Boikot Saipul Jamil di TV dan Youtube, Presiden Guinea Alpha Condé Dikudeta dan Diculik, PPKM Jawa Bali Level 2-4 Diperpanjang, Pemerintah Global Harus Tegas Dalam Menghadapi Perubahan Iklim

32

Hello

Rise and shine. It’s Tuesday, so if you feel like you need some extra boost of motivation, try this: smile. Smile as you are reading this, ear to ear. Smiling is proven to alter our brain’s emotional processing pathway, so we can feel happier. Or think of your crush. Now we’re smiling.


Who’s not welcomed after getting out of jail?

Saipul Jamil.
You gengs, berita yang lagi rame di negeri +62, kalian pasti udah tau dong soal stasiun TV Trans TV yang ngundang Saipul Jamil jadi guest star? Pas banget momennya sama doi yang baru aja keluar dari penjara karena kasus pencabulan terhadap anak. Gak cuma diundang ke Trans TV guys, pas doi keluar dari LP Cipinang juga momen tersebut ditayangkan di beberapa stasiun televisi lainnya. Gak tanggung-tanggung, doi ampe dipakein kalung bunga segala. Macem baru turun pesawat di Hawaii aja gitu gengs. Gara-gara ini, sampe muncul deh petisi buat ngeboikot Saipul Jamil dari semua acara televisi di Indonesia.

I need more background pls.
SureSoSaipul Jamil, yang merupakan penyanyi dangdut dan bintang film Indonesia ini pada bulan Februari tahun 2016 lalu ditetapkan sebagai tersangka kasus pencabulan anak. Waktu itu, doi melakukan pelecehan dan pemaksaan seksual kepada seorang anak di bawah umur.

WHAT??? 😠 Go on…
Setelah melewati proses hukum, akhirnya doi divonis hukuman tiga tahun penjara gengs. Terus dalam putusan banding, hukuman doi diperberat jadi 5 tahun penjara. Gak terima dengan penambahan masa hukuman ini, doi melalui kuasa hukumnya mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA). Tapi akhirnya, hukuman tersebut tetep jadi 5 tahun penjara.

Terus? Akhirnya sekarang doi keluar dari penjara?
Gak sampe situ aja kok guys. Doi juga terbukti menyuap panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara dengan uang sebesar puluhan juta rupiah. Oleh karenanya, hukuman penjara doi bertambah 3 tahun jadi total delapan tahun penjara. Namun kemudian, doi dinilai berkelakuan baik selama masa tahanannya, jadi dia menerima remisi sebanyak 30 bulan. Saipul Jamil kemudian keluar dari penjara tanggal 2 September 2021 kemaren.

Terus gimana tu ceritanya soal jadi guest star di TV?
Nah ini ni yang dipermasalahkan sama masyarakat gengs. Dari awal doi keluar penjara ni, perlakuan yang diterima kayak kalung bunga dan liputan stasiun tv, sampe diundang ke banyak program tv dan channel YouTube buat ceritain pengalaman lima tahun kemaren. Hal ini kemudian dinilai masyarakat nggak sensitif sama perasaan korban. Terlebih lagi, Saipul Jamil juga dicap sebagai pelaku pencabulan terhadap anak di bawah umur, dan makanya gak berhak disambut baik di tengah masyarakat lagi. Nah, Trans TV ngundang doi di acara Kopi Viral di hari Jumat tanggal 3 September 2021 kemaren. Dari sini makin nambah deh ni praharanya.

Nyimak ni min, lanjut.
Gak lama setelah tampil di situ, protes dari masyarakat makin santer terdengar, dan nggak lama kemudian muncul petisi untuk memboikot Saipul Jamil dari tayangan televisi gengs. Petisi yang tayang di change.org berjudul “Boikot Saipul Jamil Mantan Narapidana Pedofilia, Tampil di Televisi Nasional dan Youtube” ini udah ditandatangani lebih dari 400 ribu orang per kemarin. Trans TV sampe minta maaf ke audiensnya lewat akun Instagram resmi dengan bilang kalo mereka nerima banyak banget kritik dan masukan atas tayangan yang menampilkan mantan napi tersebut.

Terus terus?
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) juga akhirnya speak up ni gengs soal ini. Dalam akun Instagramnya, KPI meminta supaya stasiun-stasiun televisi untuk stop glorifikasi atau amplifikasi Saipul Jamil dalam isi siaran. Hal ini adalah respon dari viralnya petisi dan kritikan masyarakat, but then netijen be like… “Giliran udah viral aja baru direspons!”

