PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 9 Agustus 2021, Harga Bitcoin Naik Lebih Dari 20%, Covid-19 Varian Delta Menyebar Sangat Cepat Seperti Cacar Air, 34 Situs Baru Masuk Nominasi Warisan Dunia UNESCO

64

Hello!

Wednesday means, podcast time! Click here for all the round-ups, audio version. Today, we’ll talk more about the PPKM, cryptocurrency, UNESCO world heritage site, to a liiiittle bit about Delta variant. We promise just a little bit. Go on.


Kalo Olivia Rodrigo mau perpanjang driver’s license, Indonesia mau perpanjang….

PPKM Level 4.
Yescalling all couch potatoes yang mungkin happy, atau mungkin juga udah bosen banget, karena hari Senin tanggal 2 Agustus kemarin, pemerintah baru aja ni ngumumin kalo PPKM level 4 bakal diperpanjang. Yep, extension udah 3 kali ni guys, udah kayak bulu mata kamu aja yha. Xixixixi.
 
OMG. Sampe kapan perpanjangannya?
Sampe tanggal 9 Agustus 2021 nanti. Jadi sebelumnya, PPKM Level 4 abis diperpanjang juga dari 25 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021, setelah pertama kali diterapkan dari tanggal 20-25 Juli 2021. Kalo kasus harian covid-19 menurun, pemerintah rencananya bakal nurunin level PPKM ke level 3. Namun ternyata kemaren, Pak Presiden Jokowi bilang bahwa PPKM level 4 masih diperpanjang, khususnya di wilayah Jawa-Bali.
 
Kok diperpanjang terus?
Iya gengs, soalnya pemerintah menilai kalo lonjakan covid-19 terutama di Jawa-Bali belum mengalami penurunan yang signifikan. Kemarin aja, Indonesia masih mengalami penambahan kasus harian sebanyak 33.900, setelah sehari sebelumnya terjadi penambahan sekitar 22 ribuan kasus. Awalnya, pemerintah menetapkan PPKM Mikro Darurat dari tanggal 3 – 20 Juli 2021 di Jawa Bali, dan 12-20 Juli 2021 untuk wilayah di luar Jawa Bali. Setelah itu, muncul deh istilah PPKM Level 1-4 yang kita gunakan saat ini.
 
Ok… Anything new?
Not really. Cuma ada beberapa daerah di Jawa Bali yang udah mulai memberlakukan PPKM Level 3, turun 1 level dari sebelumnya. Contohnya kayak Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kabupaten Lebak di Provinsi Banten. Nah terus, satu-satunya wilayah yang dilabeli PPKM Level 2 di wilayah ini ada Kabupaten Tasikmalaya di Jawa Barat. Meanwhile, semua wilayah di Provinsi DKI Jakarta, Yogyakarta, dan Bali menjalani PPKM Level 4.
 
Kalo peraturannya gimana? Masih makan ala ospek ni?
Makan durasi 20 menit, u mean? Masih guys kalo itu. Sebenernya sebagian besar masih sama aja kok kayak kemarin-kemarin. Contohnya, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online dan bisnis sektor non esensial masih WFH 100%. Cuma ada satu aturan yang dibedakan dari PPKM Level 4 sebelumnya, yaitu pasar tradisional yang tadinya cuma boleh buka sampe jam 15.00, diperpanjang jadi 20.00 waktu setempat.
 
Terus kalo mau melakukan perjalanan?
Teteup. Semua dokumen-dokumen buat melakukan perjalanan naik kendaraan umum juga masih dibutuhkan. Contohnya kalo kamu karyawan perusahaan sektor esensial atau kritikal, kamu wajib punya Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) buat naik KRL, atau dokumen pendukung lainnya kayak surat keterangan dari bos kamu kalo kamu emang harus masuk kantor. Atau kalo kamu mau ke rumah sakit untuk urusan pengobatan, persalinan, duka cita, dan lain-lain, kamu juga wajib punya surat keterangan dari rumah sakit yang bersangkutan kalo mau naik KRL.
 
What about wilayah di luar Jawa-Bali?
Ada 21 Provinsi yang masih ngelanjutin PPKM Level 4. Provinsi-provinsi ini juga ikutan diperpanjang karena masih mengalami lonjakan kasus harian positif guys. Contohnya kayak Provinsi Sulawesi Tengah, Riau, Sumatera Utara, Gorontalo, dan Kalimantan Barat yang merupakan lima provinsi dengan kasus harian positif tertinggi di luar Jawa-Bali.
 
