Mendali Emas Pertama Ganda Putri Indonesia Olimpiade Tokyo 2020

47

Now let’s talk about… the gold in the room.

Aka yesterday’s historic Olympic win.
Yep, unless you’ve been living under the rock, kamu pasti tahu bahwa kemarin, Indonesia baru aja memperoleh medali emas pertama di Olimpiade Tokyo 2020 dari cabang olahraga bulutangkis ganda putri. Duo maut Greysia Polii dan Apriyani Rahayu memenangkan pertandingan final lawan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dari China kemarin jam 12.00 WIB.

OMG!!! Finally :”)
Yes :”) duo Grey/Ap mencetak sejarah dengan menjadi ganda putri dari Indonesia pertama yang mendapatkan emas di ajang Olimpiade. Tanding di Lapangan 1 Musashino Forest Sport Plaza, pasangan ini menang dua set langsung dengan skor 21-19, 21-15 dalam tempo 55 menit. Tau aja nih masyarakat Indonesia lagi nontonin pas lunch break. Grey/Ap langsung menangin pertandingan gak sampe sejam, hihi.

Keren bangeeet…
Banget. Apalagi pas Polii sempet ganti raket di tengah-tengah pertandingan, dan tetep menang medali emas. Buat Polii, kemenangan ini juga buat membayar kegagalannya pada Olimpiade London 2012. Kini di usianya yang ke-33, doi jadi pemain bulu tangkis putri paling senior, dan Olimpiade kali ini adalah yang ketiga baginya.

Whoaaa kudos to Greysia! How about Apriyani?
Sama kerennya gengs. Kalo kata ayahnya, Apriyani udah bisa main bulu tangkis sebelum bisa bicara. Emang bener-bener passion deh pokoknya. Setalah konsisten main dari tingkat daerah sampe tingkat provinsi di Sulawesi Tenggara, akhirnya bakat Apriyani tercium oleh para pemandu bakat. Terus pada 2017, doi masuk ke Pelatnas (Pelatihan Nasional) dan mulai duet sama Greysia. Padahal tadinya Greysia udah mau gantung raket alias pensiun abis Olimpiade Rio 2016 karena pasangannya saat itu cedera. Tapi pelatih memintanya untuk nunda dulu pensiunnya, and that’s when she got “matched” with Apriyani.

Thank God! Terus terus perjalanan mereka berdua sebagai duo gimana tu?
Well,  Penampilan pertama mereka sebagai duo terjadi di Kejuaraan Beregu Sudirman Cup 2017. Grey/Ap kemudian meraih gelar pertamanya di kelas BWF Grand Prix Gold pada Thailand open 2017 dan disusul gelar BWF Super Series pertamanya di France Open Super Series 2017. Nah sekarang ni, keduanya menempati peringkat enam dunia ganda putri. Grey/Ap memiliki statistik pertandingan menang kalah sebesar 125 – 52. Salut!

Got it. Anything else?
Terkait kemenangan ini, Presiden RI Joko Widodo kemudian melakukan video call sama Greysia dan Apriyani setelah selesai pertandingan kemaren. Pak Jokowi ngucapin selamat buat keduanya karena udah mempertahankan tradisi medali emas cabang olahraga bulutangkis Indonesia. Greysia dan Apriyani curhat deh ke Pak Jokowi kalo abis set pertama selesai, mereka sebenernya deg-degan banget. Perbincangan diakhiri dengan undangan Pak Pres ke Grey/Ap di istana selepas pulang dari Tokyo.

Thank you again, champs!