Pidato Jokowi Dalam Sidang Tahunan, Muhyiddin Yassin Mengundurkan Diri Dari Jabatan PM Malaysia, 1.400 Jiwa Tewas Akibat Gempa 7,2 SR Di Haiti, Sosialisasi Sangat Baik Untuk Kesehatan Mental

49

Hello

Good morning! Today, we have good news, and bad news. The bad news is that if you are looking for the update of the latest situation in Afghanistan, it’s not here. The great news is, it’s here, carefully researched, crafted, and brought to you by our very own CEO. We highly recommend you to enjoy both. Happy Wednesday.


When red is running thru your veins and white is helping you stand up tall…

Sounds cliché, but since yesterday was our independence day, it just feels right.

Yea it does.
Jadi gimana gengs, udah ikutan lomba 17-an from the comfort of your home? Atau bareng sama temen-temen kosan? Well, us @Catch Me Up! HQ sih ngadain lomba… cepet-cepetan lupain mantan. Tapi gaada yang menang :(. Anyway, apapun kegiatanmu, pokoknya tetep utamain protokol kesehatan ya.. Apalagi karena pada 16 Agustus 2021 kemarin, pemerintah udah ngumumin bahwa PPKM level 4, 3, dan 2 di Jawa Bali diperpanjang sampe 23 Agustus nanti.
 
Yea I know that.
OK. Namun meskipun diperpanjang, sebenernya ada beberapa penyesuaian ni gengs, misalnya mal boleh buka dan kapasitasnya naik jadi 50% (sebelumnya 25%). Terus kamu juga udah boleh makan dine in asal bisa nunjukkin bukti kamu udah divaksin.
 
Go on…
Adapun aturan yang nggak berubah adalah: Sektor non-esensial tetap harus WFH 100%. Terus sekolah juga masih jarak jauh. Terus buat kamu yang udah kangen banget olahraga, udah bisa lega dikit nih, karena khusus untuk wilayah Jabodetabek, Bandung Raya, Semarang Raya, dan Surabaya Raya, pemerintah melakukan uji coba protokol kesehatan pada ruang terbuka dan dalam kelompok kecil maksimal 4 (empat) orang, tidak melibatkan kontak fisik. Selain di daerah-daerah tadi, fasilitas olahraganya masih ditutup ya gengs.
 
I thought we were gonna talk about the independence day?
Getting there. Jadi dalam rangkaian perayaan 17 Agustusan ini gengs, Presiden Joko Widodo menyampaikan pidatonya di depan Sidang Tahunan bersama DPR dan DPD RI. Dalam sidang ini, Presiden Joko Widodo memberikan pidatonya soal masyarakat Indonesia yang harus berjuang bersama untuk menghadang covid-19 supaya keadaan cepat membaik. Beliau juga bilang bahwa meski lagi pandemi, agenda pembangunan jalan terus. Pengembangan SDM tetap berjalan, dan pembangunan infrastruktur juga lanjut.
 
Any honorable mention?
Of course, buat para tenaga kesehatan aka nakes. Kata Pak Jokowi, yang sangat mengharukan dan membanggakan adalah kerja keras dan kerja penuh pengabdian dari para dokter, perawat, dan tenaga kesehatan yang lain dalam menghadapi pandemi covid-19 kali ini. Pak Jokowi juga bilang bahwa pandemi udah mempercepat perkembangan industri farmasi dalam negeri, termasuk pengembangan vaksin Merah-Putih, dan juga oksigen untuk kesehatan.
 
I also heard things about his dress code?
Oh yeah, that too. Jadi dalam pidatonya itu, Pak Jokowi pake baju adat Suku Badui berwarna hitam, yang lengkap sama ikat kepalanya atau telekung, dan tas koja yang biasa dipake sama orang-orang Suku Badui. Pemilihan pakaian ini juga menuai banyak reaksi dari netijen, ada yang pro, namun ada juga yang kontra. Untuk yang pro, mereka menilai bahwa pilihannya ok banget dan tentunya menjadi kebanggaan buat masyarakat Badui….
 
Terus kalo yang kontra?
Salah satunya datang dari Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) yang menilai bahwa kebijakan Pak Jokowi justru jauh dari paradigma pembangunan suku Badui yang menghormati Bumi. Sekjen AMAN Rukka Sombolinggi juga bilang bahwa Nawacita yang dulu disebut Pak Jokowi berkomitmen melindungi dan memajukan hak-hak masyarakat adat, namun sampe sekarang janjinya belum terpenuhi.
 
