PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 16 Agustus 2021

36

What lasts longer than your relationship?

PPKM Level 4.
 
Lol thx, but pls explain.
OK. In case you missed it, tadi malam, pemerintah lewat Menko Marves Opung Luhut Pandjaitan mengumumkan bahwa PPKM level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali diperpanjang lagi ni guys, sampe tanggal 16 Agustus 2021.
 
I KNOW. Terus-terus…
Nah ini adalah perpanjangan PPKM level 4 untuk yang kedua kalinya sejak kebijakan ini pertama kali diterapkan tanggal 20 Juli 2021 kemaren. Meski diperpanjang, teteup ada beberapa adjustments pelonggaran yang dijelasin sama Opung Luhut. Misalnya…
 
Misalnya apatu?
Soal uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau mall secara bertahap di wilayah level 4. Adapun uji coba ini bakal diterapkan di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Nah, kalo pada PPKM level 4 sebelumnya mall tutup banget, sekarang mall udah boleh buka dengan kapasitas pengunjung 25%. Namanya uji coba, kebijakan ini bakal diterapin selama seminggu ke depan dan bakal terus dievaluasi penerapannya.
 
So, I can go to the mall today?
Bisa, kalo kamu udah menerima vaksin dan udah terdaftar di situs Peduli Lindungi. Selain itu, anak di bawah usia 12 tahun dan lansia di atas 70 tahun masih gak boleh masuk mall. Terus, implementasi protokol kesehatannya juga harus dijalankan secara ketat.
 
Ok. Terus apa lagi yang baru?
Well, Opung Luhut juga bilang kalo uji coba pembukaan bakal dilakukan di rumah ibadah, di mana jemaah udah bisa dateng dengan kapasitas 25%, atau maksimal 20 orang, dan harus nunjukin kartu vaksinasi. Terus, sekarang beberapa tempat juga menggunakan syarat vaksinasi buat para pengunjungnya ni kayak hotel atau guest house, restoran, atau gedung pertemuan yang menggelar meeting atau pernikahan.
 
I see…
Nah pada kesempatan tadi malam, Opung juga sempet menjelaskan kondisi covid-19 di tanah air gengs. Beliau bilang bahwa selama PPKM level 4, 3, dan 2 diterapkan, telah terjadi penurunan kasus hingga 59,6% dari puncak kasus Covid-19 pada pertengahan Juli 2021. Karena itulah, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang lagi PPKM sampe 16 Agustus mendatang. Terus beliau juga menyebutkan bahwa ada 26 kabupaten/kota yang di Jawa dan Bali yang turun dari level 4 ke level 3.
 
Nice….
Yep, tapi kita masih harus tetap waspada guys, karena semalem Opung Luhut bilang bahwa kita mungkin bakal hidup bertahun-tahun dengan masker. Beliau menyebut, masker ini adalah salah satu alat di samping vaksin untuk mencegah varian delta. Meski begitu, ada kabar gembira nih guys, di mana tingkat kepatuhan masyarakat kita terhadap protokol kesehatan meningkat. Contohnya dalam hal pake masker, sejauh ini masyarakat yang patuh menggunakan masker nyampe 82 persen, meningkat sebanyak 5 persen dibanding saat Februari-Maret lalu.
 
Got it. Anything else?
Pada keterangan sebelumnya, Pak Presiden Jokowi juga sempat menyoroti lonjakan kasus harian yang justru meningkat di luar Jawa-Bali ni gengs. Belakangan ini, provinsi di luar Jawa-Bali berkontribusi sebesar 34 persen dari kasus baru secara nasional pada 25 Juli lalu. Meanwhile, per 6 Agustus 2021 naik jadi 54 persen dari kasus nasional. Ada Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Papua, Sumatera Barat dan Riau yang angka lonjakannya tinggi banget ni selama 2 minggu terakhir.