Penyakit Darah Tinggi Naik 2 Kali Lipat Dalam 30 Tahun Terakhir

34

When you need to eat your greens…

Coz you need to be aware of hypertension aka darah tinggi gengs.
Karena baru aja kemaren nih, World Health Organization (WHO) bilang bahwa jumlah orang yang berusia di atas 30 tahun dengan penyakit darah tinggi jumlahnya telah bertambah dua kali lipat dalam 30 tahun terakhir. Terus parahnya, lebih dari setengah jumlah tersebut nggak mendapatkan pengobatan medis, padahal banyak metode pengobatan yang mudah dan murah, kayak olahraga, makan sehat, dan minum obat yang bisa menurunkan tekanan darah.
 
Jadi dalam data WHO, ditemukan bahwa 8.5 juta orang meninggal setiap tahunnya karena gangguan kesehatan yang disebabkan oleh darah tinggi, kayak stroke, gagal jantung, hingga gagal organ tubuh lainnya kayak ginjal. Untuk melakukan studi ini, para peneliti mengamati data dari 184 negara. Hasilnya, jumlah orang dengan darah tinggi naik dari 648juta di tahun 1990 jadi 1.3milyar orang di tahun 2019.
 
Atas temuan ini, peneliti mendorong pemerintah untuk menyusun kebijakan yang bikin orang di negara-negara miskin tetap bisa mengakses makanan yang sehat, khususnya dengan mengurangi garam dan bikin harga buah dan sayur jadi lebih terjangkau. Selain itu, pemerintah juga diminta untuk memperluas akses jaminan kesehatannya, dan memastikan akses obat-obatan untuk warga yang emang menderita darah tinggi.