PPKM Jawa – Bali Updates

35

What just dropped one level?

PPKM Jawa-Bali.
Udah pada tau lah ya, since pastinya kemaren pada mantengin berita ini? Iya gengs, setelah pengumuman semalem, akhirnya Presiden Joko Widodo menyatakan kalo PPKM Jawa-Bali diperpanjang sampe 30 Agustus mendatang dan beberapa daerah akhirnya bisa turun level ke level 3. Daerah-daerah yang turun level sejak pertama kali diterapkan level 4 pada 20 Juli silam adalah Jabodetabek, Bandung Raya, dan Surabaya Raya. Hal ini berarti Bali, Malang Raya, dan DIY masih level 4 gengs.
 
Kok akhirnya turun level?
Kalo kata pak pres sih, beberapa indikator terkait pandemi covid ini mulai membaik. Contohnya, kasus covid-19 di Indonesia udah turun sebesar 78% sejak puncak kasus di tanggal 15 Juni 2021 kemaren. Terus, bed occupancy rate (BOR) secara nasional juga udah turun sebesar 33%.
 
Terus?
Selain itu juga, di hari terakhir PPKM Level 4 tanggal 23 Agustus kemaren, penambahan kasus harian udah berada di bawah 10 ribu kasus, yaitu 9.604. Nah jadi meskipun diperpanjang, beberapa daerah yang tadinya masih level 4 beberapa udah turun level deh, ke level 3. Selain itu juga, PPKM luar Jawa-Bali juga diperpanjang sampe 6 September 2021 gengs.
 
Hmmm ok.. What changed now?
Ada beberapa penyesuaian ni guys. Secara garis besar, rumah ibadah udah bisa digunakan buat ibadah dengan kapasitas 25% atau maksimal 30 orang. Terus, makan dine in udah bisa dengan kapasitas 25%, 2 orang per meja, dan resto cuma boleh buka sampe jam 20.00 waktu setempat. Mal juga udah bisa buka sampe jam 20.00 dan kapasitasnya 50%.
 
Sounds good. Go on…
Terus, industri ekspor dan penunjangnya juga udah boleh WFO 100%, dengan catatan kalo malah jadi klaster baru covid bakal ditutup 5 hari. FYI, semua penyesuaian ini juga dibarengi sama prokes yang harus ketat. Sama kaya sebelumnya, masuk-masuk ke tempat pusat perbelanjaan dan fasum kayak rumah ibadah dan lain-lain juga harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi ni guys. Hal ini supaya tracing lebih teratur dan masyarakat lebih terdorong buat vaksin.
 
Any mentions about the vaccination?
Yep. Pak Jokowi bilang kalo saat ini udah ada lebih dari 90 juta masyarakat Indonesia yang dapet vaksin dosis pertama. Terus, Pak pres juga meminta sama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) buat terus mendistribusikan vaksin supaya di akhir Agustus ini jumlahnya jadi 100 juta dosis.
 
How about ganjil genap di Jakarta?
Nah kalo soal itu, kebijakan ganjil genap di DKI Jakarta bakal masih terus diberlakukan meskipun PPKM udah turun satu level. Rencananya, ganjil genap ini masih diterapkan di 8 ruas jalan yaitu Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Merdeka Barat, Jalan Majapahit, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Pintu Besar Selatan, dan Jalan Gatot Subroto.
 
Got it. Anything else?
Inget gak guys, bahwa beberapa waktu lalu juga sempat terjadi pro kontra terhadap kebijakan pemerintah yang mau mengeluarkan angka kematian dari indikator level PPKM? Nah kemaren, di hari yang sama pas pengumuman perpanjangan PPKM, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan bilang bahwa akhirnya pemerintah akan memasukkan kembali angka kematian jadi indikator. Adapun hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan standar WHO dalam pembatasan pergerakan masyarakat.