Amerika Serikat Melonggarkan Aturan Larangan Berkunjung Dari Luar Negeri

25

When you’ve been wanting to visit the Statue of Liberty…

You can. Soon.
Karena baru aja nih Amerika Serikat mengumumkan kebijakannya untuk melonggarkan aturan larangan berkunjung buat para pelancong dari luar negeri.
 
Whoaa really?
Yep. Jadi kata White House Covid-19 Responses Coordinator Jeff Zients Senin kemarin, para pelancong yang bakal masuk ke AS cuma bakal diminta bukti bahwa mereka udah fully vaccinated alias menerima dosis kedua vaksin covid-19. Rencananya, aturan ini akan diberlakukan per November nanti, jadi hal ini ngasih banyak waktu buat agen perjalanan dan industri penerbangan untuk adjusting sama aturan baru.
 
Sounds good…
Yep, kebijakan ini tentunya bakal jadi kabar gembira buat para warga negara Amerika Serikat yang tinggal di luar negeri dan udah lama nggak pulang kampung dan ketemu keluarganya karena pandemi. Selain itu, kebijakan ini juga disebut banyak ahli bakal bisa memperbaiki hubungan AS dengan beberapa negara yang lagi tegang.
 
HAH tegang gimana?
Yha karena emang sebelum aturan ini diumumkan, pemerintahan Biden cuma membolehkan perjalanan dari luar negeri bagi mereka yang punya kepentingan buat sekolah atau kerja di AS. Selain itu, untuk warga Uni Eropa, perjalanan yang diperbolehkan hanya yang essential aja, hingga hal ini bikin bete para pemerintah di sana, secara jumlah kasus udah berkurang jauh dan angka vaksinasi di Eropa kan udah tinggi.
 
I see…
Nah selain Uni Eropa, aturan ini juga disebut bakal menurunkan tensi antara China dan AS, apalagi kalo AS sampe menerima atau meng-approve vaksin buatan China. Hal ini tentunya akan meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara, karena warga China yang mau bisnis jadi udah bisa lagi nih, berkunjung ke AS. However, keputusan untuk meng-approve vaksin ini masih di tangan badan obatnya AS aka CDC ya gengs.
 
Terus-terus, gimana ketentuan lengkapnya sekarang?
Well, sekarang, orang-orang yang fully vaccinated diwajibkan buat menunjukkan hasil tes PCR covid negatif kira-kira tiga sampe lima hari sebelum naik pesawat. Terus, setelah sampai di US, mereka juga bakal dites lagi. Kalo negatif, fully vaccinated visitors bebas ke mana aja di AS tanpa perlu menjalankan karantina wajib.
 
Got it. Anything else?
Well, FYI guys bahwa orang Amerika yang nggak divaksin bakal menghadapi aturan tes yang lebih ketat, dan termasuk tes pas baru nyampe dan pas mau pulang. Selain itu, Pemerintah AS juga menegaskan bahwa mereka bakal tetap memaksimalkan antisipasi penyebaran virus corona dengan testing, contact tracing, dan masking.