KPK Operasi Tangkap Tangan DPR RI NasDem dan Bupati Probolinggo, Kuba Akan Regulasi Aset Kripto, Badai Ida Terjang Wilayah Pesisir AS, Murid SD di China Dilarang Menerima PR & Ujian Tertulis

60

Hello )

Good morning. If you watched the PPKM status announcement last night, chances are, you’re starting to feel optimistic about our pandemic outlook. The gov said that the infection rate is down, BOR is lower, and active cases are decreasing. Hope this positive trend continues and we will soon be able to hug our loved ones again. Have a good day.


Alert: new power couple on the block.

Everyone, meet: Hasan Aminuddin and his wife, Puput Tantriana Sari.
Yep guys, karena Hari Senin dini hari tanggal 30 Agustus 2021 kemaren, KPK menjalankan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pasangan suami istri Hasan Aminuddin dan Puput Tantriana Sari di kediaman keduanya atas dugaan kasus korupsi jual beli jabatan. Hasan adalah anggota DPR RI Fraksi NasDem, sedangkan istrinya Puput merupakan Bupati Probolinggo, Jawa Timur.
 
I need a little background on them.
Got itSo, saat ini Hasan Aminuddin adalah anggota DPR RI periode 2014-2019 dan kemudian 2019-2024. Doi mengawali karirnya sebagai anggota DPRD Kab. Probolinggo dari Fraksi PPP, dan periode berikutnya terpilih lagi dan berganti fraksi jadi PKB. Kemudian, doi menjabat sebagai Bupati Probolinggo dua periode juga ni gengs. Abis masa jabatannya habis, Hasan kemudian maju ke DPR RI dari Partai NasDem, dan kini doi menjabat sebagai wakil ketua Komisi IV DPR RI yang membawahi isu pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, serta kelautan. Terus untuk posisi bupatinya di Probolinggo, doi diganti sama siapa coba tebak? Yak betoool. Sama istrinya, Puput Tantriana Sari.
 
Wow, couple goals nih?
We know, right? *lol* And now, onto the wife. Puput menjabat sebagai Bupati Probolinggo sejak tahun 2013 silam. Sebelumnya, doi merupakan staf BPD Jawa Timur sejak tahun 2004 hingga 2008. Doi dan wakil bupatinya Timbul Prihanjoko menjabat selama dua periode dari 2013-2018 dan 2018-2023. Dari sinilah banyak orang yang berpendapat kalo pasangan ini menciptakan dinasti politik di Probolinggo, di mana anggota keluarga memegang bangku kekuasaan di suatu daerah selama beberapa periode.
 
I see. Now tell me more about the OTT.
Jadi, Puput dan Hasan ini ditangkap OTT dengan dugaan tindak pidana korupsi terkait jual beli jabatan pemerintahan di Kabupaten Probolinggo. Menurut keterangan dari sumber CNNIndonesia.com, setiap kepala desa diduga dimintain uang sebesar Rp20 juta kalo mau menjabat jadi Kades gengs. Dari operasi ini, KPK menyita uang senilai lebih dari 300 juta rupiah. Selain Puput dan Hasan, ada lima orang camat dan tiga orang ASN lainnya yang ikutan ditangkep ni karena dugaan kasus jual beli jabatan ini.
 
Go on.
Selanjutnya, disebutkan juga bahwa sang bupati sebenernya boneka aja gengs, dan justru sang suami lah yang aktif bergerak. Abis OTT tersebut, 10 orang yang berhasil diamankan KPK itu kemudian dibawa ke Polda Jatim sekitar pukul 05.00 WIB dan akhirnya dibawa ke Jakarta untuk diperiksa di Gedung Merah Putih KPK di Jakarta. Kemaren siang udah pada nyampe di Jakarta dan semuanya memilih bungkam ni gengs.
 
Any comments from other sides?
Plt. Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri sih cuma bilang kalo iya bener ni ada operasi tangkap tangan di salah satu kabupaten di Jawa Timur. Tapi other than that belom ada komentar tambahan sampe berita ini ditulis. Berdasarkan KUHAP (Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana), KPK punya waktu 1×24 jam buat nentuin status dari orang yang ditangkep. Jadi, kita tunggu kelanjutannya ya gengs.
 
