Pekerja AS Banyak Terkena Havana Syndrome

46

When Havana is not only in Camila Cabello song…

Today we’ll talk about: Havana syndrome.
Iya guys, serem banget deh. jadi sesuai namanya, syndrome ini pertama kali ditemukan di Havana, Cuba, dan diderita oleh foreign officers-nya Amerika Serikat.
 
HAH gimana?
Jadi syndromnya sendiri rasanya kayak sakit kuping, ngiang-ngiang gitu, sakit kepala, insomnia, dan kecapean. Bahkan ada yang bilang, rasanya kayak ada ledakan di kepala. Nah sindrom misterius ini pertama kalinya menyerang petugas diplomatik dan intelejen Amerika Serikat dan Kanada yang tugas di Havana, Kuba, pada tahun 2016 dan 2017. Abis itu, kasusnya kemudian ditemukan di banyak negara lain kayak di Moscow, China, London, dan paling baru sih, di Wina dan Jerman.
 
Penyebabnya apa?
Jujur sampe sekarang masih belum tau, tapi diduga sih karena adanya gelombang radiofrekuensi yang emang diarahkan pada para korban, dan termasuk juga, berasal dari microwave. FYI guys, sejak Biden menjabat, sejauh ini udah ada 24 orang mata-mata dan diplomat AS yang terkena sindrom ini, dan totalnya sejak awal kasusnya ditemukan udah ratusan orang.
 
Kira-kira siapa dalangnya neh?
Well, kalo Amerika Serikat sih, baik di eranya Trump maupun Biden menduga bahwa serangannya dilakukan oleh agen intelejen Rusia, namanya GRU. Jadi GRU ini diduga menggunakan serangan energi melalui frekuensi radio untuk mencuri data dari komputer dan handphone. Terus salah satu korban baru-baru ini yang kerja di Kedubes AS di Rusia juga bilang bahwa salah satu korban dari “Havana Syndrome” ini adalah orang yang lagi ngerjain isu Rusia.
 
Ngeri abis. 
Yoi. Terkait hal ini, para senator di Amerika Serikat udah mendesak pemerintah AS untuk menginvestigasi kejadiannya, dan minta pemerintah untuk meningkatkan perlindungan terhadap US foreign officers di luar negeri. Menurut para legislator, para dubes dan intel ini juga harus dilindungi kayak perlindungan yang diberikan terhadap tentara AS di luar negeri.
 
Got it. Anything else I should know?
Yep. Jadi inget ga guys, kemarin kita ngomongin soal Kamala Harris yang lagi berkunjung ke Asia Tenggara? Nah tadinya kan kemaren itu doi mau bertolak dari Singapura langsung ke Vietnam, tapi kemudian, perjalanannya itu sempet ditunda beberapa jam, dan alasannya adalah “anomalous health incident” yang kemungkinannya sih, gejalanya sama ama si Havana Syndrome tadi. Nggak jelas siapa yang terkena sindromnya, tapi akhirnya Bu Harris teteup cus ke Vietnam kok guys.