan, kemiskinan, kekeringan, lesunya ekonomi, hingga pandemi udah bikin hampir setengah dari populasi Afghanistan tadi bergantung pada bantuan sosial. Terus, lebih dari setengah anak-anak di bawah usia lima tahun di sana mengalami malnutrisi akut, dan peperangan juga bikin ratusan ribu warga kehilangan rumahnya 🙁 Nah, secara bentar lagi musim dingin nih, warga juga diprediksi bakal segera kehabisan bakan makanan, at least sampe akhir bulan ini :(.
 
Sad 🙁 Now who are the donors?
Negara-negara anggota PBB guys. Amerika Serikat bilang kalo mereka bakal ngasih 64 juta USD ke aid ini. Norwegia juga bakal memberikan 11,5 juta USD, dan begitu juga dengan negara-negara anggota lainnya. Terus, ada juga China yang bilang bahwa minggu lalu mereka bakal mengirim persediaan makanan dan alat kesehatan ke penduduk Afghanistan senilai 31 juta USD. Iran dan Pakistan juga udah memberikan bantuan dalam bentuk obat-obatan dan alat kebutuhan pokok lainnya melalui pesawat kargo.
 
Got it. Anything else?
Selain itu, Indonesia juga baru aja nih ikut chip in bantuan sebesar 3 juta USD atau sekitar Rp42,7 Miliar untuk Afghanistan. Hal ini disampaikan sama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang juga bilang kalo alokasi dari 3 juta USD tersebut ada yang buat bantuan aksi kemanusiaan darurat dalam bidan kesehatan, pendidikan, pemberdayaan perempuan, pertambangan, serta pembangunan infrastruktur jangka panjang di Afghanistan.