Udah?
Belom. Kan besoknya upacara lagi gengs, pas hari H 17 Agustusnya. Nah kali ini, Pak Jokowi pake baju adat Lampung, dengan didampingi Wapres Kiai Ma’ruf Amin yang pake baju adat Sunda. Upacara berlangsung khidmat guys, dengan adanya atraksi pesawat udara dari TNI AU.
 
Kalo rakyatnya gimana?
Yha nggak kalah khidmat juga sih. Kayak misalnya pemberhentian aktivitas di berbagai titik di Indonesia ketika teks proklamasi dibacakan. Terus ada juga ibu-ibu penjual sayur di Lamongan yang setelah menggelar upacara, kemudian berkeliling desa untuk membagikan makanan untuk warga. Ada juga petugas pemakaman covid-19 di Ponorogo yang upacara dengan masih mengenakan hazmat.
 
🙁 Anything else?
Meanwhile, buat kita-kita yang most likely sheltered @home maka banyak kegiatan lomba online yang bisa dilakukan. Misalnya dengan ngadain lomba online sama temen-temen atau keluarga, terus hadiahnya bisa gift card atau saldo virtual wallet. Nah selain itu, tahun ini juga lagi banyak banget festival virtual dalam rangka kemerdekaan kayak Rumah Digital Indonesia yang bertujuan memberdayakan UMKM, terus Festival Belanja Online digelar sama Jakcloth dan Tokopedia yang diramein sama 200 brand, dan Festival Kemerdekaan yang digelar sama Kapan Lagi Youniverse dan diisi rame banget sama artis-artis.

Who’s just losing his job?

Mantan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin.
 
Hah udah jadi mantan? Gimana ceritanya?
Eiiits malah jadi flashback sama mantan… Jadiii, belakangan ini Muhyiddin Yassin emang lagi di ujung tanduk banget ni guys, karena lagi sering mendapat kritikan, baik dari masyarakat Malaysia and even his own ally aka koalisinya sendiri gengs. Hal ini menyangkut pandangan-pandangan soal Muhyiddin sebagai kepala pemerintahan Malaysia gak kompeten dalam menghadapi pandemi covid-19 ini.
 
OK…
Akhirnya, Senin kemarin tanggal 16 Agustus 2021, doi mundur dari posisinya sebagai Perdana Menteri Malaysia. Dengan begitu, Muhyiddin menjadi perdana menteri yang menjabat dalam waktu tersingkat sepanjang sejarah Malaysia.
 
More background please.
Ok. So, dari bulan Juni kemaren, Malaysia menerapkan lockdown karena kasus harian positif covid di sana semakin parah. Setelah sebulan berlalu, kasus harian tetep gak turun-turun sampe waktu itu total kasus covid di sana udah lebih dari satu juta kasus gengs. Masyarakat gak puas sama penanganan pemerintah, meskipun ada program stimulus untuk masyarakatnya selama lockdown kemaren guys.
 
Terus?
Akhirnya, tanggal 24 Juli 2021 kemaren, masyarakat rame-rame turun ke jalan di tengah-tengah penerapan lockdown ini. Waktu itu, warga melakukan konvoi mobil di beberapa kota di Malaysia, kayak Kuala Lumpur, Johor, Kedah, Melaka, Penang, Pahang, Sabah, Kuching, Sarawak, Perak, dan Selangor. Nah, yang tanggal 24 itu emang baru pemanasan, gengs. Puncaknya adalah seminggu kemudian di tanggal 31 Juli 2021 di mana lebih dari seribu masyarakat turun ke jalan menuntut Muhyiddin mundur dari jabatannya.
 
Terus kok baru sekarang turunnya?
Mainly karena udah lebih dari dua minggu lalu partainya menarik kembali dukungan terhadap Muhyiddin. Dalam keterangannya pas mundur, doi bilang kalo masih banyak masyarakat Malaysia yang mau doi bertahan and continue the fight against the pandemic. Tapiii, doi udah kalah di parlemennya sendiri, makanya doi mutusin buat mundur.
 
Go on..
Muhyiddin juga bilang bahwa para kader partainya Malaysian United Indigenous Party (Bersatu), dan koalisi terbesarnya United Malays National Organisation (UMNO) haus kekuasaan. Karena itulah, mereka mendesak agar Muhyiddin mundur meski jabatannya baru berlangsung selama 17 bulan.
 