I see…
Nah terkait penangkapan kadernya ini, Partai Nasdem angkat bicara. Menurut Sekjen DPP Partai Nasdem Johnny G. Plate, kalo emang bener kadernya tertangkap OTT KPK, maka partai ikut prihatin. Selain itu, Nasdem juga udah punya SOP kalo ada kadernya yang terjerat kasus hukum, khususnya terkait korupsi, yaitu mundur dari keanggotaan partai.
 
Ok. Anything else?
On an entirely unrelated news (wellll not really since it’s also about KPK), ada yang gajinya baru dipotong KPK ni gengs. Adalah Wakil Ketua KPK Lili Pintauli yang kemaren sempet jadi pembahasan karena kasus pelanggaran kode etik dengan melakukan kontak sama salah satu terperiksa dalam kasus yang ditangani KPK. Iya guys, hukuman buat pelanggaran kode etik ini adalah potong gaji pokok bulanan selama setahun sebesar 40%, atau sekitar Rp1.848.000 dari gaji pokok sebesar Rp4.620.000. Meanwhile, sebagai Wakil Ketua KPK, Lili mendapatkan tunjangan bulanan yang totalnya adalah senilai Rp112.591.250. OK

Who just joined the cryptocurrency club?

Cuba.
Jadi gengs, Kuba baru aja ni menyatakan kalo negara ini bakal meregulasi penggunaan aset kripto. Official Gazette atau koran resmi pemerintah Kuba pada minggu lalu baru aja mempublikasikan rencana ini, di mana bank sentral di sana akan mulai melakukan regulasi terhadap kripto dan mulai melakukan proses perizinan terhadap penyedia layanan platform jual beli aset kripto ini.
 
Jadi Bitcoin bisa dijadiin alat transaksi di sana?
OTW guys. Bitcoin dan kawanannya bakal mulai berlaku jadi alat transaksi di sana pada tanggal 15 September 2021 nanti. Dari publikasi tersebut, katanya alasan dari regulasi ini sih karena tingginya minat masyarakat Kuba terhadap aset kripto. Nah, Kuba disebut-sebut mencontoh negara lain yang sama-sama berada di Amerika Tengah, El Salvador, yang awal Juni lalu juga udah mulai meresmikan penggunaan aset kripto sebagai alat pembayaran di negara tersebut.
 
Emang sebelumnya masyarakat Kuba belom ada yang pake kripto?
Udah banyak sih, khususnya di kalangan anak muda dan mereka yang technology-savvy. Makanya ni, bulan Mei kemaren, Presiden Kuba Miguel Díaz-Canel bilang kalo pemerintahannya lagi menganalisis soal pemasukan yang berpotensi didapatkan dari transaksi aset kripto ini kalo penggunaannya diresmikan. Ternyata aset kripto dinilai menguntungkan sama pemerintah Kuba gengs, makanya dibikinlah regulasi untuk aset kripto ini.
 
Terus?
Apalagi mengingat perekonomian Kuba yang pendapatan GDP-nya menurun 11% dari tahun sebelumnya akibat pandemi covid-19 dan embargo dari US. Nah terkait embargo ini, banyak juga yang menyebut bahwa para pengguna aset kripto di Kuba menggunakan mata uang digital ini supaya bisa mengakali embargo ekonomi dari US ni guys.
 
What embargo?
Jadi, embargo yang dilakukan terhadap Amerika Serikat ke Kuba ini udah berjalan sejak tahun 1960 dan jadi embargo yang paling lama yang dilakukan Amerika Serikat. Alasannya adalah karena Kuba menolak untuk berdemokrasi dan untuk lebih menghargai hak asasi manusia. Nah, embargo sendiri merupakan aksi larangan hubungan perekonomian dan perdagangan, which means dolar AS susah banget masuknya ke Kuba. Nah, di era kepemimpinan Barack Obama, sebenernya embargo AS terhadap Kuba udah mulai direlaksasi guys, dengan adanya penerbangan langsung dari AS ke Kuba, hingga pelonggaran aturan bisnis di sana. Namun, pada eranya Donald Trump, kebijakan ini berubah jadi lebih restrikti, di mana penerbangannya ditutup, Kuba dimasukin ke daftar negara yang mendukung terorisme, hingga larangan bagi orang di AS untuk ngirim duit ke keluarganya di Kuba.
 
