Corona Updates 6 September 2021, Masjid Ahmadiyah di Sintang yang Dirusak Massa, Badai Ida Terjang Wilayah Northeast AS, China Larang Laki-laki Bergaya Keperempuanan Tampil di TV

36

Good morning )

Welcome back to Monday! Hope you had a restful weekend and all hyped up and ready to face the new week. Today, we’ll bring you more news on covid updates, Hurricane Ida, the mosque destruction, to China. Now, grab your coffee and scroll down…


Now, let’s start with your covid-19 updates.

Nationally…

Per kemarin, 5 September 2021, total kasus positif covid-19 di Indonesia menjadi 4.129.020 kasus, dengan kasus aktif 155.519 angka sembuh 3.837.640 dan kasus meninggal 135.861.

Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (851.686 kasus), Jawa Barat (692.970 kasus), Jawa Tengah (471.421 kasus), Jawa Timur (385.218 kasus), dan Kalimantan Timur (151.738 kasus).

Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 66.782.673 dan vaksinasi kedua 38.223.153 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.

Over the weekend kemarin, masyarakat dihebohkan dengan bocornya sertifikat vaksin Pak Presiden Jokowi yang lengkap dengan NIK-nya. Terkait hal ini, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi bilang bahwa hingga saat ini, nggak ada bukti kebocoran data pribadi di aplikasi PeduliLindungi. Jadi menurutnya, ada pihak-pihak tertentu yang punya informasi NIK dan tanggal vaksinasi COVID-19 milik Pak Jokowi dan dipake untuk mengakses sertifikat vaksinasi milik Presiden. Lebih jauh Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi juga menjelaskan NIK dan tanggal vaksinasi Pak Jokowi bukan berasal dari sistem Peduli Lindungi. Adapun informasi NIK udah lebih dulu ada di situs Komisi Pemilihan Umum (KPU), sedangkan informasi tanggal vaksinasi bisa didapatkan melalui pemberitaan media massa.
 
Sabtu kemarin, Indonesia baru aja kembali menerima kedatangan vaksin sebanyak 207.000 dosis AstraZeneca dari Belanda. Adapun vaksin ini merupakan kedatangan tahap ke-49 dari keseluruhan vaksin yang diterima Indonesia. Dengan tambahan ini, maka total vaksin yang masuk ke Indonesia baik dalam bentuk bulk maupun vaksin jadi udah berjumlah sekitar 220,4 juta dosis.
 
Baru aja nih guys, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bilang bahwa so far, masih ada 15% anak-anak usia 12-18 tahun di Jakarta yang belum menerima vaksin Covid-19. Menurutnya, salah satu faktor utama atas hal ini adalah karena anak-anak itu belum dapet izin dari orang tua.
 
Demi mengejar herd immunity, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kemarin menggelar vaksinasi massal di 560 titik yang tersebar di 56 kelurahan. Adapun vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac dan Pfizer. Menurut Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, masing-masing kelurahan diwajibkan menyediakan 10 titik vaksinasi, demi segera tercapainya 70% vaksinasi.
 
Bocornya data pengguna eHAC minggu lalu bikin warga +62 geger ni gengs. Meski begitu, Menkominfo Johnny G. Plate ngingetin masyarakat untuk nggak perlu khawatir karena aplikasi PeduliLindungi terjamin keamanannya. Doi juga minta warga untuk nge-download aplikasinya sebagai bentuk partisipasi warga dalam menangani pandemi covid19.
 
Buat kamu-kamu yang mau nikah di masa PPKM ini, inget guys, Kementerian Agama masih mensyaratkan hasil antigen buat para calon mempelai. Menurut Pelaksana Tugas Direktur Bina Kantor Urusan Agama (KUA) dan Keluarga Sakinah Adib Machrus, pihak yang wajib melakukan swab antigen sebelum acara pernikahan adalah calon pengantin, wali nikah, dan dua orang saksi. Terus nih, para pihak tersebut  wajib melakukan swab antigen yang berlaku minimal 1 x 24 jam sebelum pelaksanaan akad nikah.
 
