Corona Updates 27 September 2021

24

As always, here is your covid-19 weekly updates.

Yep, we will start the week with your covid-19 newest updates. Let’s go!
 
  • Per kemarin, 26 September 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 4.208.013 kasus, dengan kasus aktif 42.769 angka sembuh 4.023.777 dan kasus meninggal 141.467.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (857.065 kasus), Jawa Barat (701.911 kasus), Jawa Tengah (480.997 kasus), Jawa Timur (394.600 kasus), dan Kalimantan Timur (156.443 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 85.433.518 dan vaksinasi kedua 47.996.105 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Dalam musyawarah nasional (Munas) yang digelar over the weekend kemaren, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyampaikan dukungannya untuk pemerintah RI supaya terus mengembangkan vaksin Covid-19 buatan dalam negeri. Dalam keterangannya, PBNU bilang bahwa pemerintah harus terus memprioritaskan pengembangan vaksin nasional supaya kita enggak bergantung pada vaksin impor dari negara lain.
  • Sabtu kemarin, Menteri Luar Negeri Indonesia Bu Retno Marsudi menyampaikan permintaannya supaya negara lain menghapus Indonesia dari daftar merah (redlist) perjalanan, mengingat kasus Covid-19 di tanah air udah menurun. Bu Retno mencontohkan, Prancis udah mengeluarkan Indonesia dari daftar red list tersebut.
  • Pemerintah Indonesia juga lagi usaha ni gengs, untuk mendesak pemerintah Arab Saudi supaya mencabut penangguhan penerbangan umrah bagi calon jemaah asal Indonesia. Hal itu disampaikan sama perwakilan dari Kementerian Agama, Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Khoirizi pas ketemu sama Dubes Arab Saudi minggu lalu. Dalam pertemuan tersebut, Khoirizi bilang bahwa penanganan covid19 di Indonesia terus membaik, dan para calon jemaah umroh juga siap mengikuti berbagai aturan terkait protokol kesehatan untuk bisa beribadah ke tanah suci.
  • Sejak awal September ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta udah mulai memvaksin para pencari suaka ni gengs. Disebutkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia, pada tahap pertama ini udah ada 350 pencari suaka yang divaksin. Adapun dalam pelaksanaan vaksinasinya, pihak pemprov dibantu juga sama UNHCR dan IOM.
  • Minggu kemarin, Indonesia kembali kedatangan vaksin covid-19 Sinovac sebanyak dua juta dosis. Adapun vaksin ini merupakan kedatangan tahap ke-78 di Indonesia, yang satu juta dosisnya didapatkan dari skema bilateral dose sharing sama China, dan sisanya diberikan oleh Sinovac secara gratis. Dengan kedatangan vaksin ini, Bu Menlu Retno Marsudi bilang bahwa secara keseluruhan Indonesia udah menerima sebanyak 273.630.790 dosis baik dalam bentuk vaksin jadi maupun bulk.
  • Kabar gembira dari Jawa Barat ni gengs. Minggu lalu, Gubernur Jabar Kang Ridwan Kamil baru aja menyatakan bahwa seluruh daerah di wilayahnya udah keluar dari zona oranye maupun zona merah Covid-19. Kang Emil bilang, berdasarkan data Bersatu Lawan Covid-19 periode 13-19 September 2021, diketahui bahwa 27 kota/kabupaten di Jabar kini berada di zona kuning atau kategori risiko rendah.
 
Meanwhile, internationally…
  • Per 26 September 2021, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 231.614.338 kasus dan 4.744.918 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (42.940.458 kasus), India (33.652.745 kasus), Brazil (21.343.304 kasus), Inggris (7.667.290 kasus), dan Russia (7.313.112 kasus).
  • Minggu lalu guysWorld Health Organisation (WHO) baru aja menambahkan terapi pengobatan antibodi Regeneron, yakni casirivimab dan imdevimab ke dalam daftar pengobatan untuk para penderita covid19. Disebutkan bahwa hasil uji klisis menemukan kombinasi keduanya efektif untuk digunakan pada pasien yang kondisinya enggak parah, tapi ada resiko dirawat di rumah sakit, maupun pada kasus parah pada orang-orang yang belum memiliki antibodi. FYI, kombinasi pengobatan ini udah di-approve di Amerika Serikat dan Inggris, dan lagi di-review di Uni Eropa. Diketahui juga bahwa pas mantan presiden AS Donald Trump kena covid, beliau juga ditanganinya pake terapi ini guys.
  • Dalam kesempatan UN General Assembly (UNGA) minggu lalu, para pemimpin Afrika menyampaikan keprihatinan mereka soal kondisi distribusi vaksin covid-19 yang enggak merata. Dalam keterangannya, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa bilang bahwa vaksin adalah pertahanan terbaik untuk pelawan pandemi. Karenanya, ketidakmerataan distribusi vaksin ini jadi keprihatinan masyarakat global saat ini. Ramaphosa juga bilang bahwa menyedihkan banget ketika lebih dari 82% vaksin yang ada di dunia saat ini digunakan di negara kaya, dengan kurang dari 1% yang didistribusikan ke negara dengan pendapatan rendah.
  • Dalam keterangannya di UNGA minggu lalu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan bahwa negaranya udah memesan dua kali lipat jumlah vaksin Pfizer untuk didonasikan buat negara-negara dengan penghasilan menengah dan rendah. Dengan tambahan ini, maka komitmen vaksin AS untuk donasi udah mencapai 1,1 milyar dosis. Terkait  pengumumannya ini, Biden bilang bahwa hal itu merupakan “komitmen bersejarah” dari Amerika Serikat dalam upayanya mengakhiri pandemi global.
  • Sampai Hari Minggu kemaren, sejumlah negara bagian di Australia masih mencatatkan penambahan ratusan kasus Covid-19. Adapun salah satu negara bagian yang mengalami penambahan adalah Victoria, yang mencatat tambahan 779 kasus baru Covid-19 dan dua kematian. Selain Victoria, negara bagian New South Wales juga mencatat 961 kasus infeksi Covid-19 baru dan sembilan kematian.

  • Seiring dengan makin berkurangnya angka kasus covid19 di Jepang, pemerintah negara tersebut berencana untuk menyudahi aturan state of emergency yang bakal berakhir di akhir bulan ini. Dalam keterangannya kemarin, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga bilang bahwa doi optimis sama kemajuan penanganan covid-19 di negaranya, dan keputusan akhir bakal diambil setelah berkonsultasi lebih jauh sama para ahli. Suga juga menjelaskan bahwa saat ini, jumlah kasus di Jepang udah menurun drastis ke angka 3,000 kasus per hari, dari angka tertinggi yang pernah menyentuh 25,000 kasus per hari.
  • Meanwhile di Singapura, kasus covid-nya lagi meningkat ni gengs. Pada Hari Sabtu kemarin, penambahan kasus di Singapura mencapai 1.443, dan merupakan hari kelima di mana penambahan mencapai lebih dari 1.000 kasus secara berturut-turut. Adapun kasusnya banyak ditemukan pada warga yang tinggal di asrama dan orang tua yang belum maupun baru divaksin satu kali. Terkait perkembangan ini, pemerintah Singapura kembali memberlakukan pembatasan sosial, yakni dengan hanya membolehkan dua orang untuk dine in di restoran.