KPK Seleksi Koruptor Untuk Program Penyuluhan Antikorupsi, Wapres AS Kamala Harris Kunjungi Singapura dan Vietnam, Tokyo 2020 Paralympic Games Resmi Digelar, Airbnb Akan Menyediakan Tempat Tinggal Gratis Untuk Pengungsi Afghanistan

47

Hi

It’s Wednesday again, and to make it more bearable, we have a little tip: Wear pink, like Regina George. But, if pink is not your color, maybe you can listen to our podcast instead, where we’ll update you with everything you need to know, in audio. It’s simple, easy, and chewable. Enjoy.


Who just got back together with their ex?

Komisi Pemberantasan Korupsi aka KPK.
 
They have exes?
Well, maksudnya mantan koruptor. Jadi guys, baru aja nih KPK menyusun rencana yang akan melibatkan napi terpidana kasus korupsi alias eks koruptor buat ikutan program penyuluhan antikorupsi.
 
HAH?
Iya, jadi, napi-napi ini bakal diminta testimoninya mengenai dampak korupsi yang mereka lakukan buat jadi pembelajaran yang harus dihindari oleh penyelenggara negara dan masyarakat umum. Menurut keterangan dari Deputi Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Wawan Wardiana, KPK juga udah melakukan sosialisasi ke Lapas Sukamiskin dan Lapas Tangerang buat menyeleksi kandidat napi koruptor” yang paling sesuai.
 
Udah kayak ajang pencarian bakat aja… 
Yoi. Jadi dari beberapa napi yang ada di kedua lapas tersebut, beberapa sih udah jadi finalis ni gengs. Sekarang katanya masih tahap screening. Terus, banyak yang mengartikan kalo ini berarti para napi kasus korupsi bakal jadi penyuluh antikorupsi kayak brand ambassador gitu.
 
Terus kata KPK apa?
Ga gitu… kalo kata KPK yang diwakilin sama Plt Juru Bicara Bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati Kuding sih, lembaganya cuma berencana meminta testimoni pengalaman dari narapidana kasus korupsi untuk menjadi pembelajaran bagi masyarakat, khususnya pejabat negara agar mereka nggak korupsi, gitu gengs.
 
Hmmm. Did anyone say anything about it?
Yep. Salah satunya datang dari pegiat antikorupsi Febri Diansyah yang nyindir KPK dengan bilang, “Ke depannya KPK harus bikin terobosan yang lebih dari ini, contohnya kayak ngerekrut eks koruptor jadi Ketua KPK.” Terus, ada juga politisi PKS Mardani Ali Sera yang bilang kalo program KPK ini ironis banget mengingat lembaga ini malah menyingkirkan 75 orang karyawannya melalui Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) beberapa waktu lalu. Eh, sekarang malah rekrut napi.
 
Got it.
Selain itu, komentar juga datang dari anggota DPR RI Fraksi Gerindra Habiburokhman yang bilang kalo program ini bakal sulit direalisasikan. Hal ini karena butuh banyak persiapan supaya program ini mencapai tujuannya yaitu menjauhkan masyarakat dari perilaku korupsi. Selain itu, bisa-bisa program ini malah berlawanan dengan kebijakan antikorupsi.
 
Anything on the other side?
Yep. Ada yang setuju dengan ide ini ni gengs, yaitu pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing. Doi bilang kalo bisa aja setelah eks koruptor membagikan pengalamannya berurusan sama penegak hukum, masyarakat yang tadinya punya niat korupsi jadi mengurungkan niat tersebut.
 
I see… Anything else?
FYI, meskipun program ini baru disampaikan sama KPK tanggal 20 Agustus 2021 kemarin, seleksi kandidat udah dilakukan dari lama loh gengs. KPK mendatangi Lapas Sukamiskin di tanggal 31 Maret 2021 dan Lapas Tangerang tanggal 20 April 2021. Sejauh ini, ada empat kandidat dari Lapas Sukamiskin dan tiga kandidat dari Lapas Tangerang. Banyak orang sih katanya ngejagoin Setya Novanto gengs, kalo kalian siapa?
 
*Lowkey berharap Juliari Batubara biar negeri +62 makin riuh rendah*

Who is singing “you can count on me like one two three…”?

Bruno Mars?
 

Yep, and also Vice President of the USA Kamala Harris.

