Boikot Saipul Jamil di TV dan Youtube

40

Who’s not welcomed after getting out of jail?

Saipul Jamil.
You gengs, berita yang lagi rame di negeri +62, kalian pasti udah tau dong soal stasiun TV Trans TV yang ngundang Saipul Jamil jadi guest star? Pas banget momennya sama doi yang baru aja keluar dari penjara karena kasus pencabulan terhadap anak. Gak cuma diundang ke Trans TV guys, pas doi keluar dari LP Cipinang juga momen tersebut ditayangkan di beberapa stasiun televisi lainnya. Gak tanggung-tanggung, doi ampe dipakein kalung bunga segala. Macem baru turun pesawat di Hawaii aja gitu gengs. Gara-gara ini, sampe muncul deh petisi buat ngeboikot Saipul Jamil dari semua acara televisi di Indonesia.

I need more background pls.
SureSoSaipul Jamil, yang merupakan penyanyi dangdut dan bintang film Indonesia ini pada bulan Februari tahun 2016 lalu ditetapkan sebagai tersangka kasus pencabulan anak. Waktu itu, doi melakukan pelecehan dan pemaksaan seksual kepada seorang anak di bawah umur.

WHAT??? 😠 Go on…
Setelah melewati proses hukum, akhirnya doi divonis hukuman tiga tahun penjara gengs. Terus dalam putusan banding, hukuman doi diperberat jadi 5 tahun penjara. Gak terima dengan penambahan masa hukuman ini, doi melalui kuasa hukumnya mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA). Tapi akhirnya, hukuman tersebut tetep jadi 5 tahun penjara.

Terus? Akhirnya sekarang doi keluar dari penjara?
Gak sampe situ aja kok guys. Doi juga terbukti menyuap panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara dengan uang sebesar puluhan juta rupiah. Oleh karenanya, hukuman penjara doi bertambah 3 tahun jadi total delapan tahun penjara. Namun kemudian, doi dinilai berkelakuan baik selama masa tahanannya, jadi dia menerima remisi sebanyak 30 bulan. Saipul Jamil kemudian keluar dari penjara tanggal 2 September 2021 kemaren.

Terus gimana tu ceritanya soal jadi guest star di TV?
Nah ini ni yang dipermasalahkan sama masyarakat gengs. Dari awal doi keluar penjara ni, perlakuan yang diterima kayak kalung bunga dan liputan stasiun tv, sampe diundang ke banyak program tv dan channel YouTube buat ceritain pengalaman lima tahun kemaren. Hal ini kemudian dinilai masyarakat nggak sensitif sama perasaan korban. Terlebih lagi, Saipul Jamil juga dicap sebagai pelaku pencabulan terhadap anak di bawah umur, dan makanya gak berhak disambut baik di tengah masyarakat lagi. Nah, Trans TV ngundang doi di acara Kopi Viral di hari Jumat tanggal 3 September 2021 kemaren. Dari sini makin nambah deh ni praharanya.

Nyimak ni min, lanjut.
Gak lama setelah tampil di situ, protes dari masyarakat makin santer terdengar, dan nggak lama kemudian muncul petisi untuk memboikot Saipul Jamil dari tayangan televisi gengs. Petisi yang tayang di change.org berjudul “Boikot Saipul Jamil Mantan Narapidana Pedofilia, Tampil di Televisi Nasional dan Youtube” ini udah ditandatangani lebih dari 400 ribu orang per kemarin. Trans TV sampe minta maaf ke audiensnya lewat akun Instagram resmi dengan bilang kalo mereka nerima banyak banget kritik dan masukan atas tayangan yang menampilkan mantan napi tersebut.

Terus terus?
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) juga akhirnya speak up ni gengs soal ini. Dalam akun Instagramnya, KPI meminta supaya stasiun-stasiun televisi untuk stop glorifikasi atau amplifikasi Saipul Jamil dalam isi siaran. Hal ini adalah respon dari viralnya petisi dan kritikan masyarakat, but then netijen be like… “Giliran udah viral aja baru direspons!”

Hem. Anyone got a say about this?
Yep. Ada Komnas Perlindungan Anak dan Perempuan ni yang bilang, bukan, bukannya kita mau menghalangi Saipul Jamil cari nafkah nih… Cuma kalo kayak doi gini yang abis dipenjara masih bisa berjaya di televisi, orang-orang bakal mikir, “Yhaaa gapapa lah kayak Saipul yang masuk penjara, ntar juga keluar lagi masih sama aja kayak sebelumnya.” Hal ini juga dianggap gak mikirin gimana perasaan korban ngeliat pelaku pelecehannya masih merajalela di televisi yang ditonton sama jutaan masyarakat Indonesia.

I see. Anything else?
Saipul Jamil sendiri udah minta maaf ni gengs terkait hal ini. Doi menyampaikan permintaan maafnya di acara Ngunduh Mantu yang tayang di ANTV. Dalam pernyataannya, doi bilang kalo doi udah menjalani masa hukumannya dan sekarang minta bimbingan dari masyarakat Indonesia. Meanwhile, Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) bilang bahwa pihaknya udah menerima aduan dari korban pencabulan yang dilakukan Saipul Jamil. Adapun sang korban merasa sedih dan sakit hati melihat Saipul mendapat sambutan yang rame banget pas bebas, dan hal itu melecehkan martabat korban.