Now what? Who’s gonna replace him?
Belom ada ni guys. Saat ini, Muhyidin lagi jadi Plt Perdana Menteri aja, tanpa menteri, dan sambil Kerajaan Malaysia mencari calon penggantinya. FYI, setelah pengunduran diri itu, semua pemimpin partai koalisi maupun oposisi dipanggil sama sang raja, Abdullah of Pahang, buat berunding siapa yang bakal gantiin Muhyiddin. Kemungkinan besar, perdana menteri berikutnya bakal dateng dari partai UMNO gengs, soalnya saat ini ada tujuh jagoan yang mana lima di antaranya merupakan anggota Partai UMNO. The other two at some point pernah ada di Partai UMNO. Nah, salah satunya adalah Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, yang turun di tahun 2018 karena kalah setelah kasus skandal korupsinya terbongkar.
 
OMG… Anything else?
FYI, dari awal kepemimpinannya, Muhyiddin emang gak punya kedudukan yang kuat gengs. Soalnya, doi diangkat langsung sama kerajaan instead of winning the election, jadi doi dianggap kurang legit aja gitu. Apalagi, tandingan-tandingannya merupakan pemain lama di perpolitikan Malaysia kayak Mahathir Mohamad dan Anwar Ibrahim. Terus, banyak pengamat politik yang bilang kalo selama pandemi ini, Muhyiddin cuma survival mode aja dan gabisa ngelakuin sesuatu yang breakthrough.

When mother nature gave another bad sign…

By shaking Haiti up.
 
What happened??
Gempa bermagnitudo 7,2 melanda Haiti hari Sabtu tanggal 14 Agustus 2021 kemaren guys. Tepatnya di 12 km dari kota Saint-Louis du Sud, yang bahkan sampe kerasa ke kota Port-Au-Prince yang jaraknya 125 km saking kencengnya 🙁 Sejak saat itu, evakuasi terus dilakukan dan saat ini korban tewas udah diperkirakan lebih dari 1.400 jiwa. Selain itu, lebih dari 6.900 korban luka juga ditemukan dan masih banyak yang hilang guys.
 
OMG… Sedih banget 🙁
Yes 🙁 and on top of that, badai tropis Grace juga melanda Haiti kemaren banget, tepatnya di kota Les Cayes. Hal ini tentu aja menghambat jalannya evakuasi. Selain itu, tim SAR di sana khawatir banget ni badai tropis ini bisa nimbulin tanah longsor di titik yang terkena gempa ini, yang mana bisa menimbulkan lebih banyak korban jiwa.
 
Is anyone coming to help?
Yep. Sejauh ini udah ada bantuan dari Amerika Serikat dan Chili yang ngirim bantuan tim SAR ke Haiti. Selain itu, dokter-dokter dari Kuba juga ngebantu ngerawat korban luka-luka di sana gengs. UNICEF juga ngasih bantuan buat nolong anak-anak korban gempa ini, terutama mereka yang kehilangan orang tua dan tempat tinggal mereka. Selain itu juga ada Pan American Health Organization (PAHO) yang ngasih bantuan berupa persediaan makanan dan obat-obatan.
 
What about the government?
Nah, kritik lagi berdatangan ni gengs karena pemerintah Haiti dianggap kurang responsif dalam melakukan penanganan bencana alam ini. Akhirnya Senin kemarin, Menteri Kesehatan Haiti Ariel Henry janji ni kalo pemerintah bakal mengerahkan seluruh resource mereka buat menangani bencana ini. Ditambah lagi ada kemungkinan banjir di daerah-daerah yang terkena badai tropis Grace. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Agensi Perlindungan Sipil Haiti Jerry Chandler.
 
OK…
FYI, dari data yang ada, diketahui lebih dari 30 ribu keluarga kehilangan tempat tinggalnya guys. Belom lagi sejak gempa kemaren, warga Haiti pada tidur outdoor karena trauma. Gereja-gereja di sana juga hancur parah banget akibat gempa ini. Hal ini bikin sedih para masyarakat Haiti karena gereja merupakan safe haven mereka. Selain itu, masyarakat Haiti juga baru aja berduka karena kehilangan presidennya, Jovenel Moïse, yang meninggal setelah dibunuh pada bulan Juli kemaren.
 
🙁 Anything else?
Ini bukan kali pertamanya Haiti dilanda gempa besar guysIn case you don’t remember, tahun 2010 lalu, negara ini juga ngalamin gempa yang kekuatannya hampir sama yaitu bermagnitudo 7,0. Gak cuma kekuatannya yang hampir sama, tapi lokasinya juga sama-sama di garis patahan timur ke barat negara ini. Seismologis dari United States Geological Survey Susan E. Hough bilang kalo gempa tahun 2010 dan yang terjadi Sabtu kemaren ni berhubungan gengs. Bisa dibilang, ini semacam domino effect dan gak ada yang bisa memprediksi kapan domino berikutnya bakal tumbang.

