70% Orang Dewasa di Uni Eropa Sudah Menerima Vaksin

29

When it’s finally good news about covid-19…

Yoi gengs, berita baik ini dateng dari Benua Eropa. Jadi, Uni Eropa baru aja ngumumin bahwa 70 persen orang dewasa di wilayahnya udah fully vaccinated, alias udah menerima vaksin dosis pertama dan keduanya against covid-19.
 
Whoaaa. Tell me more about it.
Sure. Jadi, Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen pada tanggal 31 Agustus 2021 lalu baru aja ngumumin nih bahwa 70 persen masyarakat usia dewasa di Eropa udah menerima dosis pertama dan kedua vaksin covid-19. Di official statement-nya di akun Twitter, doi bilang kalo Eropa harus terus melanjutkan tren vaksinasi covid ini, dan doi juga meminta supaya makin banyak orang divaksin lagi, dan gak cuma di Eropa aja.
 
I see.
Lebih jauh, Von der Leyen juga bilang bahwa 70% itu adalah more than 250juta orang warganya. Menurutnya, pencapaian ini keren banget, dan menunjukkan bahwa selama bekerja sama, tentunya tujuan tersebut bisa tercapai. Meski begitu, dia juga bilang bahwa warga teteup perlu hati-hati karena pandeminya belum selesai dan warga harus buru-buru divaksin untuk menghindari resiko penyebaran dan munculnya varian baru *God, no*
 
Nice. Tell me again how did they get there?
Well, jadi emang pada Juli lalu, Von der Leyen udah ngumumin bahwa regionalnya udah melakukan vaksinasi dosis pertama terhadap 70% orang dewasa, dan udah ada 57%-nya udah fully vaccinated. Abis itu, program vaksinasi terus digalakkan dengan target 70% mencapai fully vaccinated ini pada akhir musim panas, which is yaa tercapai targetnya.
 
Whoaaa…
Nah, percepatan vaksinasi ini juga gak lepas dari concern WHO buat Uni Eropa yang menyampaikan bahwa kalo program vaksinasinya lambat, maka kemungkinan bakal ada tambahan korban meninggal akibat covid-19 sebanyak 236 ribu di benua tersebut per awal Desember nanti. Menurut WHO, di Uni Eropa juga ada gap vaksinasi yang lebar ni guys, antar negara, kayak ada negara yang angka vaksinasinya tinggi, tapi ada yang masih rendah.
 
We’re talking about…
Well, negara-negara yang udah mulai signifikan program vaksinasinya di antaranya adalah 72,5% di Prancis, 70,6% di Jerman, 76,6% di Spanyol, dan 85,5% di Irlandia. Meanwhile, negara-negara yang masih rendah adalah Bulgaria (20%), Romania (32,8%), Slovakia (49%) dan Polandia (58,1%).
 
Got it. Anything else?
Yang terbaru, Uni Eropa juga baru aja nge-drop nama Amerika Serikat dari daftar covid-safe travel list, yang artinya bakal ada aturan yang lebih ketat buat para pengunjung ke Uni Eropa dari AS. Adapun aturannya yha mereka jadi wajib tes covid19 dan harus karantina. Gak cuma US yang kena, tapi Israel, Kosovo, Libanon, Montenegro, dan North Macedonia juga mendapatkan kebijakan yang sama. Meanwhile, sejauh ini ada 17 negara yang masuk safe travel list-nya Uni Eropa, beberapa di antaranya adalah Kanada, Jepang, dan Selandia Baru.