Got it. Anything else?

Selain ngumumin soal perpanjangan PPKM, kemarin Pak Jokowi juga menjelaskan tentang percepatan penyaluran bantuan buat warga yang terdampak PPKM level 4. Nah, berikut adalah daftar bantuan dari pemerintah buat kita-kita:

  1. Kartu Sembako untuk 18,8 juta KPM;
  2. Kartu Sembako PPKM untuk 5,9 juta KPM Usulan Daerah;
  3. Perpanjangan Bantuan Sosial Tunai (BST) selama 2 bulan untuk 10 juta KPM;
  4. Subsidi Kuota Internet 5 bulan (Agustus – Desember 2021) untuk 38,1 juta Penerima;
  5. Diskon Listrik selama 3 bulan (Oktober – Desember 2021) untuk 32,6 juta pelanggan;
  6. Bantuan Rekening Minimum Biaya Beban/Abonemen selama 3 bulan (Oktober – Desember 2021) untuk 1,14 juta pelanggan;
  7. Tambahan Kartu Pra-kerja Rp10 triliun untuk 2,8 juta orang dan Bantuan Subsidi Upah Rp8 triliun untuk 8 juta orang;
  8. Bantuan Beras 10 kg per kepala untuk 28,8 juta KPM.
Got it. Anything else?
Nah guys, kalo kamu tinggal di DKI Jakarta, maka kata Gubernur Pak Anies Baswedan, aturan PPKM 4 masih sama aja. Tapi kalo kamu tinggal di beberapa daerah lain yang udah turun ke level 3, maka ada beberapa aturan baru. Misalnya, mal boleh buka dengan kapasitas 25%. Terus, kamu juga udah boleh mam dine in selama 30 menit. Yhaa mayan nambah lha yaaa…

What’s going up but not your salary?

Bitcoin.
Yoi guys, buat kamu-kamu yang invest di cryptocurrency khususnya bitcoin, kamu pasti nyadar banget bahwa over the weekend kemarin, harga bitcoin lagi naiiik banget, di mana kenaikannya sampe lebih dari 20 persen! Yuhuuu saatnya cuan-cuan-cuan…
 
HAH? Kok bisa sih?
Bisa dong. Salah satu faktor penyebabnya adalah Amazon, sebagai salah satu marketplace terbesar di dunia baru aja buka pengumuman lowongan kerjaan buat seseorang yang bakal bekerja untuk “melakukan inovasi di bidang keuangan dan sistem pembayaran” dan jobdesc-nya adalah untuk bikin strategi pengembangan produk digital currency-nya Amazon. Opening ini tentunya bikin masyarakat jadi mikir, “Wah jangan-jangan Amazon bakal mulai make bitcoin ni….”
 

Gara-gara itu aja harganya bisa naik??
Yep, in case you need a refresher, aset digital aka cryptocurrency itu terkenal dengan sifatnya yang volatile, atau gampang banget naik turun. Jadi emang spekulasi atau satu twit dari Elon Musk aja bisa bikin nilai bitcoin-mu berubah cepat. Adapun salah satu faktor yang menentukan harga bitcoin adalah makin luasnya penggunaan mereka. Jadi kayak kasus sekarang nih, kalo Amazon mau make, baru spekulasinya aja udah bisa bikin harga bitcoin naik sampe 20%, tapi kalo misalnya ada pembatasan dari penggunaannya (kayak pemerintah China yang di tahun ini baru aja melarang penggunaan bitcoin untuk transaksi), maka nilainya bakal turun.

 
Is it safe tho?
Well, it depends on where you put your money at. Tapi sebagai konteks, kamu perlu tahu bahwa jumlah bitcoin itu terbatas di dunia, yaitu cuma ada 21 juta keping. Nah kalo bitcoinnya udah abis, maka kayak barang-barang bernilai ekonomi lainnya, banyak ahli keuangan yang memprediksi nilainya bakal naik, karena adanya kelangkaan. FYI guys, saat ini jumlah bitcoin di seluruh dunia udah tinggal 2,6 juta keping, dan emang gak akan ada supply baru lagi.
 
