Pro dan Kontra Cat Merah Putih Pesawat Kepresidenan RI

54

Merah putih teruslah kau berkibaaar~~ di pesawat kepresidenan~~~

You sing, you lose! 
Masuk bulan Agustus gini, emang pastinya si merah-putih udah mulai keliatan di mana-mana, termasuk juga di… pesawat kepresidenan.
 
Eh gimana?
Ini ni guys yang lagi rame. Pesawat Kepresidenan I aka pesawatnya Pak Pres Jokowi baru aja ganti cat dari yang tadinya warna biru langit jadi warna merah putih. Adapun biaya penanganannya diperkirakan sebesar Rp2 M. Nah, dari sini muncul pro dan kontra deh.
 
Pro dan kontra kenapa?
Soalnya netijen and people were like, “U serious di tengah pandemi gini malah ngeluarin duit buat cat pesawat???” gitu. Contohnya ada peneliti Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Gunardi Ridwan yang bilang kalo hal ini bikin pemerintah pusat keliatan gak konsisten. Soalnya, selama ini mereka selalu minta ke daerah buat sensitif dalam penggunaan anggaran. Eh sendirinya malah cat-cat pesawat wae. Terus pengamat penerbangan Alvin Lie juga bilang bahwa yhaa lagi begini masih aja foya-foya…
 
Well, I believe the government has a say…
Yoi. Kalo penjelasan dari pemerintah yang disampaikan sama Kepala Kesekretariatan Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono sih, katanya ganti cat ini dalam rangka perayaan HUT RI ke 76. Makanya warna yang dipilih adalah merah putih, soalnya warna bendera kita gitu. Selain itu juga, cat baru ini merupakan bagian dari proses pemugaran pesawat pak pres yang usianya emang udah 7 tahun.
 
OK. Now tell me more about the color. 
Nah jadi soal warna ini juga lumayan disorot guys, salah satunya oleh pengamat dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi. Menurut Fahmi, penggantian warna cat pesawat ini malah sebenernya mengabaikan keselamatan presiden karena warnanya yang ngejreng itu. FYI guys, sebelumnya kan warna pesawat yang dibeli jaman SBY ini adalah warna biru langit dan di-design sama desainer dari TNI AU. Alasan pemilihan warna tersebut adalah biar lebih gampang kamuflase sama warna langit. Sedangkan, warna merah putih yang ngejreng ini justru disebut bakal bikin pesawat pak pres jadi easy target buat musuh.
 
Rite. 
Selanjutnya Fahmi juga ngasih contoh kayak pesawat pimpinan negara US dan China yang warna biru langit juga dengan alasan keamanan, meskipun warna benderanya didominasi sama warna merah. Terus juga Inggris yang warna pesawatnya abu-abu dengan tujuan kamuflase. Jadi kalo tujuannya lebih ke identitas negara, bisa banget lho ditaronya kecil aja di ekor pesawat yang gak compromise keselamatan presiden.
 
Ok…
Nah balik ke permasalahan anggaran yang gede banget itu buat cat pesawat, everyone is asking a lot of questions. Contohnya dari Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Kamrussamad yang mau nanya ke Kementerian Keuangan apakah cat pesawat presiden masuk anggaran prioritas apa gak. Terus, dari Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera yang bilang kalo Komisi II DPR RI bakal manggil Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno buat minta kejelasan rincian dari ganti cat pesawat ini.
 
Hmmm kalo dari pihak presiden sendiri ada pembelaan ga?
Dari berbagai pihak di sekitarnya si gengs. Kayak Wakil ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani yang bilang “jangan heboh dehhh” soalnya kata doi gak semua dana dialokasiin buat covid. Terus juga Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin yang bingung kenapa banyak komentar soal perawatan pesawat yang cuma dilakuin tujuh tahun sekali itu.