Jadi hal itulah yang disampaikan sama Madam Vice President Kamala Harris pas mengunjungi Asia Tenggara, tepatnya ke Singapura pada tanggal 22 Agustus 2021 dan Vietnam tanggal 24 Agustus 2021. FYI, ini adalah pertama kalinya Harris melakukan kunjungan ke wilayah ini setelah menjabat sebagai Wapres Amerika Serikat.
 
Ngapain tu?
Agendanya sih pengen memperkuat hubungan diplomatis dengan negara-negara Asia Tenggara, terlebih di tengah-tengah situasi terbaru di Afghanistan dan Laut Cina Selatan yang lagi memanas. Dalam kesempatan kunjungannya ke Singapura, Harris juga menegaskan bahwa kita-kita di Asia Tenggara nih bisa count on the US. “We are a credible ally,” gitu katanya.
 
Why is that necessary?
Yha karena emang semenjak Biden-Harris dilantik pada Januari lalu, banyak pengamat hubungan internasional yang menunggu nih, bakal kayak gimana kebijakan Biden di wilayah ini. Karenanya, kunjungan ini udah diantisipasi banget gengs, apalagi dilakukan bertepatan dengan baru ditariknya tentara AS dari Afghanistan.
 
I see…
Nah, selain mempertegas komitmennya dalam kerja sama di Asia Tenggara, Harris juga bakal fokus pada isu lain kayak ekonomi, supply chain, climate crisis, pandemi covid-19, hingga isu Laut China Selatan. Adapun dalam pertemuannya kemarin sama Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Llong, Harris membahas topik-topik ini dan menghasilkan beberapa perjanjian kerja sama juga. Produktif yha.
 
What about Laut China Selatan situation tho?
As a background, sejak tahun 2016 silam, China mengklaim bahwa Laut China Selatan adalah wilayah teritorial mereka. Well, it is called ‘China’ Sea... Nah, menurut China, 90% dari laut tersebut adalah milik China, despite keputusan PBB yang bilang kalo wilayah tersebut adalah Zona Ekonomi Eksklusif milik beberapa negara Asia Tenggara kayak Brunei Darussalam, Malaysia, Taiwan, Filipina, Indonesia, dan Vietnam.
 
Terus?
Perairan ini strategis banget karena Laut China Selatan adalah jalur perdagangan internasional terbesar ketiga gengs. Kalo China ngeklaim hampir semua wilayah tersebut, otomatis bakal bikin kekuatan China semakin besar secara internasional. Soalnya, China berhak nentuin siapa aja yang bisa lewat situ. Makanya Uni Eropa dan AS ngebelain banget ni negara-negara Asia Tenggara yang dispute sama China over this matter.
 
Well, does Harris say anything about this, tho?
Yep, dalam hal ini, Harris bilang bahwa Beijing maksa dan mengintimidasi banget dalam klaimnya terhadap South China Sea. Beliau juga bilang klaim China nggak berdasar dan melanggar aturan kedaulatan negara lain.
 
Terus… kok ga mampir ke sini sis?
Nah kemaren udah mimin WA tapi belum dibales gengs *wkwkkw* tapi emang sih, banyak yang nanyain kenapa Harris cuma ke Singapura dan Vietnam doang? Kenapa nggak ke Indonesia? Secara Indonesia adalah negara terbesar di Asia Tenggara. Kalo kata Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, kemungkinannya Indonesia lagi dikasih waktu buat ngurus covid dulu yang lagi bergejolak.
 
Why Vietnam and Singapore, then?
Well, masih kata Pak Hikmahanto, karena Vietnam punya klaim langsung guys terhadap Laut China Selatan, jadi kedatangan Harris ke sana bisa jadi message juga buat China untuk jangan agresif di perairan tersebut. Terus kenapa Singapura? Ya karena negara itu meskipun kecil tapi punya kekuatan ekonomi yang besar. Jadi inget ya guys, bukan karena kita nggak penting.
 
I see, anything else?
FYI, kunjungan US ke Vietnam dinilai ironis sebenernya, terlebih mengingat situasi Afghanistan kemarin. US dianggap kabur gitu aja dari Afghanistan as soon as Taliban mengambil kekuasaan. As a background, US dulu kalah di perang melawan komunisme di Vietnam pada tahun 1975 dan kabur gitu aja, kayak di Afghanistan kemarin. Menurut Direktur Institute of Security and International Studies di Chulalongkorn University Thitinan Pongsudhirak, US yang withdrew tentaranya dari Afghanistan gitu aja udah merusak kredibilitas mereka di mata internasional, apalagi di Vietnam. Sopeople are wondering apakah kedatangan Harris di Vietnam bakal awkward.

