PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 9 Agustus 2021

29

Kalo Olivia Rodrigo mau perpanjang driver’s license, Indonesia mau perpanjang….

PPKM Level 4.
Yescalling all couch potatoes yang mungkin happy, atau mungkin juga udah bosen banget, karena hari Senin tanggal 2 Agustus kemarin, pemerintah baru aja ni ngumumin kalo PPKM level 4 bakal diperpanjang. Yep, extension udah 3 kali ni guys, udah kayak bulu mata kamu aja yha. Xixixixi.
 
OMG. Sampe kapan perpanjangannya?
Sampe tanggal 9 Agustus 2021 nanti. Jadi sebelumnya, PPKM Level 4 abis diperpanjang juga dari 25 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021, setelah pertama kali diterapkan dari tanggal 20-25 Juli 2021. Kalo kasus harian covid-19 menurun, pemerintah rencananya bakal nurunin level PPKM ke level 3. Namun ternyata kemaren, Pak Presiden Jokowi bilang bahwa PPKM level 4 masih diperpanjang, khususnya di wilayah Jawa-Bali.
 
Kok diperpanjang terus?
Iya gengs, soalnya pemerintah menilai kalo lonjakan covid-19 terutama di Jawa-Bali belum mengalami penurunan yang signifikan. Kemarin aja, Indonesia masih mengalami penambahan kasus harian sebanyak 33.900, setelah sehari sebelumnya terjadi penambahan sekitar 22 ribuan kasus. Awalnya, pemerintah menetapkan PPKM Mikro Darurat dari tanggal 3 – 20 Juli 2021 di Jawa Bali, dan 12-20 Juli 2021 untuk wilayah di luar Jawa Bali. Setelah itu, muncul deh istilah PPKM Level 1-4 yang kita gunakan saat ini.
 
Ok… Anything new?
Not really. Cuma ada beberapa daerah di Jawa Bali yang udah mulai memberlakukan PPKM Level 3, turun 1 level dari sebelumnya. Contohnya kayak Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kabupaten Lebak di Provinsi Banten. Nah terus, satu-satunya wilayah yang dilabeli PPKM Level 2 di wilayah ini ada Kabupaten Tasikmalaya di Jawa Barat. Meanwhile, semua wilayah di Provinsi DKI Jakarta, Yogyakarta, dan Bali menjalani PPKM Level 4.
 
Kalo peraturannya gimana? Masih makan ala ospek ni?
Makan durasi 20 menit, u mean? Masih guys kalo itu. Sebenernya sebagian besar masih sama aja kok kayak kemarin-kemarin. Contohnya, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online dan bisnis sektor non esensial masih WFH 100%. Cuma ada satu aturan yang dibedakan dari PPKM Level 4 sebelumnya, yaitu pasar tradisional yang tadinya cuma boleh buka sampe jam 15.00, diperpanjang jadi 20.00 waktu setempat.
 
Terus kalo mau melakukan perjalanan?
Teteup. Semua dokumen-dokumen buat melakukan perjalanan naik kendaraan umum juga masih dibutuhkan. Contohnya kalo kamu karyawan perusahaan sektor esensial atau kritikal, kamu wajib punya Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) buat naik KRL, atau dokumen pendukung lainnya kayak surat keterangan dari bos kamu kalo kamu emang harus masuk kantor. Atau kalo kamu mau ke rumah sakit untuk urusan pengobatan, persalinan, duka cita, dan lain-lain, kamu juga wajib punya surat keterangan dari rumah sakit yang bersangkutan kalo mau naik KRL.
 
What about wilayah di luar Jawa-Bali?
Ada 21 Provinsi yang masih ngelanjutin PPKM Level 4. Provinsi-provinsi ini juga ikutan diperpanjang karena masih mengalami lonjakan kasus harian positif guys. Contohnya kayak Provinsi Sulawesi Tengah, Riau, Sumatera Utara, Gorontalo, dan Kalimantan Barat yang merupakan lima provinsi dengan kasus harian positif tertinggi di luar Jawa-Bali.
 
Got it. Anything else?

Selain ngumumin soal perpanjangan PPKM, kemarin Pak Jokowi juga menjelaskan tentang percepatan penyaluran bantuan buat warga yang terdampak PPKM level 4. Nah, berikut adalah daftar bantuan dari pemerintah buat kita-kita:

  1. Kartu Sembako untuk 18,8 juta KPM;
  2. Kartu Sembako PPKM untuk 5,9 juta KPM Usulan Daerah;
  3. Perpanjangan Bantuan Sosial Tunai (BST) selama 2 bulan untuk 10 juta KPM;
  4. Subsidi Kuota Internet 5 bulan (Agustus – Desember 2021) untuk 38,1 juta Penerima;
  5. Diskon Listrik selama 3 bulan (Oktober – Desember 2021) untuk 32,6 juta pelanggan;
  6. Bantuan Rekening Minimum Biaya Beban/Abonemen selama 3 bulan (Oktober – Desember 2021) untuk 1,14 juta pelanggan;
  7. Tambahan Kartu Pra-kerja Rp10 triliun untuk 2,8 juta orang dan Bantuan Subsidi Upah Rp8 triliun untuk 8 juta orang;
  8. Bantuan Beras 10 kg per kepala untuk 28,8 juta KPM.
Got it. Anything else?
Nah guys, kalo kamu tinggal di DKI Jakarta, maka kata Gubernur Pak Anies Baswedan, aturan PPKM 4 masih sama aja. Tapi kalo kamu tinggal di beberapa daerah lain yang udah turun ke level 3, maka ada beberapa aturan baru. Misalnya, mal boleh buka dengan kapasitas 25%. Terus, kamu juga udah boleh mam dine in selama 30 menit. Yhaa mayan nambah lha yaaa…