Bumi Menuju Pemanasan Global 2,7 Derajat Celsius

29

What’s getting more and more concerning?

The climate change. 
Yoi guys. Jadi, PBB  Framework on Climate Change baru aja menerbitkan report soal target emisi global. Di laporan tersebut, dijelasin bahwa planet kita lagi menuju pemanasan global sebesar 2,7 derajat celsius lebih panas dari masa pra-industri. FYI, Paris Agreement udah menyetujui ni kalo masa pra-industri dipake buat jadi patokan suhu tertinggi dunia. Pra-industri adalah masa di mana belum terjadi masa industrial, meaning belum ada produksi emisi berlebihan di bumi.
 

So, what does the report show?
Nah soal ini, as a background, para ilmuwan udah sering bilang bahwa suhu bumi gak boleh lebih tinggi dari 1,5 derajat Celsius dari jaman pra-industri supaya dampak pemanasan global yang lagi happening ini gak makin parah buat makhluk hidup di bumi. Jadi yha emang jauh banget ni guys kenaikannya, dari gaboleh lebih dari 1,5 derajat celcius, ke prediksi menuju 2,7 derajat celcius. Makanya sampe Sekjen PBB Antonio Guterres bilang bahwa “this planet is on catastrophic path“.

 
🙁
Terus di laporan ini, Guterres juga menyebut bahwa semua negara anggota PBB harus memasukkan target pengurangan emisi karbon aka Nationally Determined Contributions (NDC) yang lebih ambisius, mengingat November nanti emang bakal ada UN Summit on Climate Change. Tapi kalo ngeliat dari laporan ini sih, Guterres bilang bahwa doi jadi pesimis kalo pertemuan November nanti bakal berhasil.
 
Go on.
FYI guys, jjadi emang setelah Paris Agreement disetujui pada Desember 2015, semua 191 negara peserta diketahui udah nge-submit NDC pertama mereka buat menunjukkan kontribusinya dalam mengendalikan isu climate change. Tapi sampe sekarang, baru sekitar 59% peserta ni yang udah memperbarui NDC mereka. Karenanya, Guterres meminta supaya negara-negara anggota bisa lebih ambisus lagi dalam mengurangi emisinya.
 
Well, anyone says anything?
Yep. Pas kemaren Jumat di pertemuan virtual Major Economies Forum, AS dan Uni Eropa udah sepakat ni kalo mereka sama-sama mau nurunin produksi methane, gas rumah kaca yang kuat banget, sebanyak 30% by the end of the decade.
 
I see… Anything else I should know?
Laporan ini juga diterbitkan pas banget abis bumi kita mengalami banyak bencana alam sepanjang musim panas kemaren. Mulai dari kebakaran hutan di Amerika Serikat, Kanada, Rusia, dan beberapa negara di Benua Eropa. Terus, cuaca ekstrim juga menyebabkan banjir bandang di beberapa negara Eropa dan China.