WHOOOA I need to buy some, then!
Well, before you invest in crypto, remember that just like any other forms of investment, it comes with risks. Jadi emang gain dari crypto ini bisa cepet dan banyak banget, tapi juga resiko lose-nya tinggi. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir resiko kerugian adalah dengan bertransaksi kripto di platform yang trusted dan regulated sama pemerintah.
 
Emang ada?
Ada. Everybody, meetZipmex. Platform jual-beli aset kripto yang aman, karena dana kamu bakal diasuransikan. Selain itu, biaya transaksi di Zipmex juga rendah, dan dengan bunga yang nyampe 8% per tahun! Terus ni guys, kalo kamu daftar jadi pengguna Zipmex sekarang (sampe tanggal 7 Agustus) terus kamu beli aset emas digital, maka kamu bakal dapet cashback 100% dan berkesempatan menangin motor Yamaha Nmax. Yuk, daftar deh. Ni linknya nih.

What spreads easily like wildfire?

Gossip?
 
Yes, but also the Delta variant.
Yep, masih soal drummernya Club 80s ni guys, jadi awal minggu kemarin, dokumen internal dari Center of Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat menyebutkan bahwa varian Covid-19 delta ternyata bisa menyebar cepet banget kayak chickenpox atau cacar air. Inget gak sih pas kecil kalo temen sekelas kita ada yang cacar air, risiko ketularan ke kita gede banget? Kayak gitu gengs si varian delta ini. Udah gitu, gejala penyakitnya juga lebih parah daripada varian biasa.
 
OMG..
Yes, so tighten your masks, people. Even if you are fully vaccinated. Soalnya, dokumen ini juga menyatakan bahwa orang-orang yang udah divaksin aja bisa nyebarin varian Delta at the same rate kayak orang-orang yang belom divaksin.
 
Serius? Is the document legit tho?
It is. Keaslian dokumen ini udah dikonfirmasi sama Direktur CDC, Dr. Rochelle Walensky. Adapun dokumen ini awalnya ditujukan buat nge-back up keputusan doi yang mengubah aturan untuk orang-orang yang udah divaksin dua kali. Jadi sebelumnya, CDC menyatakan bahwa kalo masyarakat udah divaksin, maka mereka udah nggak perlu pake masker lagi. Eh akhir Juli kemarin, aturan ini diubah lagi dengan bilang kalo masker di tempat umum harus tetep digunakan even if you’ve got your jabs. Perubahan ini dianggap kontroversial banget gengs karena it got everybody like: “Lah plin-plan banget??”
 
Iya ya, kok plin-plan?
Yhaa soalnya, data-data tentang varian Delta ini emang baru kekumpul baru-baru ini, apalagi di saat tingkat penularannya di AS emang udah semakin tinggi. Berangkat dari data-data inilah, CDC akhirnya membuat keputusan pake masker lagi, khususnya buat kegiatan indoor. Regardless kamu udah vaksin apa belom. Jadi aturan ini berlaku juga buat kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di sekolah, di mana semua murid, guru, dan staf harus kudu wajib pake masker pokoknya.
 
Now, tell me more about “lebih menular”.
Nah iya, varian ini juga menurut CDC termasuk ke dalam salah satu dari penyakit yang tingkat penularannya super tinggi. Terus, CDC juga bilang bahwa varian Delta gak mandang bulu pula, mau kamu udah divaksin dua kali atau belom, jumlah virus yang ada di tubuh orang yang udah divaksin bakal sama aja kayak orang yang belom divaksin, sehingga rasio nularin virusnya ya sama-sama tinggi juga.
 
Wait, so my vaccines don’t work?
According to CDC, they still do. Karena, antibodi kamu udah terbentuk buat ngelawan virus yang masuk ke badan kamu. Jadi, penyakit yang dialami oleh orang yang fully vaccinated gak bakal separah orang yang belum divaksin sama sekali. CDC bilang, kalo udah divaksin, maka resiko kamu kena gejala parah sampe meninggal berkurang hingga 10 kali lipat, dan resiko kamu tertular berkurang 3 kali lipat. Artinya, kamu masih bisa tertular, masih bisa nularin orang, tapi ya resiko kamu kena gejala parah bakal jauh berkurang.
 
