7 Calon Hakim Agung Akan Segera Menjabat

21

Who’s just got a new job?

Tujuh orang hakim agung. 

Yoi guys, ada yang baru aja menyelesaikan proses seleksi menuju puncak ni. Bukan, bukan ajang pencarian bakat tahun 2000-an itu, tapi calon hakim agung. Jadi, dalam rapat DPR kemarin, udah terpilih tujuh calon hakim agung yang bakal segera menjabat.

Whoaaa, go on.
Yep, jadi untuk menyeleksi para hakim ini, Komisi III DPR RI yang emang ngurusin hukum, HAM, dan keamanan kemudian menggelar Fit and Proper Test (FPT) sejak Senin kemarin selama seharian penuh untuk menguji para kandidat. Adapun FPT ini diikuti oleh 11 nama calon hakim agung yang diusulkan oleh Komisi Yudisial (KY). Dari 11 nama itu, ada delapan orang untuk calon hakim agung kamar pidana, dua untuk calon hakim agung kamar perdata, dan 1 untuk calon hakim agung kamar militer.
 
Who are they?
Well, dari kesebelas nama tersebut, akhirnya kemaren terpilih lah tujuh orang ni guys. Dari kamar pidana ada lima orang, termasuk di antaranya Dwiarso Budi Santiarto yang merupakan hakim yang memvonis mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersalah dalam kasus penistaan agama. Itu loh guys yang dulu sempet rame itu. Terus ada Haswandir sebagai satu-satunya calon hakim agung kamar perdata, dan Tama Ulinta Br Tarigan sebagai calon tunggal hakim agung kamar militer.
 
I see. Anything interesting about it?
Ada banyak ni gengs. Salah satunya adalah dari Yohanes Priyana yang disebut melakukan plagiarisme dalam makalah yang dibuatnya. Jadi, ada anggota Komisi III DPR RI bernama Ichsan Soelistio yang bilang kalo makalah yang dibikin Yohanes ini gak ada footnote, makanya terindikasi plagiarisme. Tapi, Yohanes sendiri gak sempet menjawab dugaan tersebut soalnya waktunya udah abis buat jawab pertanyaan lain.
 
Uhm…
Terus juga ada ni mantan calon hakim agung Suradi yang bilang kalo menurut dia, hukuman mati itu gak melanggar HAM untuk pelanggar kasus pidana berat. Selain itu, ada juga ni Hakim Suharto yang lolos ke tujuh besar sebagai calon hakim agung kamar pidana setelah empat kali daftar. Doi pertama kali daftar di tahun 2017, dan akhirnya baru lolos ke babak-babak terakhir di tahun ini.
 
Did anyone say anything about this?
Yep, Mahkamah Agung (MA) sebagai lembaga peradilan yang bakal jadi tempat ngantor para hakim agung tadi menyambut baik hasil tersebut. Meski sebenernya, kata jubir MA Andi Samsan Nganro sih, mereka mintanya tambahan hakim baru sebanyak 13 orang. Hal ini karena udah ada hakim yang pensiun maupun meninggal dunia. Yha tapi gpp, nambah tujuh juga udah syukur. Gitu katanya.
 
I see. Anything else?
Setelah resmi dipilih oleh Komisi III DPR RI, ketujuh nama hakim baru ini kemudian disahkan di rapat paripurna yang berlangsung kemarin guys. Abis itu, nama-nama ini akan ditetapkan oleh presiden, dan mereka udah bisa resmi ngantor deh, di MA. FYI, hakim agung gak punya masa jabatan gengs. Hal ini karena periodisasi jabatan hakim agung belum dinilai perlu. Jadi sampe sekarang, hakim agung menjabat sampai usia pensiun di umur 70 tahun untuk menjamin independensi Mahkamah Agung.