I see. What does this have to do with cryptocurrency?
Nah dengan adanya embargo ini, otomatis kiriman duit dari AS susah masuk ke Kuba dong guys, padahal banyak orang Amerika-Kuba yang bekerja di AS dan hasilnya dikirim ke keluarganya di Kuba. Karena inilah, aset crypto kemudian menuai popularitas. Hal ini karena aset kripto dikenal dengan transaksinya yang lintas negara, dan alamat pengirim dan penerimanya gak bisa dilacak. Jadi, banyak yang bilang bahwa kalo regulasi aset kripto ini merupakan langkah dari pemerintah Kuba untuk mengakali embargo US.
 
Hmmm. I see.. Anything else?
Nah kalo di Indonesia sendiri, aset kripto merupakan salah satu instrumen investasi yang juga lagi naik daun, sama kayak kayak saham, emas, reksadana, dan lain-lain gitu. Bedanya, bisa dibilang aset kripto lebih volatile ketimbang aset lain, meaning pergerakan harganya yang naik turun bisa terjadi dalam waktu singkat. Tapi kalo kamu paham investasinya, keuntungannya bisa gede loh gengs. Menurut catatan pemerintah, angka transaksi kripto di Indonesia sepanjang tahun 2021 udah mencapai Rp478,5 triliun per Juli 2021. Nah, hal ini menunjukkan tingginya minat investasi kripto di Indonesia.
 
OK. I want to try.
Nah, kalo kamu mau join the bandwagon dan mulai invest di crypto, kamu bisa daftar di sini nih. Mumpung abis gajian kan, bisa tuh kamu sisihin sebagian buat investasi kripto. Pssst, ada promo menarik loh. Kamu bisa dapetin cashback Bitcoin senilai Rp50rb (bagi pengguna baru) atau cashback Bitcoin senilai Rp25rb (bagi pengguna setia) kalau kamu membeli Bitcoin senilai Rp100rb selama periode berlangsung. Untuk pengguna baru, gunakan kode referral INVESTDAY dan dapatkan kesempatan menang undian 1 unit PlayStation 5! Wah udah dapet cuan, dapet PS pula. Menang banyak~
 
*This is a sponsored article. Meaning, we got something in return from this advertisement.

Another day, another disaster happening on earth…

Ida Hurricane menerjang beberapa wilayah di Amerika Serikat.
Iya guys, pada Hari Minggu tanggal 29 Agustus kemarin, Badai Ida menerjang wilayah pesisir Amerika Serikat New Orleans, Louisiana. Puluhan ribu warga yang tinggal di daerah ini udah mengevakuasi dirinya sejak himbauan dan peringatan akan badai ini sehari sebelumnya tanggal 28 Agustus 2021.
 
OMG 🙁 How is it now?
Bad. Gubernur Lousiana John Bel Edwards sampe bilang kalo badai ini adalah yang terburuk menerjang Lousiana sejak 1850 dan merupakan badai level 4. Jadi pada Sabtu malam, Badai Ida melewati Sungai Mississippi dan menyebabkan banjir sekitar 3-5 meter di sekitar sungai. Besokannya, badai ini sampe di Louisiana dan menerjang wilayah ini dengan kecepatan tinggi. Terkait bencana ini, Presiden Amerika Serikat Joe Biden udah mengerahkan 500 personel dari Lousiana dan Texas untuk melakukan proses evakuasi.
 
Terus, any casualties?
Sejauh ini, ada korban jiwa berjumlah satu orang yang meninggal akibat tertimpa pohon tumbang. Tapi yang parah sih jaringan listrik guys, di mana terpaan badai yang kuat banget bikin jaringan listrik di sana terputus dan setidaknya ada satu juta warga di Louisiana dan puluhan ribu warga Mississippi terpaksa menjalani hidup tanpa listrik. Akibatnya, pemompaan air di wilayah ini jadi terganggu dan banjir jadi gak bisa dikeringkan. Selain itu, semua penerbangan di daerah sekitar yang terdampak Badai Ida ini juga dibatalkan pada hari Minggu kemarin, karena cuaca yang gak memungkinkan untuk penerbangan pesawat.
 
Oh no 🙁
Terkait kondisi ini, Presiden Amerika Serikat Joe Biden bilang bahwa kerusakan yang diakibatkan oleh badai ini bisa memakan waktu beberapa minggu untuk diperbaiki, termasuk arus listrik yang rusak tersebut. Terus, doi juga udah men-declare bahwa badai ini adalah major state disaster dan pemerintah bakal ngeluarin dana lebih buat penanggulangan bencana. Meskipun kecepatannya semakin berkurang sehingga level bahayanya semakin turun, Badai Ida tetap dinilai berbahaya gengs. Dari yang awalnya kategori 4 powerful storm, jadi turun level ke tropical storm alias badai tropis.
 
