UNESCO Beri Peringatan Kepada Kelompok Taliban

33

Who’s getting their eyes on Taliban?

UNESCO.
Karena baru aja Kamis tanggal 19 Agustus kemaren ni guys, UNESCO ngasih warning ke Taliban yang baru aja mengambil alih kepemimpinan di Afghanistan. Warning apa tu? Nah, UNESCO bilang ke Taliban, “Plz jangan rusak artefak-artefak bersejarah lagi guys, kayak yang u lakukan dulu di tahun 2001.”
 
As a refresher, pada tahun 2001 sebelum Taliban ditumbangkan oleh invasi milter AS, Taliban menghancurkan salah satu pahatan patung Budha bersejarah terbesar dari abad keenam yang terletak di lembah Bamiyan, Afghanistan. Akhirnya, UNESCO bikin program bareng Kementerian Dalam Negeri Afghanistan pada tahun 2004 untuk melindungi situs-situs di Provinsi Logar dan Kapisa, di mana di situ juga ada the Minaret and Archaeological Remains of Jam sebagai salah satu World Heritage yang diawasi oleh UNESCO.
 
Balik lagi ke peringatannya minggu lalu, jadi dalam keterangannya, UNESCO bilang bahwa berbagai artefak dan peninggalan sejarah yang ada di Afghanistan merupakan identitas dan catatan peradaban yang tentunya penting sebagai identitas nasional negara. Makanya, kerusakan atau kehilangan atas situs sejarah bakal ngaruh banget sama prospek perdamaian dan kemanusiaan di sana.