When your partner is having a hard time at work…

Listen to them. Iya guys, karena ternyata, punya pendengar yang baik itu bisa bikin kinerja otakmu lebih baik lho, dan juga bisa menghindari kamu dari penyakit kerusakan otak di masa depan.

Yep, berdasarkan studi yang di-publish di jurnal JAMA Network Senin lalu, diketahui bahwa orang tua yang punya hubungan sosial lebih baik, diketahui juga punya kondisi cognitive aging (kemampuan belajar, berpikir, reasoning, problem solving, decision-making, dll) yang lebih baik. Terus, cognitive aging yang lebih baik ini juga memperkecil resiko mereka terkena penyakit dementia di usia senja.

Jadi dalam penelitiannya itu, para peneliti menganalisa data dari 2,171 orang tua di usia 45 tahun maupun lebih tua yang belum kena dementia atau stroke. Terus, mereka ditanya hal-hal kayak: Ada orang yang dengerin nggak, pas kamu ngomong? Kamu suka curhat ke orang lain nggak? Kalo lagi kena masalah, kamu bisa minta nasihat ke orang lain nggak? Terus, kamu masih suka kontakan sama mereka? Nah hasilnya guys, orang tua yang menjawab lebih sedikit kontak memiliki kondisi cognitive aging yang yang lebih tua 4 tahun. Sedangkan mereka yang secara aktif didengarkan, memiliki kondisi cognitive aging hanya 0,25 tahun aja.

Penelitian ini tentunya semakin mengkonfirmasi bahwa bersosialisasi dan punya hubungan yang sehat sama orang-orang terdekat itu bagus buat kesehatan mentalmu. Yep, walaupun lagi pandemi gini, jangan jadi lost contact sama your loved ones ya gengs!


“Maunya kalau saya gratis, bukan turun,”
 
Gitu guys kata Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi pas ngomentarin soal harga tes PCR buat covid-19 yang turun menjadi di kisaran Rp.450ribu- Rp.500ribu. FYI guys, penurunan harga tes PCR yang sebelumnya di kisaran Rp.800rb sampe sejutaan itu baru aja diinstruksikan sama Pak Jokowi demi meningkatkan angka testing di masyarakat. Nah, meskipun udah turun, namun kata Pak Gubernur sih maunya teteup digratisin aje…
 
Pak Edy is all of us. Aaaaaaall of us. 

Announcement


Thanks to Stefanus Andriano & Lutfitasiwi for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….
Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!

Catch Me Up! recommendations

There are so many ways to slow aging: face serum, moisturizers, and these foods. 

Angel’s Stories

1. Kelas 12 kemarin, aku ga sekelas sama temen-temen yang aku sekelas bareng dari kelas 10-11 karena aku gap year buat exchange, jadinya kelas 12 aku bareng angkatan adik kelasku. Because of that, I was not really close to a lot of people in the classHowever, I was pretty close to some people including this guy named Moses yang ga terlalu banyak bicara di kelas. With Moses, I feel like I can talk about literally anything and he knows things that most people our age don’t know. We’d talk about self-development methods, books, history, even hyperinflation in other countries. Basically, he’s that cool smart kid. Karna lulus jalur corona, I haven’t seen him since last year. But, we stay in touch by text every once in a while. We’d share dogs and cats memes and inform each other about our life updatesYesterday, after two weeks of not talking, he asked me how I was doing. I told him that I was busy with panitiain ospek univ dan kesibukan lainnya. Fyi, he’s that friend yang ga banyak ngomong dan sekalinya ngomong, ga banyak😂 BUT, yesterday he told me, “This sounds very busy and I hope it was productive busy. And it’s good that you enjoy doing it too. It gives me good vibes too that people around me are doing well in their life :)” It genuinely touched my heart. Moses, thank you for being such an angel to me. I cherish all of the convo we’ve had and we’ll be having in the future <3.
-Anak Bontang-
 
2. Beberapa waktu lalu aku berantem sama pacarku. Kita punya plan buat kenalan sama ortu masing-masing dan mungkin akan lamaran di akhir taun ini. Tap,i pacarku kalo diajak ngobrolin tentang lamaran dia selalu mengalihkan pembicaraan. Aku sedih dong, overthinking sendiri sampe kerjaan di hari itu berantakan. Akhirnya aku coba cerita dan jujur. Ternyata emang banyak hal yg belum kita obrolin. Pun mungkin sama kaya kamu sekarang yang lagi overthinking tentang apa pun. Coba open dan obrolin kekhawatiranmu. Walaupun mungkin belum ada solusi, setidaknya bisa meringankan bebanmu. Semangat luv! 💙
-El-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)