Hem. Anyone got a say about this?
Yep. Ada Komnas Perlindungan Anak dan Perempuan ni yang bilang, bukan, bukannya kita mau menghalangi Saipul Jamil cari nafkah nih… Cuma kalo kayak doi gini yang abis dipenjara masih bisa berjaya di televisi, orang-orang bakal mikir, “Yhaaa gapapa lah kayak Saipul yang masuk penjara, ntar juga keluar lagi masih sama aja kayak sebelumnya.” Hal ini juga dianggap gak mikirin gimana perasaan korban ngeliat pelaku pelecehannya masih merajalela di televisi yang ditonton sama jutaan masyarakat Indonesia.

I see. Anything else?
Saipul Jamil sendiri udah minta maaf ni gengs terkait hal ini. Doi menyampaikan permintaan maafnya di acara Ngunduh Mantu yang tayang di ANTV. Dalam pernyataannya, doi bilang kalo doi udah menjalani masa hukumannya dan sekarang minta bimbingan dari masyarakat Indonesia. Meanwhile, Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) bilang bahwa pihaknya udah menerima aduan dari korban pencabulan yang dilakukan Saipul Jamil. Adapun sang korban merasa sedih dan sakit hati melihat Saipul mendapat sambutan yang rame banget pas bebas, dan hal itu melecehkan martabat korban.

Who just got booted?

Presiden Guinea Alpha Condé.

Tell me.
So, Presiden Guinea Alpha Condé ini baru aja dikudeta dan diculik oleh kelompok militer di negaranya pada hari Minggu tanggal 5 September 2021 silam. Hal ini karena doi mengganti konstitusi negara tersebut dengan merevisi aturan masa jabatan presiden dari 2 periode jadi boleh 3 periode. Militer Guinea mengumumkan penangkapan Condé di televisi nasional dan bilang kalo saat ini doi bukan lagi presiden.

Hmmm, I need more background.
Got it. SoGuinea adalah negara di Afrika Barat yang kaya akan sumber daya alam mineral, namun secara finansial masih termasuk salah satu negara termiskin di wilayah tersebut. Nah, setelah lepas dari jajahan Prancis di tahun 1958, Guinea kemudian selalu berada di bawah kepemimpinan kelompok sosialisme yang otoriter, dan pada pemilihan umum di tahun 2010, Condé menjadi presiden Guinea pertama yang “democratically elected”. Kemenangan doi awalnya dilihat banyak pihak sebagai fresh start.

Go on.
Tapi, hal tersebut gak bertahan lama gengs. Di tahun 2011, para oposisi menilai kalo Condé gagal meningkatkan perekonomian warganya yang masih terus berada di garis kemiskinan, despite being very rich in mineralsAgainst all odds, doi menang lagi di tahun 2015 dan bakal jadi presiden sampe tahun 2020. FYI, konstitusi awal dari Guinea adalah membatasi masa jabatan presiden jadi dua periode. Nah, kan pemilunya bakal digelar pada Oktober 2020 neh, terus Condé kemudian mengubah konstitusi jadi boleh tiga periode pada Maret 2020. Jadi deh doi bisa running lagi di pemilu Oktober.

Ampun dije. Terus, tetep menang?
Teteup guys. Terkait kejadian ini, banyak warga Guinea yang turun ke jalan dan protes pas doi reelected di 2020. Aksi protes ini kemudian diredam dengan senpi oleh militer Guinea dan menyebabkan belasan korban jiwa dan ratusan orang luka-luka. Masyarakat dan pihak oposisi juga banyak yang protes ni karena Condé dinilai haus kekuasaan, dan masih mau menggelar pemilu di tengah pandemi kayak gini. Oposisi juga bilang bahwa kalo kemenangan doi di tahun 2015 dan 2020 fix banyak curangnya, karena kerja aja gak bener kok bisa kepilih lagi, gitu ceunah.

Terus akhirnya gimana kok sekarang dikudeta?
Nah jadi, pas banget minggu lalu kabinet Condé abis melakukan voting soal peningkatan anggaran “presidensial”, tapi pengurangan anggaran di pembiayaan pegawai negeri dan personel keamanan. Pemimpin kudeta Special Forces Commander Kolonel Mamadi Dombuya akhirnya ngumumin ke televisi nasional kalo militer Guinea mengkudeta Condé dalam rangka mengembalikan demokrasi ke tangan rakyat. Condé yang dinilai melakukan penyalahgunaan kekuasaan dan hal ini merugikan masyarakat Guinea, dan kini masyarakat diminta menunggu buat update berikutnya.

