PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 16 Agustus 2021, Bumi Semakin Panas Efek Pemanasan Global Tidak Bisa Dihindari, Krisis Ekonomi, Korut Dilanda Hujan Deras Hingga Banjir, Teknologi Baru Dari Apple

81

Hello

Here we go again on another round of PPKM. We’ll tell you more about it down there, but before you scroll down, here’s a gentle reminder: Tomorrow is the national holiday of Islamic New Year, so there will be no newsletter and podcast. Take a break to rest, reset, recharge, but not re-read your old conversation with exes. Yep, huge no. Finally, Happy Islamic New Year, everyone!


What lasts longer than your relationship?

PPKM Level 4.
 
Lol thx, but pls explain.
OK. In case you missed it, tadi malam, pemerintah lewat Menko Marves Opung Luhut Pandjaitan mengumumkan bahwa PPKM level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali diperpanjang lagi ni guys, sampe tanggal 16 Agustus 2021.
 
I KNOW. Terus-terus…
Nah ini adalah perpanjangan PPKM level 4 untuk yang kedua kalinya sejak kebijakan ini pertama kali diterapkan tanggal 20 Juli 2021 kemaren. Meski diperpanjang, teteup ada beberapa adjustments pelonggaran yang dijelasin sama Opung Luhut. Misalnya…
 
Misalnya apatu?
Soal uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau mall secara bertahap di wilayah level 4. Adapun uji coba ini bakal diterapkan di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Nah, kalo pada PPKM level 4 sebelumnya mall tutup banget, sekarang mall udah boleh buka dengan kapasitas pengunjung 25%. Namanya uji coba, kebijakan ini bakal diterapin selama seminggu ke depan dan bakal terus dievaluasi penerapannya.
 
So, I can go to the mall today?
Bisa, kalo kamu udah menerima vaksin dan udah terdaftar di situs Peduli Lindungi. Selain itu, anak di bawah usia 12 tahun dan lansia di atas 70 tahun masih gak boleh masuk mall. Terus, implementasi protokol kesehatannya juga harus dijalankan secara ketat.
 
Ok. Terus apa lagi yang baru?
Well, Opung Luhut juga bilang kalo uji coba pembukaan bakal dilakukan di rumah ibadah, di mana jemaah udah bisa dateng dengan kapasitas 25%, atau maksimal 20 orang, dan harus nunjukin kartu vaksinasi. Terus, sekarang beberapa tempat juga menggunakan syarat vaksinasi buat para pengunjungnya ni kayak hotel atau guest house, restoran, atau gedung pertemuan yang menggelar meeting atau pernikahan.
 
I see…
Nah pada kesempatan tadi malam, Opung juga sempet menjelaskan kondisi covid-19 di tanah air gengs. Beliau bilang bahwa selama PPKM level 4, 3, dan 2 diterapkan, telah terjadi penurunan kasus hingga 59,6% dari puncak kasus Covid-19 pada pertengahan Juli 2021. Karena itulah, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang lagi PPKM sampe 16 Agustus mendatang. Terus beliau juga menyebutkan bahwa ada 26 kabupaten/kota yang di Jawa dan Bali yang turun dari level 4 ke level 3.
 
Nice….
Yep, tapi kita masih harus tetap waspada guys, karena semalem Opung Luhut bilang bahwa kita mungkin bakal hidup bertahun-tahun dengan masker. Beliau menyebut, masker ini adalah salah satu alat di samping vaksin untuk mencegah varian delta. Meski begitu, ada kabar gembira nih guys, di mana tingkat kepatuhan masyarakat kita terhadap protokol kesehatan meningkat. Contohnya dalam hal pake masker, sejauh ini masyarakat yang patuh menggunakan masker nyampe 82 persen, meningkat sebanyak 5 persen dibanding saat Februari-Maret lalu.
 
Got it. Anything else?
Pada keterangan sebelumnya, Pak Presiden Jokowi juga sempat menyoroti lonjakan kasus harian yang justru meningkat di luar Jawa-Bali ni gengs. Belakangan ini, provinsi di luar Jawa-Bali berkontribusi sebesar 34 persen dari kasus baru secara nasional pada 25 Juli lalu. Meanwhile, per 6 Agustus 2021 naik jadi 54 persen dari kasus nasional. Ada Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Papua, Sumatera Barat dan Riau yang angka lonjakannya tinggi banget ni selama 2 minggu terakhir.

