Tokyo 2020 Paralympic Games Resmi Digelar

31

Habis Olympics, terbitlah Paralympics.

Yoi gengs, acara olahraga Tokyo 2020 Paralympic Games resmi digelar kemaren banget ni. Acara ini bakal berlangsung mulai tanggal 24 Agustus 2021 sampe 5 September 2021 mendatang.
 
Update me.
You got it. So, first thing first, Paralimpiade adalah ajang lintas cabang olahraga yang diikuti oleh atlet difabel. Biasanya, Paralimpiade digelar setelah Olimpiade selesai dan di kota yang sama juga. Acara ini juga diadakan empat tahun sekali di tahun yang sama dengan Olimpiade.
 
Seru banget!! Indonesia ikutan gak?
Pastinya dong. Indonesia mengirimkan 23 atlet difabel dari tujuh cabang olahraga yaitu atletik, badminton, tenis meja, renang, balap sepeda, powerlifting, dan menembak. Salah satu atlet yang turun mewakili Indonesia adalah Jaenal Aripin di cabang atletik. Doi merupakan peraih dua medali perak dan satu medali perunggu di ajang ASEAN Para Games 2017.
 
Terus, kemaren udah opening ceremony?
Udah guys. Upacara pembukanya gak kalah seru juga, ada banyak atraksi mulai dari marching band, penari dengan pakaian neon, musisi yang memainkan banyak alat musik, dan lain-lain. Di Paralimpiade tahun ini, ada lima negara yang debut ikutan ajang olahraga ini yaitu Bhutan, Grenada, Maldives, Paraguay dan St. Vincent and the Grenadines.
 
Whoaaa. Eh tapi kan lagi covid terus gimana?
Nah selain yang debut tadi, banyak juga ni negara-negara yang memutuskan buat gak ikutan tahun ini, jumlahnya 21 negara to be more exact. Alesannya macem-macem gengs, mulai dari gak ada atlet yang qualified, kehamilan, but mostly ya karena covid dan negaranya lagi lockdown. Tapi ada juga ni yang ikutan Paralimpiadenya tapi gak ikutan opening ceremony kemaren. Contohnya kayak New Zealand, di mana mereka mutusin buat sit this one out karena khawatir sama keamanan para atletnya.
 
Kenapa tu?
Soalnya sejauh ini udah ada 161 kasus yang berkaitan sama ajang Paralympics ni gengs, mostly di para staf dan kontraktor, dan 6 kasus kena di atletnya yang tinggal di Paralympic village. Pihak penyelenggara udah berjanji ni mereka bakal ningkatin pelaksanaan protokol kesehatan dan testing secara terus menerus supaya semuanya bisa aman.
 
Got it. Anything else?
FYI, peserta Paralympics tahun ini meningkat dibanding yang digelar di Rio, Brasil tahun 2016 silam loh gengs. Jumlahnya meningkat 3 partisipan jadi 162. Considering ini lagi in the middle of global pandemic, peningkatan ini bisa dibilang signifikan. Selain itu, Afghanistan juga batal ikutan Paralimpiade karena penerbangan dari Kabul dibatalkan semua. Meski begitu, bendera Afghanistan tetep diikutsertakan pas opening kemaren sebagai bentuk solidaritas atas apa yang negara ini baru alami with the Taliban and everything.