Alright. Anything else?
FYI guys, kasus kematian akibat covid-19 di US sekarang tinggi terutama di kalangan orang-orang yang nggak divaksin, di mana rasionya sekitar 98,9%. Meski begitu, kasus kematian hariannya sekarang turun banget ke angka 300-an, dan bisa turun lebih rendah lagi kalo semakin banyak masyarakatnya yang divaksin. Untuk memastikan makin banyak warganya yang divaksin, Presiden AS Joe Biden berencana bikin aturan bahwa semua PNS aka pekerja federal wajib divaksin. Di Indonesia sendiri, Menko Marves Pak Luhut Binsar Pandjaitan juga sempet bilang kalo sebagian besar kasus kematian akibat covid-19 juga either karena belum divaksin atau komorbid alias penyakit bawaan yang berat.
 
Now is the time for you to get your jabs, if you haven’t.

Everyone, meet UNESCO World Heritage Sites’ newest members.

Ada 34 spot baru yang masuk ke daftar situs warisan dunia UNESCO.
Jadiii, UNESCO tiap tahunnya emang sering banget nih menominasikan situs-situs baru buat masuk daftar UNESCO World Heritage Sites. Sejauh ini, udah ada 1154 properti yang masuk ke daftar prestigious tersebut. Naah karena tahun lalu tim komite UNESCO gak bisa ketemuan buat bahas nominasi tahun lalu, akhirnya kemaren mereka ketemuan online buat bahas nominasi tahun 2020 dan 2021. Muncullah 34 situs baru yang masuk ke dalam daftar tersebut. Di antaranya ada Candi Kakatiya Rudreshwara (Ramappa) yang terletak di Telangana, India. Candi ini terkenal dengan bentuk arsitekturnya yang disebut sebagai “floating brick“. Terus, ada juga jalur kereta The Trans-Iranian di Iran yang engineering-nya keren banget karena jalur ini ngebelah dua pegunungan. Nah terus, gimana si caranya biar bisa dinominasiin sama UNESCO? Well, salah satu syaratnya adalah satu situs harus punya “outstanding universal value“, atau bisa dibilang nilai universal yang unik banget lah. Bisa dari sejarahnya, arsitekturnya, dan aspek-aspek lainnya gengs. Terus, UNESCO juga bakal mempertimbangkan situs yang punya nilai kultural tinggi terhadap suatu perdaban, baik yang udah gak ada maupun yang masih berjalan sampe sekarang. Di Indonesia sendiri sih, udah ada 9 situs yang masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia. Ada Candi Borobudur, Taman Nasional Komodo, Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatra, dan lain-lain.
 
Low key preparing our don’t-know-when next trip.

“Yang nggak boleh khianat,”
 
Gitu guys kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) soal para kadernya yang menyampaikan kritik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menko Marves Opung Luhut Pandjaitan. Menurut Utut, walaupun partainya merupakan partai pemerintah, namun yha boleh aja klo ada kader banteng yang mau mengkritik presiden, asal nggak melampaui batas.
 
You to your inner circle friends on Instagram…

Announcement

Thanks to Dini for treating us coffee yesterday!

 

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)


Ajak-ajak yuk!
 
Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

If you’ve been constantly having headaches and migraine, these foods can help. 

Angel’s Stories

1. Just like what CMU says, superheroes really come in different costumes. Lucky me, some of them come as a K-pop boy group called Stray Kids. Baru kali ini liat ada idol yang rasanya kayak temen sendiri. They made a bunch of meaningful yet comforting songs, keep us updated about their daily life, their leader consistently does a live broadcast every weekend to keep us company after a tiring weekdays. Pokoknya, they treat us like lifetime friends dalam batas idol dengan fans. They saved me, they saved many person out there, and we couldn’t be more thankful.
 
2. Terlalu sering konsumsi berita tentang pandemi, ketidakkompetenan penyelenggara negara dalam menghadapi Covid-19, penyelewangan dana dan para penyebar hoax bikin energi terkuras banget. Instead of menggerutu terus-terusan, kami sekumpulan para Volume (pekerja kontrak) bareng-bareng ngumpulin uang untuk selanjutnya dibagikan dalam bentuk paket sembako kepada orang yang membutuhkan, mostly ke bapak-bapak becak dan pekerja informal yang sering kami temui di jalan. Minggu ini sudah kedua kalinya, semoga kami bisa terus bersama sama berbagi. Seneng bisa berbagi walaupun sedikit, karena bukan tentang sedikit/banyak namun seberapa kita mau membantu apa pun bentuknya, bahkan sekedar berdoa untuk para pejuang dan warga yang terdampak Covid-19. Panjang umur kebaikan, semoga lestari segala yang baik.
-IMY-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)