Badai Ida Terjang Wilayah Northeast AS

27

What’s causing flood in New York?

Ida Hurricane.
Yep guys, ternyata Badai Ida yang menerjang wilayah pesisir Louisiana minggu lalu akhirnya sampe juga ke wilayah northeast kayak New York, New Jersey, Pennsylvania dan Connecticut hari Rabu malam waktu setempat. Akibatnya, hujan deras dan banjir bandang terjadi di wilayah tersebut, dan sampe berita ini ditulis, jumlah korban jiwa akibat badai ini bertambah menjadi 67 jiwa.
 
Oh no… 🙁
Sebagai wilayah yang paling terdampak di New York City, banyak penduduk kelas menengah ke bawah dan/atau imigran yang bermukim di Queens terkena banjir dan harus hidup tanpa listrik. At least ada 11 orang yang meninggal karena terjebak banjir di apartemen bawah tanahnya. Terus, hampir semua jalur kereta di NYC gak beroperasi karena tertutup banjir. Selain itu, daerah Midtown juga tergenang air gengs.
 
I heard this is the first time New York kebanjiran?
Yoi, unlike Jakarta yang udah jadi langganan banjir tiap musim penghujan, ini pertama kalinya New York City terdampak banjir bandang. As a result, NYC kemudian menerapkan status menjadi flash flood of emergency hari Kamis pagi minggu lalu. Terus, Presiden Amerika Serikat Joe Biden juga bilang bahwa doi bakal mengunjungi New York dan New Jersey to assess the damage. Segitu parahnya gengs.
 
OMG 🙁
Terkait bencana ini, banyak warga AS yang kzl sama pemerintahnya karena dianggap lamban dalam menangani bencana. Apalagi, sebenernya sebelumnya udah diperkirakan ni abis dari Louisiana, badai Ida bakal mengarah ke wilayah Northeastern aka New York, New Jersey, dan sekitarnya tadi. Tapi, pemerintah dianggap belom cukup tanggap, dan hal ini terbukti dengan adanya korban jiwa. Selain itu, banyak juga yang beranggapan kalo banjir di New York yang parah ini menggambarkan betapa tuanya infrastruktur di sana dan emang udah butuh direnovasi.
 
Go on.
Direktur Eksekutif Center for an Urban Future Jonathan Bowles bilang kalo infrastruktur New York yang udah tua banget ini gak tahan menghadapi hujan yang terjadi selama beberapa jam doang. Udah gitu ditambah dengan populasi New York yang berkembang pesat dalam beberapa dekade belakangan. And of course dengan bintang utama dari ini semua: climate crisis. Isu ini akhirnya makin jadi perhatian para pejabat di US ni guys, termasuk Wali Kota New York City Bill de Blasio dan Gubernur New York Kathy Hochul, dan mereka akhirnya bilang bakal mendorong pejabat lainnya buat makin fokus ke isu climate crisis ini.
 
🙁 Anything else?
While wilayah Northeast menghadapi banjir bandang akibat Badai Ida, wilayah pesisir barat US juga menghadapi cuaca ekstrim dalam bentuk wildfire. Iya, belom kelar-kelar juga guys… Para damkar lagi berusaha memadamkan api di negara bagian California yang udah membakar lebih dari 200 ribu hektar wilayah di sana, termasuk destinasi wisata populer Lake Tahoe. Kebakaran hutan ini bahkan lebih parah daripada summer tahun lalu.