Meanwhile, internationally…

Per 5 September 2021, total kasus positif covid-19 di dunia udah mencapai 220.347.184 kasus dan 4.562.866 kasus meninggal.

Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (39.906.862 kasus), India (32.988.673 kasus), Brazil (20.877.864 kasus), Rusia (6.912.375 kasus), dan Prancis (6.910.865 kasus).

Minggu lalu, Korea Utara baru aja menolak bantuan vaksin yang diberikan oleh dunia internasional lewat skema COVAX. Dalam keterangannya pas rapat sama jajaran partai komunis minggu lalu, Pemimpin Korut Kim jong-Un bilang bahwa negaranya harus memberlakukan kebijakan yang lebih ketat dengan “caranya sendiri”, FYI, tadinya vaksin yang mau dikirim ke Korut adalah vaksin Sinovac berjumlah 3 juta dosis.
 
Baru aja nih guys, badan cuaca dan meteorogi PBB, namanya UN World Meteorological Organization (WMO) melaporkan bahwa pembatasan kegiatan sosial karena covid-19 di sepanjang tahun 2020 ternyata berimplikasi positif terhadap kualitas udara, khususnya di wilayah urban. Dalam analisisnya, WMO melaporkan bahwa konsentrasi partikel kecil di udara berkurang hingga 40% di saat full lockdown, dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2015-2019. Meski menunjukkan perbaikan kualitas udara yang signifikan, namun WMO mengingatkan bahwa pandemi dan lockdown bukan solusi buat pemanasan global. Solusi jangka panjangnya teteup aja dengan meng-address penyebab pemanasan global kayak produksi fossil fuel dll.
 
Minggu lalu, ribuan warga Thailand turun ke jalan dan menuntut perdana menterinya, Prayuth Chan Ocha untuk mundur dari jabatannya. Tuntutan ini muncul karena Ocha dianggap gagal dalam menangani pandemi covid19 dan nggak berhasil mengamankan dosis vaksin buat warganya sendiri. FYI, sejauh ini baru 13% dari 66juta warga Thailand yang udah divaksin.
 
Meanwhile, di Filipina, para tenaga kesehatan aka nakes juga menggelar protes yang menuntut supaya Menteri Kesehatan Rodrigo Duque mundur dari jabatannya. Hal ini seiring dengan terhambatnya pencairan insentif para nakes. Terkait hal ini, Presiden Philipina Rodrigo Duterte sebenernya udah ngasih waktu pada Menkesnya selama 10 hari sejak 21 Agustus lalu untuk segera membayar insentif para nakes, namun so far, masih ada 100ribuan nakes yang belum menerima insentifnya.
 
Menjelang dimulainya fall semester di Amerika Serikat, kampus-kampus di sana udah bersiap untuk membuka kelas secara offline. Nah, salah satu kebijakan yang diberlakukan untuk mengantisipasi penyebaran covid19 di kampus adalah dengan mewajibkan semua mahasiswa maupun staf pengajar untuk udah divaksin lengkap. So far, udah ada seribu kampus di seantaro Amerika Serikat yang mewajibkan aturan ini.
 
Ga cuma di Amerika Serikat, anak-anak sekolah di Prancis juga udah mulai back to school ni gengs. Tercatat ada 12 jutaan anak yang akhirnya kembali sekolah mulai dari minggu lalu, setelah mereka belajar online selama pandemi berlangsung. Dalam kunjungannya ke salah satu sekolah yang baru buka kembali di Marseille, Presiden Perancis Emmanuel Macron bilang bahwa pembukaan ini adalah “kemenangan”. FYI, meskipun anak-anak udah back to school, namun ada beberapa hal wajib yang harus dilakukan, yaitu mereka wajib pake masker dan wajib rajin cuci tangan.

Let’s get you up to speed on… Masjid Ahmadiyah di Sintang yang dirusak massa.

Tell me.
Ini ni guys yang lagi lumayan rame over the weekend kemaren. Masjid Miftahul Huda di Desa Balai Harapan, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, dirusak dan gudang di sebelah masjid tersebut dibakar pada hari Jumat tanggal 3 September 2021. Masjid yang biasa digunakan sebagai tempat ibadah oleh Jemaah Ahmadiyah Indonesia (JAI) diketahui dirusak dan dibakar oleh massa.
 