Habis Olympics, terbitlah Paralympics.

Yoi gengs, acara olahraga Tokyo 2020 Paralympic Games resmi digelar kemaren banget ni. Acara ini bakal berlangsung mulai tanggal 24 Agustus 2021 sampe 5 September 2021 mendatang.
 
Update me.
You got it. So, first thing first, Paralimpiade adalah ajang lintas cabang olahraga yang diikuti oleh atlet difabel. Biasanya, Paralimpiade digelar setelah Olimpiade selesai dan di kota yang sama juga. Acara ini juga diadakan empat tahun sekali di tahun yang sama dengan Olimpiade.
 
Seru banget!! Indonesia ikutan gak?
Pastinya dong. Indonesia mengirimkan 23 atlet difabel dari tujuh cabang olahraga yaitu atletik, badminton, tenis meja, renang, balap sepeda, powerlifting, dan menembak. Salah satu atlet yang turun mewakili Indonesia adalah Jaenal Aripin di cabang atletik. Doi merupakan peraih dua medali perak dan satu medali perunggu di ajang ASEAN Para Games 2017.
 
Terus, kemaren udah opening ceremony?
Udah guys. Upacara pembukanya gak kalah seru juga, ada banyak atraksi mulai dari marching band, penari dengan pakaian neon, musisi yang memainkan banyak alat musik, dan lain-lain. Di Paralimpiade tahun ini, ada lima negara yang debut ikutan ajang olahraga ini yaitu Bhutan, Grenada, Maldives, Paraguay dan St. Vincent and the Grenadines.
 
Whoaaa. Eh tapi kan lagi covid terus gimana?
Nah selain yang debut tadi, banyak juga ni negara-negara yang memutuskan buat gak ikutan tahun ini, jumlahnya 21 negara to be more exact. Alesannya macem-macem gengs, mulai dari gak ada atlet yang qualified, kehamilan, but mostly ya karena covid dan negaranya lagi lockdown. Tapi ada juga ni yang ikutan Paralimpiadenya tapi gak ikutan opening ceremony kemaren. Contohnya kayak New Zealand, di mana mereka mutusin buat sit this one out karena khawatir sama keamanan para atletnya.
 
Kenapa tu?
Soalnya sejauh ini udah ada 161 kasus yang berkaitan sama ajang Paralympics ni gengs, mostly di para staf dan kontraktor, dan 6 kasus kena di atletnya yang tinggal di Paralympic village. Pihak penyelenggara udah berjanji ni mereka bakal ningkatin pelaksanaan protokol kesehatan dan testing secara terus menerus supaya semuanya bisa aman.
 
Got it. Anything else?
FYI, peserta Paralympics tahun ini meningkat dibanding yang digelar di Rio, Brasil tahun 2016 silam loh gengs. Jumlahnya meningkat 3 partisipan jadi 162. Considering ini lagi in the middle of global pandemic, peningkatan ini bisa dibilang signifikan. Selain itu, Afghanistan juga batal ikutan Paralimpiade karena penerbangan dari Kabul dibatalkan semua. Meski begitu, bendera Afghanistan tetep diikutsertakan pas opening kemaren sebagai bentuk solidaritas atas apa yang negara ini baru alami with the Taliban and everything.

Who’s opening up their door for Afghan refugees?

Airbnb.
Yoi guys, situs online untuk penyewaan rumah/ruangan itu kemaren baru aja mengumumkan bahwa mereka bakal menyediakan tempat tinggal gratis untuk 20ribu orang pengungsi Afghanistan. Dalam keterangannya di Twitter, CEO Airbnb Brian Chesky bilang bahwa programnya akan segera dimulai, dan Airbnb bakal membayar untuk semua biaya yang diperlukan. Masih via Twitternya, Chesky bilang bahwa kondisi pengungsi Afghanistan yang nggak punya tempat tinggal dan membutuhkan pemukiman kembali (resettlement) baik di Amerika Serikat atau di mana pun di seluruh dunia adalah krisis kemanusiaan terbesar saat ini. Karenanya, Chesky bilang bahwa dirinya merasa harus mengambil aksi nyata dengan menyediakan tempat tinggal tadi. Selanjutnya, Airbnb bakal kerja bareng sama NGO dan organisasi nonprofit yang diasuhnya, Airbnb.org yang emang menyediakan perumahan buat orang-orang yang kehilangan tempat tinggal karena bencana alam maupun krisis lainnya.
 