ATTENTION: PENTING BANGET. PLZ READ THIS.
 

Serius guys.
Karena kemarin, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) baru aja menerbitkan laporan terbarunya soal perubahan iklim. Terus, inti dari laporannya adalah: Bumi bakal makin panas, dan efek dari pemanasan global saat ini udah nggak bisa dihindari lagi.
 
HAH kenapa?
Karena negara-negara banyak yang menunda pembatasan konsumsi energi fosilnya (Kayak bensin, batu bara, minyak, natural gas, dll) hingga sekarang udah telat banget nih. Climate change udah keburu parah dan dunia cuma bakal makin panas dari hari-ke hari. Penyebabnya? Manusia.
 
OMG.. I need details pls.
Ok. So, Panel UN untuk perubahan iklim (Intergovernmental Panel for Climate Change or IPCC) baru aja merilis laporan paling lengkap dan paling komprehensif sejak laporan terakhirnya di tahun 2013. Dalam laporan ini, jelas banget bahwa dunia makin panas, bakal makin panas, dan there’s no going back. Peningkatan suhu bahkan lebih cepet terjadi dibanding prediksi para scientists di laporan tahun 2013. Terus, apa yang menyebabkan kondisi ini? Jeng jeeeng everybody, meet: manusia.
 
Wait, how so?
Yha jadi pasti kamu udah tahu kan, bahwa namanya pemanasan global berarti suhu bumi meningkat jadi makin panas. Adapun penyebab paling utama dari climate change ini adalah emisi gas rumah kaca, yang merupakan emisi yang dihasilkan dari aktivitas manusia sehari-hari. Contohnya aja kamu pake listrik, kalo listriknya berasal batu bara, maka proses pengolahannya bakal menghasilkan emisi tebal dan panas banget hingga berkumpul di atmosfer bumi. Nah, karena ketahan di atmosfer, akhirnya panasnya balik lagi ke bumi dan jadinya bikin suhu bumi makin naik. Itulah yang menyebabkan bumi kita makin panas. Itu baru batu bara, belum bensin, minyak, dll…
 
I see… go on…
Nah, efek dari suhu bumi yang makin panas ini tentunya bahaya banget guys, karena dari kemaren aja, kita udah banyak baca berita soal kebakaran hutan di mana-mana dan suhu panas yang menewaskan ratusan orang. Belum lagi kalau es di dua kutub mencair, maka efek lingkungannya bisa parah banget dan tentunya menyebabkan korban baik jiwa maupun material yang nggak sedikit.
 
Nooo.. Can we do something about it?
Unfortunately, no. Karena kata UN, sekarang udah telat banget, dan kita udah nggak akan bisa lagi berusaha menghentikan global warming selama 30 tahun ke depan. Masih menurut para peneliti PBB, bahkan ni ya, kalo hari ini negara-negara mulai mengurangi produksi emisinya secara drastis, tetep aja suhu bumi bakal meningkat hingga 1,5 derajat Celsius selama dua dekade mendatang.
 
Emang efeknya apa sih kalo bumi makin panas tuh?
Menurut prediksi para peneliti, dalam kondisi kenaikan suhu tadi, maka bakal ada sekitar 1 milyar orang di seluruh dunia yang beresiko terpapar gelombang panas yang membahayakan nyawa. Terus hewan dan tumbuhan yang ada sekarang bakal punah, hingga batu karang bakal pada mati.
 
Terus gimana 🙁
Well, kita masih bisa kok berusaha mengurangi efeknya. Yaitu dengan menghentikan produksi emisi di atmosfer hingga tahun 2050. Ga cuma itu, kita juga harus pake teknologi canggih untuk menyingkirkan karbon yang udah keburu berkumpul di udara. Jadi ini bener-bener perlu usaha bareng-bareng semua negara banget. Dalam hal ini,  Wakil Ketua IPC Ko Barrett, bilang bahwa peran pemerintah sangat sentral. Karenanya, diharapkan pemerintah masing-masing negara bisa berkomitmen buat ngurangin emisi gas rumah kaca secara besar-besaran.
 