What? Tell me everything.
OK. Jadi menurut Juru Bicara JAI Yendra Budiana, gini ni kejadiannya gengs. Jadi, pemerintah Kabupaten Sintang udah mengeluarkan surat dari Bupati pada tanggal 14 Agustus 2021 yang bilang kalo masjid jemaah Ahmadiyah ini akan ditutup sementara. Hal ini menyusul permohonan dan desakan dari sekelompok massa yang menyebut dirinya aliansi umat Islam. Katanya sih, aliansi ini merupakan salah satu kelompok di rumpun Melayu. Permohonannya sendiri udah ada sejak bulan Maret lalu, yang baru dikabulkan di bulan Agustus kemaren.
 
Terus terus?
Abis itu, tanggal 18 Agustus alias empat hari setelah surat tersebut dikeluarkan, penutupan sementara akhirnya dilakukan. Bersamaan dengan itu, pemerintah Kabupaten Sintang juga udah mengeluarkan peringatan kepada masyarakatnya soal siaga darurat konflik sosial isu Ahmadiyah. Tanggal 27 Agustus akhirnya dikeluarin surat penutupan permanen terhadap Masjid Miftahul Huda.
 
Go on…
Seiring dengan keluarnya surat ini, maka segala bentuk kegiatan JAI dilarang dilakukan di masjid tersebut. Terus, tanggal 2 September 2021 lalu, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji bersama Pemkab Sintang dan aliansi umat Islam tersebut mengadakan pertemuan tertutup ni gengs. Dan karena tertutup, isinya pun gak diketahui sama JAI.
 
I am reading…

Lalu, tibalah kita di hari kejadian yaitu besokannya tanggal 3 September 2021. Pas itu, polisi udah siaga di depan Masjid Miftahul Huda, karena isu perusakan dan pembakaran ini sebenernya udah banyak diketahui, sampe JAI juga tau dan mereka udah diimbau oleh kepala desa untuk nggak keluar rumah dulu…

OMG….
Nah terus guys, di hari kejadian tersebut, terdengar seruan warga untuk melaksanakan ibadah salat Jumat di masjid lain, lalu ikut merobohkan Masjid Miftahul Huda. Terus abis Salat Jumat itu, udah ada sekitar 100 massa yang udah melakukan apel dan bersama-sama bergerak ke masjid tersebut. Massa pun kemudian melancarkan aksinya dan berhasil merobohkan dinding-dinding bangunan masjid. Gak cuma itu, bangunan di samping masjid yang berfungsi sebagai gudang juga ikut dibakar massa.
 
What happened to the jemaah tho?
Meskipun gak nerima kekerasan fisik karena mereka emang nggak keluar rumah, para jemaah masih ketakutan ni gengs akibat dari pengrusakan ini. Masjid Miftahul Huda yang dibangun tahun 2007 untuk ibadah jemaah Ahmadiyah di Desa Balai Harapan ini memiliki jumlah jemaah sebesar 72 orang atau 20 keluarga. Mereka juga tengah merasa ketakutan karena aparat kepolisian yang jumlahnya banyak aja dinilai nggak mampu mencegah kerusakan dan pembakaran terjadi. Kata Yendra, mereka masih trauma banget sama kejadian ini.
 
OMG… Now what?
Tim gabungan Polda Kalimantan Barat dan Polres Sintang sih bilang kalo mereka lagi fokus buat memburu pelaku. Sampe Sabtu kemaren, diketahui belum ada pihak yang ditangkap atas kasus perusakan ini. Sampe-sampe ni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menghubungi Polda Kalimantan Barat di hari yang sama dengan kejadian buat mendesak agar Kapolda fokus ke kasus ini dan harus diselesaikan. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga mengecam tindakan ini gengs, karena dianggap melanggar hukum. Doi minta semua pelaku diproses secara hukum.
 