FYI guys, sejak Taliban mengambil alih pemerintahan di Afghanistan, puluhan ribu warga Afghan udah kabur dari negaranya dan jadi pengungsi di negara lain. Menurut UNHCR, saat ini ada lebih dari 2,5 juta pengungsi Afghanistan yang terdaftar. Mereka kemudian jadi pengungsi di banyak negara, salah satunya di Indonesia.

“Saya tidak hapal, namanya panjang sekali,”
 
Gitu guys, kata Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang kemarin baru aja meminta maaf atas ucapannya yang bilang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai “Menteri Penjahit”. FYI, hal ini beliau lontarkan pas diwawancara sama wartawan soal kondisi covid19 di wilayahnya. Terus beliau bilang something like, “Setelah ada instruksi Mendagri dan dijabarkan Pak Menteri Penjahit itu, Luhut Penjahit itu saya laksanakan instruksinya.” Eeeeh videonya viral guys pas doi ngomong gitu. Tapi yaudah lah ya, kan dah minta maap….
 
When you’re single af and your relatives keep asking, “Pacar kamu siapa?” in a family event…

Announcement


Thanks to Indi Auliana & Milo for buying us coffee yesterday!

 

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)


Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

Been feeling constantly tired and unmotivated? You’re probably burned out. Here are the signs you need to watch.

Angel’s Stories

1. Akhir-akhir ini aku merasa emosiku sedang ga stabil, gampang marah dan suka banget menyendiri. Emang sih aku sedang banyak pikiran gegara punya trust issue sama “atasan” dan mengalami beberapa kekecewaan 🙁  Sampe suatu ketika, aku lupa pernah baca di mana, ada yang pernah bilang, “Kalau hati dan pikiranmu sedang kacau, coba berbuat baik sama orang lain.” Akhirnya selama sebulanan ini aku mencoba bersedekah, entah dengan ngasih tip ke driver ojol, ikutan donasi atau iuran buat ke panti asuhan. Nominalnya ga terlalu banyak sih, tapi setelah aku melakukannya rasanya lega banget. Entah kenapa rasanya aku jadi lebih bisa mengontrol emosi. Bahkan belakangan mulai menjalin relasi lagi dengan beberapa temen, sampai merealisasikan project pribadi bareng mereka.  Sejujurnya, niatku bersedekah itu semata karena pengen merasa lebih tenang aja. Apalagi kalo dapet doa-doa baik dari orang lain, rasanya hati makin adem gitu :’) Tapi Allah SWT memang Maha Baik. Belum lama ini aku dapet transferan dengan jumlah yang lumayan. Kaya “tau aja sih lg bokek pas akhir bulan” :’) Alhamdulillah. Alhamdulillah juga meski masih ga baik-baik aja, tapi aku jauh lebih tenang daripada sebelumnya. Plus, aku juga jadi termotivasi untuk berbuat kebaikan lebih banyak lagi.  Terima kasih diriku karena mampu bertahan sampai saat ini.🧡
-fnds-
 
2. Beberapa hari ini aku sibuk ngurusin Open Recruitment anggota baru. Aku yang notabene baru kali ini bener jadi ketua dan sebelumnya gaada pengalaman organisasi tentu aja gugup pas disuru mimpin. Kupikir oprec nya maybe ga bakal berjalan manis dan yang kebanyakan gerak paling anggota yang itu² aja. Dannn, ternyata anggotaku yang kuanggap bakal pasif banyak banget yang excited dan bantu banget buat oprec. Emang ya kita itu jangan jadi overthinking dulu. Tbh emang ga berjalan semanis itu, jadi ketua emang ga gampang, guys :”) tapi Tuhan udah nempatin kita di posisi seperti sekarang ini (entah kamu lagi ada di posisi berat, kerjaan numpuk, dll) itu berarti kita mampu. Lakuin aja yang terbaik, karena hasil itu bukan kuasamu. Semangat, guys, terutama yang lagi nyiapin UTBK kek aku tapi masih banyak kerjaan organisasi dan tugas sekolah. Keep it up!
-Shi-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)