Corona Updates 6 September 2021

35

Now, let’s start with your covid-19 updates.

Nationally…

Per kemarin, 5 September 2021, total kasus positif covid-19 di Indonesia menjadi 4.129.020 kasus, dengan kasus aktif 155.519 angka sembuh 3.837.640 dan kasus meninggal 135.861.

Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (851.686 kasus), Jawa Barat (692.970 kasus), Jawa Tengah (471.421 kasus), Jawa Timur (385.218 kasus), dan Kalimantan Timur (151.738 kasus).

Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 66.782.673 dan vaksinasi kedua 38.223.153 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.

Over the weekend kemarin, masyarakat dihebohkan dengan bocornya sertifikat vaksin Pak Presiden Jokowi yang lengkap dengan NIK-nya. Terkait hal ini, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi bilang bahwa hingga saat ini, nggak ada bukti kebocoran data pribadi di aplikasi PeduliLindungi. Jadi menurutnya, ada pihak-pihak tertentu yang punya informasi NIK dan tanggal vaksinasi COVID-19 milik Pak Jokowi dan dipake untuk mengakses sertifikat vaksinasi milik Presiden. Lebih jauh Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi juga menjelaskan NIK dan tanggal vaksinasi Pak Jokowi bukan berasal dari sistem Peduli Lindungi. Adapun informasi NIK udah lebih dulu ada di situs Komisi Pemilihan Umum (KPU), sedangkan informasi tanggal vaksinasi bisa didapatkan melalui pemberitaan media massa.
 
Sabtu kemarin, Indonesia baru aja kembali menerima kedatangan vaksin sebanyak 207.000 dosis AstraZeneca dari Belanda. Adapun vaksin ini merupakan kedatangan tahap ke-49 dari keseluruhan vaksin yang diterima Indonesia. Dengan tambahan ini, maka total vaksin yang masuk ke Indonesia baik dalam bentuk bulk maupun vaksin jadi udah berjumlah sekitar 220,4 juta dosis.
 
Baru aja nih guys, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bilang bahwa so far, masih ada 15% anak-anak usia 12-18 tahun di Jakarta yang belum menerima vaksin Covid-19. Menurutnya, salah satu faktor utama atas hal ini adalah karena anak-anak itu belum dapet izin dari orang tua.
 
Demi mengejar herd immunity, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kemarin menggelar vaksinasi massal di 560 titik yang tersebar di 56 kelurahan. Adapun vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac dan Pfizer. Menurut Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, masing-masing kelurahan diwajibkan menyediakan 10 titik vaksinasi, demi segera tercapainya 70% vaksinasi.
 
Bocornya data pengguna eHAC minggu lalu bikin warga +62 geger ni gengs. Meski begitu, Menkominfo Johnny G. Plate ngingetin masyarakat untuk nggak perlu khawatir karena aplikasi PeduliLindungi terjamin keamanannya. Doi juga minta warga untuk nge-download aplikasinya sebagai bentuk partisipasi warga dalam menangani pandemi covid19.
 
Buat kamu-kamu yang mau nikah di masa PPKM ini, inget guys, Kementerian Agama masih mensyaratkan hasil antigen buat para calon mempelai. Menurut Pelaksana Tugas Direktur Bina Kantor Urusan Agama (KUA) dan Keluarga Sakinah Adib Machrus, pihak yang wajib melakukan swab antigen sebelum acara pernikahan adalah calon pengantin, wali nikah, dan dua orang saksi. Terus nih, para pihak tersebut  wajib melakukan swab antigen yang berlaku minimal 1 x 24 jam sebelum pelaksanaan akad nikah.
 
Meanwhile, internationally…

Per 5 September 2021, total kasus positif covid-19 di dunia udah mencapai 220.347.184 kasus dan 4.562.866 kasus meninggal.

Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (39.906.862 kasus), India (32.988.673 kasus), Brazil (20.877.864 kasus), Rusia (6.912.375 kasus), dan Prancis (6.910.865 kasus).

Minggu lalu, Korea Utara baru aja menolak bantuan vaksin yang diberikan oleh dunia internasional lewat skema COVAX. Dalam keterangannya pas rapat sama jajaran partai komunis minggu lalu, Pemimpin Korut Kim jong-Un bilang bahwa negaranya harus memberlakukan kebijakan yang lebih ketat dengan “caranya sendiri”, FYI, tadinya vaksin yang mau dikirim ke Korut adalah vaksin Sinovac berjumlah 3 juta dosis.
 
Baru aja nih guys, badan cuaca dan meteorogi PBB, namanya UN World Meteorological Organization (WMO) melaporkan bahwa pembatasan kegiatan sosial karena covid-19 di sepanjang tahun 2020 ternyata berimplikasi positif terhadap kualitas udara, khususnya di wilayah urban. Dalam analisisnya, WMO melaporkan bahwa konsentrasi partikel kecil di udara berkurang hingga 40% di saat full lockdown, dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2015-2019. Meski menunjukkan perbaikan kualitas udara yang signifikan, namun WMO mengingatkan bahwa pandemi dan lockdown bukan solusi buat pemanasan global. Solusi jangka panjangnya teteup aja dengan meng-address penyebab pemanasan global kayak produksi fossil fuel dll.
 
Minggu lalu, ribuan warga Thailand turun ke jalan dan menuntut perdana menterinya, Prayuth Chan Ocha untuk mundur dari jabatannya. Tuntutan ini muncul karena Ocha dianggap gagal dalam menangani pandemi covid19 dan nggak berhasil mengamankan dosis vaksin buat warganya sendiri. FYI, sejauh ini baru 13% dari 66juta warga Thailand yang udah divaksin.
 
Meanwhile, di Filipina, para tenaga kesehatan aka nakes juga menggelar protes yang menuntut supaya Menteri Kesehatan Rodrigo Duque mundur dari jabatannya. Hal ini seiring dengan terhambatnya pencairan insentif para nakes. Terkait hal ini, Presiden Philipina Rodrigo Duterte sebenernya udah ngasih waktu pada Menkesnya selama 10 hari sejak 21 Agustus lalu untuk segera membayar insentif para nakes, namun so far, masih ada 100ribuan nakes yang belum menerima insentifnya.
 
Menjelang dimulainya fall semester di Amerika Serikat, kampus-kampus di sana udah bersiap untuk membuka kelas secara offline. Nah, salah satu kebijakan yang diberlakukan untuk mengantisipasi penyebaran covid19 di kampus adalah dengan mewajibkan semua mahasiswa maupun staf pengajar untuk udah divaksin lengkap. So far, udah ada seribu kampus di seantaro Amerika Serikat yang mewajibkan aturan ini.
 
Ga cuma di Amerika Serikat, anak-anak sekolah di Prancis juga udah mulai back to school ni gengs. Tercatat ada 12 jutaan anak yang akhirnya kembali sekolah mulai dari minggu lalu, setelah mereka belajar online selama pandemi berlangsung. Dalam kunjungannya ke salah satu sekolah yang baru buka kembali di Marseille, Presiden Perancis Emmanuel Macron bilang bahwa pembukaan ini adalah “kemenangan”. FYI, meskipun anak-anak udah back to school, namun ada beberapa hal wajib yang harus dilakukan, yaitu mereka wajib pake masker dan wajib rajin cuci tangan.