What now?
Terus, para menteri di kabinet Condé diminta buat ketemu sama militer yang melakukan kudeta kemarin, untuk membahas soal transisi kekuasaan. Selain itu, as for now, militer minta posisi kementerian di kabinet Condé digantiin sama Sekjen Guinea, dan para gubernur di berbagai wilayah tersebut diganti sama pihak militer. Sekarang, jalur darat dan laut ditutup total dan curfew mulai berlaku buat seluruh warga Guinea sampe waktu yang gak dipastikan.

What about the Guineans?
Banyak dari warga Guinea yang malah melakukan selebrasi atas dikudetanya Alpha Condé gengs. Mengingat banyaknya protes dari masyarakat ke kepemimpinan doi, masyarakat emang gak suka sama Condé. Youssouf Bah, salah satu jurnalis di sana, bilang ke media kalo di sini gak ada kudeta, karena rakyat hepi ni Condé akhirnya turun dari jabatannya. Hal ini juga dirasakan sama many Guineans.

Does anyone have a say in this?
Yep. Tentunya dunia internasional mengecam keras aksi kudeta militer ini. Sekjen PBB António Guterres bilang kalo PBB mengutuk pengambilalihan kekuasaan yang menggunakan senjata dan kekerasan, termasuk yang terjadi di Guinea ini. Gak cuma PBB yang secara terbuka mengecam aksi ini, tapi US juga ni gengs. Terus, ada The Economic Community of West African States (ECOWAS) yang bilang bakal memberikan sanksi kepada negara anggotanya ini kalo konstitusi gak segera dikembalikan ke masyarakat sipil.

I see. Anything else?
FYI, Kolonel Dombuya sendiri sebenernya merupakan anak buah Condé, di mana doi ini ditempatin di special force sama Condé sendiri yang tugasnya emang melindungi presiden. Makanya, Profesor Sejarah dan Ilmu Politik Delaware State University Akwasi Osei bilang ni kalo percuma kalo ECOWAS mau ngasih sanksi, karena tindakan militer ini didukung banget sama masyarakat Guinea sendiri. Oleh karenanya, dialog terbuka harus banget dilakuin sama ECOWAS dan organisasi negara-negara di kawasan tersebut buat buka jalan ke solusi terbaik.

Lesson learned: 2 terms is good. 2 terms is enough. Take 2 terms.


What’s longer than your eyelash extension?

PPKM Jawa Bali.
Resmi guysPPKM Jawa Bali level 2-4 bakal diperpanjang lagi sampe tanggal 13 September 2021 mendatang. Unlike PPKM sebelumnya, sekarang Yogyakarta udah ikutan turun ke level 3 ni. Meanwhile, Bali masih berada di level 4. Kalo kata Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan, hal ini karena tingkat keterisian rumah sakit di Bali masih tinggi, dan kemungkinan masih butuh waktu seminggu buat nurunin level PPKM di Bali.
 
Any changes?
Yep, ada beberapa pelonggaran di PPKM kali ini gengs. Dine in udah boleh sejam dan kapasitasnya 50%. Selain itu, bakal ada ujicoba pembukaan 20 tempat wisata ni di wilayah PPKM level 2. Jadi, tempat wisata tadi udah boleh dikunjungi oleh masyarakat dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan penetapan prokes yang ketat.
 
I see…
Yep. Lebih jauh Opung Luhut juga bilang bahwa since pemerintah meyakini bahwa covid-19 ini gak bakal ilang dalam waktu yang cepat, maka dilakukan deh penyesuaian agar kita bisa hidup berdampingan sama covid. Terus, penyesuaian ini juga dilakukan secara bertahap selama perpanjangan PPKM terus berlangsung.
 
OK…

Selain itu, pelonggaran ganjil genap di DKI Jakarta juga dilakukan ni gengs menyusul perpanjangan PPKM ini. Adapun bentuk pelonggarannya adalah petugas gak bakal berjaga di mulut kawasan, tapi yha cukup dengan menempatkan beberapa anggota aja, di bundaran Senayan, Semanggi, kemudian di bundaran Patung Kuda. Meski begitu, Polda Metro memastikan bahwa pelanggar aturan Gage ini bakal tetap ditindak baik oleh tilang manual maupun e-TLE.

 
I also heard something about free night?

Oh yea, that, too. Jadi, Polda Metro Jaya juga bakal menerapkan Crowd Free Night di akhir pekan selama PPKM di empat titik yaitu Thamrin-Sudirman, Asia-Afrika, SCBD, dan Kemang. Artinya, dari jam 20.00 – 00.00 petugas bakal berjaga di wilayah tersebut, dan pukul 00.00 – 04.00 jalanan tersebut ditutup untuk masyarakat kecuali untuk keperluan mendesak.