OK keep going.
Pernyataan ini di-back up sama isi dari laporan yang dikeluarin IPCC. Dalam laporan ini dijelasin ada 5 skenario dengan 5 hasil yang berbeda, di mana semakin besar pengurangan emisi, semakin kecil dan lama juga efek yang terjadi akibat perubahan iklim ini. Jadi, though the changes are inevitable, kita bisa mengalami skenario yang paling mending kalo tindakan yang diambil sama pemerintah bisa tegas.
 
Does anyone else say anything about this?
Ada, aktivis lingkungan Greta Thunberg baru aja buka suara soal ini. Menurut doi, hal ini harusnya jadi pembuka mata pemimpin-pemimpin global kalo climate change is verryyyyy real and dangerous, especially for younger generations. Greta bilang kalo doi berharap supaya para pemimpin ini beneran menyuarakan isu ini ke masyarakatnya dengan menggunakan semua platform yang ada. Terus, kebijakan yang diambil harus bener-bener keras dan dijalankan dengan semaksimal mungkin.
 
I see. Anything else?
Pas banget ni gengs, tiga bulan lagi bakal ada pertemuan para world leaders di Glasgow, Skotlandia, dalam forum U.N. Climate Change Conference tanggal 31 Oktober – 12 November 2021 nanti. Para pemimpin negara-negara peserta diminta buat nerapin kebijakan yang bisa mencapai target mengurangi emisi tahun 2030. Temuan-temuan IPCC ini diharapkan bakal ngedorong peserta konferensi buat netapin langkah kongkrit dalam memperlambat perubahan iklim bumi..

When Kim is in trouble…

The Kardashian?
Nope…. Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara. Yep, another bad sign from mother earth. Korea Utara minggu lalu baru aja dilanda hujan duper deras sampe daerah di Hamgyong Selatan kebanjiran parah. Padahal, Korea Utara lagi dilanda krisis ekonomi dan kondisi persediaan makanan yang semakin sedikit.
 
Oh no, banjirnya separah itu?
Iya gengs, sampe pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ngasih komando ke militer buat bikin relief campaign ke daerah tersebut. Doi minta supaya para korban dievakuasi dan langsung disediain stok makanan buat mereka. Padahal saat ini, Korut tengah menghadapi krisis ekonomi sebagai efek dari berbagai jenis sanksi dan embargo yang berkepanjangan dari dunia internasional.
 
I see. Now tell me about the flood. 
You got it. Jadi emang ujan deras tengah terjadi di beberapa wilayah di Korut sejak awal Agustus kemarin dan bikin banjir yang menghancurkan lebih dari seribu rumah dan menyebabkan 5 ribu warganya harus dievakuasi. Beberapa daerah bahkan dilanda hujan selama dua hari berturut-turut yang tentu aja memperburuk kondisi. Korban jiwanya sendiri udah ada 20 orang meninggal akibat dari bencana ini.
 
That’s bad 🙁
Iya kan guysNot to mention covid is still roaming around. Nah ini ni yang diminta sama Kim Jong Un buat para pejabat Korea Utara agar memaksimalkan upaya pencegahannya, jangan sampe di camp pengungsian malah jadi klaster baru persebaran covid.
 
Is anyone coming to help?
Yep, despite the tension between the two Korean, Menteri Unifikasi Korea Selatan udah bilang bahwa pihaknya bakal mempertimbangkan segala opsi buat nolongin Korut dalam bencana ini. Juru bicara kementerian ini juga bilang bahwa kalo untuk kemanusiaan sih, gak boleh dihalangi sama persoalan politik, apa lagi ini udah menyangkut banyak nyawa manusia. Korsel juga bakal mencoba jalur negara dan sipil buat menyalurkan bantuan ke Korut, termasuk lewat jalur organisasi internasional kayak UN.
 
Got it. Anything else?
Kim Jong Un juga bilang pas Juni kemaren kalo Korea Utara lagi kekurangan banget ni stok makanan, ditambah sama kekeringan yang melanda negara ini beberapa bulan sebelum hujan deres dimulai. Jadi guys emang kondisi pandemi ini bener-bener jadi pukulan keras buat Korut, sampe perekonomian Korut mengalami penurunan terparah dalam 23 tahun terakhir.

Who’s adding some cool features to their phone?

