Kuba Akan Regulasi Aset Kripto

28

Who just joined the cryptocurrency club?

Cuba.
Jadi gengs, Kuba baru aja ni menyatakan kalo negara ini bakal meregulasi penggunaan aset kripto. Official Gazette atau koran resmi pemerintah Kuba pada minggu lalu baru aja mempublikasikan rencana ini, di mana bank sentral di sana akan mulai melakukan regulasi terhadap kripto dan mulai melakukan proses perizinan terhadap penyedia layanan platform jual beli aset kripto ini.
 
Jadi Bitcoin bisa dijadiin alat transaksi di sana?
OTW guys. Bitcoin dan kawanannya bakal mulai berlaku jadi alat transaksi di sana pada tanggal 15 September 2021 nanti. Dari publikasi tersebut, katanya alasan dari regulasi ini sih karena tingginya minat masyarakat Kuba terhadap aset kripto. Nah, Kuba disebut-sebut mencontoh negara lain yang sama-sama berada di Amerika Tengah, El Salvador, yang awal Juni lalu juga udah mulai meresmikan penggunaan aset kripto sebagai alat pembayaran di negara tersebut.
 
Emang sebelumnya masyarakat Kuba belom ada yang pake kripto?
Udah banyak sih, khususnya di kalangan anak muda dan mereka yang technology-savvy. Makanya ni, bulan Mei kemaren, Presiden Kuba Miguel Díaz-Canel bilang kalo pemerintahannya lagi menganalisis soal pemasukan yang berpotensi didapatkan dari transaksi aset kripto ini kalo penggunaannya diresmikan. Ternyata aset kripto dinilai menguntungkan sama pemerintah Kuba gengs, makanya dibikinlah regulasi untuk aset kripto ini.
 
Terus?
Apalagi mengingat perekonomian Kuba yang pendapatan GDP-nya menurun 11% dari tahun sebelumnya akibat pandemi covid-19 dan embargo dari US. Nah terkait embargo ini, banyak juga yang menyebut bahwa para pengguna aset kripto di Kuba menggunakan mata uang digital ini supaya bisa mengakali embargo ekonomi dari US ni guys.
 
What embargo?
Jadi, embargo yang dilakukan terhadap Amerika Serikat ke Kuba ini udah berjalan sejak tahun 1960 dan jadi embargo yang paling lama yang dilakukan Amerika Serikat. Alasannya adalah karena Kuba menolak untuk berdemokrasi dan untuk lebih menghargai hak asasi manusia. Nah, embargo sendiri merupakan aksi larangan hubungan perekonomian dan perdagangan, which means dolar AS susah banget masuknya ke Kuba. Nah, di era kepemimpinan Barack Obama, sebenernya embargo AS terhadap Kuba udah mulai direlaksasi guys, dengan adanya penerbangan langsung dari AS ke Kuba, hingga pelonggaran aturan bisnis di sana. Namun, pada eranya Donald Trump, kebijakan ini berubah jadi lebih restrikti, di mana penerbangannya ditutup, Kuba dimasukin ke daftar negara yang mendukung terorisme, hingga larangan bagi orang di AS untuk ngirim duit ke keluarganya di Kuba.
 
I see. What does this have to do with cryptocurrency?
Nah dengan adanya embargo ini, otomatis kiriman duit dari AS susah masuk ke Kuba dong guys, padahal banyak orang Amerika-Kuba yang bekerja di AS dan hasilnya dikirim ke keluarganya di Kuba. Karena inilah, aset crypto kemudian menuai popularitas. Hal ini karena aset kripto dikenal dengan transaksinya yang lintas negara, dan alamat pengirim dan penerimanya gak bisa dilacak. Jadi, banyak yang bilang bahwa kalo regulasi aset kripto ini merupakan langkah dari pemerintah Kuba untuk mengakali embargo US.
 
Hmmm. I see.. Anything else?
Nah kalo di Indonesia sendiri, aset kripto merupakan salah satu instrumen investasi yang juga lagi naik daun, sama kayak kayak saham, emas, reksadana, dan lain-lain gitu. Bedanya, bisa dibilang aset kripto lebih volatile ketimbang aset lain, meaning pergerakan harganya yang naik turun bisa terjadi dalam waktu singkat. Tapi kalo kamu paham investasinya, keuntungannya bisa gede loh gengs. Menurut catatan pemerintah, angka transaksi kripto di Indonesia sepanjang tahun 2021 udah mencapai Rp478,5 triliun per Juli 2021. Nah, hal ini menunjukkan tingginya minat investasi kripto di Indonesia.
 
OK. I want to try.
Nah, kalo kamu mau join the bandwagon dan mulai invest di crypto, kamu bisa daftar di sini nih. Mumpung abis gajian kan, bisa tuh kamu sisihin sebagian buat investasi kripto. Pssst, ada promo menarik loh. Kamu bisa dapetin cashback Bitcoin senilai Rp50rb (bagi pengguna baru) atau cashback Bitcoin senilai Rp25rb (bagi pengguna setia) kalau kamu membeli Bitcoin senilai Rp100rb selama periode berlangsung. Untuk pengguna baru, gunakan kode referral INVESTDAY dan dapatkan kesempatan menang undian 1 unit PlayStation 5! Wah udah dapet cuan, dapet PS pula. Menang banyak~
 
*This is a sponsored article. Meaning, we got something in return from this advertisement.