Geezzz, did anyone else say anything about it?
Yes. Ketua Indonesian Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso juga meminta kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo buat mencopot Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak karena dinilai gagal melindungi jemaah Ahmadiyah atas kejadian ini. Kata Sugeng, harusnya ni Polres Sintang bisa mengantisipasi ini semua, terutama karena isu perusakan sebenernya udah kedengeran lama.
 
Anything else?
FYI guys, menurut Yendra juga selama ini tuh jemaah Ahmadiyah di Desa Balah Harapan hidup rukun berdampingan dengan jemaah Islam lain tanpa ada cekcok soal agama. Baru kali ini ada konflik kayak gini sejak hadirnya Ahmadiyah di daerah tersebut tahun 2004. Makanya, JAI beranggapan kalo para pelaku datangnya bukan dari desa tersebut, melainkan dari luar desa tapi masih dalam Kabupaten Sintang.

What’s causing flood in New York?

Ida Hurricane.
Yep guys, ternyata Badai Ida yang menerjang wilayah pesisir Louisiana minggu lalu akhirnya sampe juga ke wilayah northeast kayak New York, New Jersey, Pennsylvania dan Connecticut hari Rabu malam waktu setempat. Akibatnya, hujan deras dan banjir bandang terjadi di wilayah tersebut, dan sampe berita ini ditulis, jumlah korban jiwa akibat badai ini bertambah menjadi 67 jiwa.
 
Oh no… 🙁
Sebagai wilayah yang paling terdampak di New York City, banyak penduduk kelas menengah ke bawah dan/atau imigran yang bermukim di Queens terkena banjir dan harus hidup tanpa listrik. At least ada 11 orang yang meninggal karena terjebak banjir di apartemen bawah tanahnya. Terus, hampir semua jalur kereta di NYC gak beroperasi karena tertutup banjir. Selain itu, daerah Midtown juga tergenang air gengs.
 
I heard this is the first time New York kebanjiran?
Yoi, unlike Jakarta yang udah jadi langganan banjir tiap musim penghujan, ini pertama kalinya New York City terdampak banjir bandang. As a result, NYC kemudian menerapkan status menjadi flash flood of emergency hari Kamis pagi minggu lalu. Terus, Presiden Amerika Serikat Joe Biden juga bilang bahwa doi bakal mengunjungi New York dan New Jersey to assess the damage. Segitu parahnya gengs.
 
OMG 🙁
Terkait bencana ini, banyak warga AS yang kzl sama pemerintahnya karena dianggap lamban dalam menangani bencana. Apalagi, sebenernya sebelumnya udah diperkirakan ni abis dari Louisiana, badai Ida bakal mengarah ke wilayah Northeastern aka New York, New Jersey, dan sekitarnya tadi. Tapi, pemerintah dianggap belom cukup tanggap, dan hal ini terbukti dengan adanya korban jiwa. Selain itu, banyak juga yang beranggapan kalo banjir di New York yang parah ini menggambarkan betapa tuanya infrastruktur di sana dan emang udah butuh direnovasi.
 
Go on.
Direktur Eksekutif Center for an Urban Future Jonathan Bowles bilang kalo infrastruktur New York yang udah tua banget ini gak tahan menghadapi hujan yang terjadi selama beberapa jam doang. Udah gitu ditambah dengan populasi New York yang berkembang pesat dalam beberapa dekade belakangan. And of course dengan bintang utama dari ini semua: climate crisis. Isu ini akhirnya makin jadi perhatian para pejabat di US ni guys, termasuk Wali Kota New York City Bill de Blasio dan Gubernur New York Kathy Hochul, dan mereka akhirnya bilang bakal mendorong pejabat lainnya buat makin fokus ke isu climate crisis ini.
 
🙁 Anything else?
While wilayah Northeast menghadapi banjir bandang akibat Badai Ida, wilayah pesisir barat US juga menghadapi cuaca ekstrim dalam bentuk wildfire. Iya, belom kelar-kelar juga guys… Para damkar lagi berusaha memadamkan api di negara bagian California yang udah membakar lebih dari 200 ribu hektar wilayah di sana, termasuk destinasi wisata populer Lake Tahoe. Kebakaran hutan ini bahkan lebih parah daripada summer tahun lalu.