APPLE.
Yoi guys, baru aja kemarin nih, Apple memperkenalkan teknologi baru di iCloud-nya yang bakal men-scan foto-foto yang bakal di-upload para pengguna. Kalo foto yang di-upload-nya terdeteksi ada konten yang berbau kejahatan seksual terhadap anak atau pornografi anak, maka sistem baru ini bakal menginfokan temuan tersebut pada developer, dan file-nya bakal langsung di-review sama mata manusia. Terus, kalo emang terbukti bahwa fotonya mengandung dua unsur tersebut, maka user yang ng-upload bakal di-suspend akunnya dan pihak Apple bakal langsung melaporkan temuan tersebut ke pihak yang berwenang.
 
FYI guys, langkah ini sebenernya mendapat apresiasi dari kelompok organisasi perlindungan anak di Amerika Serikat, namun ada yang kontra juga, yakni kelompok yang concern sama isu mengenai data pribadi dan privasi. Menurut mereka, bisa aja sistem ini digunakan buat memfitnah orang yang nggak bersalah dengan mengirimi mereka foto-foto child pornography. Selain itu, bisa jadi juga datanya digunakan pemerintah untuk memata-matai warganya sendiri. Well, regardless the #yay and the #nay, Apple sendiri bilang bahwa penambahan fitur ini merupakan terobosan terbaru, dan orang tua nggak perlu khawatir kalo mereka nge-upload foto anak bayinya lagi mandi, karena Apple cuma bakal mem-flag konten-konten yang masuk ke kategori child pornography yang udah mereka miliki.

“Oleh karena itu permohonan saya, permohonan istri saya, permohonan kedua anak saya yang masih kecil-kecil serta permohonan keluarga besar saya kepada majelis hakim yang mulia, akhirilah penderitaan kami ini dengan membebaskan saya dari segala dakwaan,”
 
Gitu guys kata mantan Menteri Sosial Juliari Batubara saat menyampaikan nota pembelaan atau pledoi-nya dalam sidang lanjutan kasus KORUPSI pengadaan bansos di institusi yang dipimpinnya. FYI guys, menurut jaksa, Juliari ini terbukti melakukan korupsi pengadaan paket bansos covid-19 di Jabotabek tahun lalu, dengan nilai sebesar Rp 32,48 miliar.
 
-_____________________-

Announcement


Thanks to Mamah muda and Ayuningdyah for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

Tokyo Olympics might go down in history as the most unusual Olympic ever… and here’s some of the best pictures from the event.

Angel’s Stories

1. Jadi malam minggu kemarin mamaku beli durian banyak banget kan. Otomatis kami sekeluarga banyak makan durian terus mamaku kayanya krn kebanyakan makan durian jadi agak pusing trus minta aku buat beli obat di apotek terdekat. Pas sampai di apotek ternyata uangku kurang seribu untuk bayar obatnya. Trus, di samping aku ada ibu-ibu yang lagi nyari obat juga dan ibu itu tiba-tiba nawarin untuk bantuin aku bayar. Aku seneng banget dong gaperlu balik kerumah lagi untuk ambil duit dan aku ngucapin makasih berkali kali sama ibu itu. Untuk ibu-ibu yang bahkan ga ragu untuk membantu terima kasih ya buu. Ibu saya juga mengucapkan terima kasih sama ibu. Saya bingung harus bales gimana semoga ibu dimudahkan dan dilancarkan ya segala urusannya. Jika anggota keluarga ibu sedang sakit semoga segera disembuhkan🤍 You are really the “angel from heaven” bu .. Saya bener bener terharu :”
-A girl that’s wearing black-
 
2. Setiap hari ada kesulitannya masing-masing. Terutama di masa sulit kayak sekarang ini, aku sempet ngerasa berat buat ngejalanin hari untuk beberapa waktu karena banyak faktor. Walaupun begitu, I also feel extremely grateful for the friends I have. Beberapa temen yang reach out buat ngingetin dan ‘ngajak’ nonton pertandingan-pertandingan olahraga kemaren bener-bener bikin moodku baikan! Ada temen yang juga share meme, gambar-gambar kucing, lagu, dan banyak hal seru lainnya. I genuinely wanna thank everyone who’s helped me through. If possible, we can also be this kind of hero, guys!!
-L-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)