Got it.
Nah, kalo untuk perjalanan keluar daerah, aplikasi PeduliLindungi masih wajib dipakai gengs. Selain itu, penerbangan udara dan darat wajib nunjukin hasil tes PCR/antigen negatif covid-19 dan sertifikat vaksin minimal dosis pertama. Tapiii, dilaporkan sih, saat ini banyak warga yang terbang ke Bali karena tes PCR dan antigen udah turun harga, despite the fact Bali masih menjalani PPKM level 4 dari sebelumnya hingga periode ini.

I see. Anything else?
In a not-really-unrelated newsHolywings Kemang yang kemaren rame gara-gara digrebek TNI-Polri karena melanggar prokes akhirnya sanksinya ditambah ni gengs. Tadinya tempat hiburan malam ini cuma kena sanksi tutup selama tiga hari aja, dan hal ini banyak dikritik sama masyarakat soalnya gak adil sama hukuman denda jutaan rupiah yang dikasih ke pedagang kaki lima. Sekarang, sanksinya jadi denda 50 juta rupiah dan izin usahanya dibekukan selama PPKM.


Who’s just make a strong call on climate change?

More than 200 journals worldwide.
Iya guys, jadi kemarin, ada lebih dari 200 publikasi jurnal kesehatan di seluruh dunia yang kompakan untuk mempublikasikan tulisan editorial yang mendesak pemerintah negara-negara global untuk mengambil langkah tegas dalam menghadapi perubahan iklim dan melindungi kesehatan publik. The British Medical Journal (BMJ) bilang bahwa ini adalah yang pertama kalinya jurnal-jurnal tadi membuat seruan yang serupa, dan menunjukkan bahwa emang suasananya udah genting banget ni guys.
 
Dalam tulisan editorialnya, para editor jurnal ini menyerukan agar para pemimpin dunia bekerjasama untuk memastikan kenaikan suhu global tetap berada di bawah 1.5C. Terus, mereka juga bilang bahwa “Dunia kesehatan udah terdampak dengan naiknya tempratur global, karena hal ini juga menyebabkan kerusakan alam dan hilangnya biodiversitas. Karena itu, walaupun saat ini dunia tengah berjuang melawan covid19, namun kita nggak bisa menunggu pandemi berakhir untuk bisa mulai mengurangi produksi emisi gas. Lebih jauh, editorial itu juga bilang bahwa “Ancaman terbesar bagi kesehatan masyarakat global adalah ketidakmampuan para pemimpin dalam memastikan kenaikan tempratur di bawah 1.5C. Karenanya, ini udah urgent banget nih, bahwa harus ada perubahan demi terwujudnya dunia yang lebih adil dan sehat,”. Finally, in their words:  “We, as editors of health journals, call for governments and other leaders to act, marking 2021 as the year that the world finally changes course.”
 
FYI guys, tulisan editorial ini emang sengaja dipublish sebelum sidang umum PBB dan the Cop26 Climate Summit di Glasgow, Skotlandia November mendatang.

“Masih terus bekerja serius mencari keberadaannya baik di dalam maupun di luar negeri,”

Gitu guys kata Pelaksana Tugas (PLT) Jubir Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri kemarin, pas ngejelasin bahwa lembaganya lagi terus berupaya mencari buron Harun Masiku, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Adapun pernyataan ini disampaikan Ali Fikri sebagai respons dari pernyataan penyidik KPK nonaktif Ronald Sinyal, yang bilang bahwa tersangka kasus dugaan suap asal PDIP itu ada di Indonesia pada Agustus kemarin.

The answer to every “Mana pacarnya?” questions…

Announcement


Thanks to Rekan Pembaca for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

Since we’re still new to September, why don’t we check some horoscope? Calling all Virgos/Libras…

Angel’s Stories

1. Dikasih sesuatu oleh temen kerja yg udah lama banget jarang ngobrol karena pindah divisi. Saat ketemu dia masih ingat kesukaan ku dan kasih sesuatu itu rasa senengnya bener-bener seneng. Terima kasih orang baik, sehat selalu ya.
-Anonymous-
 
2. Hi, min. Aku mau curhat dan berterima kasih sama Na Jaemin. Jadi Agustus kemarin kerjaan lagi buaaanyak banget, beneran gak abis-abis selama sebulan. Capek dan mumet banget dah pokoknya gak ngerti. Tapi capek dan mumetnya hilang setelah nonton konten Jaemin. Di sini ada yang tau Jaemin? Ya betul, member NCT Dream. Nonton konten mereka tuh healing banget, it helps me A LOT. Terima kasih kepada Jaemin dan teman-teman sudah menemani aku lembur selama sebulan.
-Czennies-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)