Who’s just having a stricter control on their television?

Definitely not KPI.
 
Yep, not talking about ’em, but we’re talking about China. Jadi guys, minggu lalu pemerintah China baru aja mengeluarkan aturan yang melarang laki-laki yang bergaya “keperempuanan” untuk tampil di televisi. Dalam keterangannya, pemerintah meminta pada stasiun televisi dan berbagai lembaga penyiaran lainnya untuk mengkampanyekan “revolusi kebudayaan” demi mewujudkan masyarakat China yang lebih kuat dan sehat. Terus, pemerintah juga bilang supaya “stasiun penyiaran menghentikan pertunjukan dari laki-laki yang bergaya keperempuanan dan estetika lainnya yang abnormal,”. Hal ini disebut banyak pihak sebagai bentuk kekhawatiran pemerintah China atas pengaruh budaya pop dari Korea Selatan maupun Jepang yang cowok-cowoknya dinilai lebih kelimis dan fashionable. Jadinya kurang sejalan sama value di China yang maunya cowok-cowok bisa lebih maskulin gitu.
 
FYI guys, ini bukan pertama kalinya pemerintahan Xi Jinping ngeluarin aturan yang membatasi ekspresi warganya. Sebelumnya, China juga membatasi anak-anak di bawah umur 18 tahun untuk main game online jadi cuma boleh tiga jam aja per minggu, dan nggak boleh di hari sekolah. Nah, selain melarang laki-laki yang tampil kayak perempuan, broadcasters di China juga nggak boleh mempromosikan selebgram yang “vulgar” dan yang suka pamer-pamer kekayaan secara berlebihan.
 
And here we’re watching an ex-convict being glorified on TV…

Kami berpesan gunakan uang itu sebaik-baiknya. Jangan boros,”
 
Gitu guys kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo pada warganya yang baru aja dapet uang ganti rugi atas pembebasan lahan yang bakal dijadiin jalur Proyek Tol Bawen-Yogyakarta dan Solo-Yogyakarta. FYI, proyek tol ini adalah untuk jalur Yogyakarta-Bawen dan Yogyakarta-Solo, serta udah ada 96 persen warga di sekitar jalur tol yang udah dapet uang pembebasan lahan. Totalnya guys, uang ganti rugi yang diterima warga mencapai Rp12,5 miliar.
 
You, to yourself tiap abis gajian…

Announcement


Thanks to Fahmi for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

If you want to stay young, avoid these bad habits. 

Angel’s Stories

1. I met a boy from a language exchange app. Background nationality-nya cukup rumit, so let’s just say that he’s middle-eastern (but he’s cute lol)😂 sooo karena gue baru banget di app ini, gue randomly ngechat orang dan dia termasuk orang yang baik banget mau balesin chat gue yang stranger ini dan nemenin ngobrol. Orangnya juga smart, lucu dan open-minded jadi sampe nggak kerasa udah hampir sebulan ngobrol seru banget sama dia. Dia nge-encourage banyak banget hal ke gue yang masih suka insekyur sama diri sendiri. Omg, gaperna expect bakal dapet temen sebaik dan sedeket ini cuma dari random app yang gue download di Playstore :”) gue berharap banget semoga kita bisa awet temenannya because y’all know that good friends are really hard to find~
-Dina-
 
2. Jadi hari ini aku terbang pertama kali sejak pandemi. Agak ngeri-ngeri sedap sih, tapi karena dalam rangka pindahan, ya mau gimana lagi ya. Nah karena dalam rangka pindahan, tentunya bagasi banyak buanget dong, tapi Alhamdulillah tadi ada yang bantuin naik-naikin koper waktu pengecekan. Mungkin bapaknya kasihan liat perempuan sendiri tapi bawaannya banyak banget. Terima kasih ya bapak baik hati. Semoga kebaikannya dibalas oleh Allah SWT. Mood booster banget subuh2 ketemu orang baik.. 🙂
-Anak rantau-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)