Anything else?
FYI, Badai Ida ini menerjang di hari yang sama dengan Badai Katrina ketika menerjang Lousiana dan Mississippi pada 16 tahun lalu. Badai Ida dinilai jauh lebih besar kekuatannya namun konsentrasi wilayahnya lebih kecil. Selain itu, peneliti di National Center for Atmospheric Research Kevin Trenberth juga bilang kalo dalang dari badai yang berbahaya ini adalah climate crisisthe same cause yang bikin hujan dan banjir besar di beberapa negara belakangan ini kayak Jerman dan China. Level air laut yang tinggi dan suhu yang semakin panas bikin badai tropis kayak Badai Ida ini semakin parah gengs, sehingga anginnya lebih kenceng dan banjirnya lebih tinggi. 🙁

When you hate exams and homeworks…

Be jealous of first and second grade students in China.
Yoi gengs, soalnya Pemerintah China per tanggal 30 Agustus 2021 kemarin baru aja mengumumkan ni, bahwa murid kelas satu dan kelas dua SD (usia 6 tahun) di China dilarang menerima PR dan ujian tertulis. Kata Kementerian Pendidikan China, hal ini merupakan upaya pemerintah untuk untuk menurunkan tekanan mental yang dimiliki oleh pelajar, terutama di usia muda. Sistem pendidikan di China emang terkenal kompetitif banget guys, apalagi soal ujian masuk universitas.
 
Oleh karenanya, sekarang murid kelas satu dan kelas dua SD di sana udah gak bakal dikasih lagi tuh ujian tertulis. Untuk kelas lain di jenjang SD, sekolah boleh mengadakan ujian tiap akhir semester doang. Dan untuk jenjang SMP, selain ujian akhir, mereka juga boleh melakukan ujian tengah semester. Untuk pelajar yang gak lagi dalam tahap graduating atau lulus jenjang, mereka gak boleh nerima tes apapun selain yang disebutkan sebelumnya. Kan biasanya ada tes mingguan, tes bulanan, tes abis kelar satu bab, hingga tes untuk riset. Nah, di China udah gak boleh ni gengs.
 
Terkait kebijakan ini, publik China punya reaksi yang macem-macem nih, ada yang setuju kalo langkah ini adalah langkah yang tepat untuk mengedepankan kesehatan fisik dan mental pelajar di China. Tapiii, of course ada yang kontra juga, katanya sih nanti gak ada alat ukur kemampuan masing-masing pelajar sehingga grading-nya bakal susah.
 
Kebijakan ini merupakan bagian dari reformasi sistem pendidikan di China yang emang lagi masif guys. Inget gak sih, bulan Juli kemaren pemerintah China juga melarang tutoring secara privat buat para pelajar. Selain karena nambahin pressure ke pelajarnya, hal ini juga semakin melebarkan gap pendidikan di antara para pelajar di Negeri Tirai Bambu tersebut.

“Pandemi belum usai, 2024 udah dimulai,”

Gitu guys isi tulisan dari spanduk besar yang dibentangkan di sebuah flyover di Banjarmasin, Kalimantan Selatan kemaren. Jadi spanduk ini dipasang sama kelompok masyarakat yang bernama “Fraksi Rakyat Indonesia (FRI)” sebagai aksi protes terhadap maraknya baliho para pejabat publik yang makin sering kamu liat di mana-mana. Menurut FRI, padahal kita udah tau nih bahwa urusan pandemi belum kelar, tapi pejabat negara justru malah ramai menyebar baliho Pilpres 2024.
 

When you’re so jealous of those people who know the answer to “Where do u see yourself in 5 years?” question…


Announcement


Thanks to Seseorang for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….
 
Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!

Catch Me Up! recommendations

Curious if someone is really attracted to you? Look for these physical signs.

Angel’s Stories

1. Udah tanggal 30, suami belumm gajian. Saya kena PHK awal tahun ini, jadi sekarang breadwinner di rumah hanya dia. Anak alhamdulillah baru 1 dan duduk di bangku kelas 1 SD.   Jadi intinya di dapur udah nggak ada apa-apa selain bawang putih 2 siung, bawang merah 5 siung, mie instan 2 bungkus. Suami saya gajiannya sering terlambat. Antara tanggal 3-5. Wah, untuk besok dan seterusnya sudah mikir, apa ya yang bs dimakan.   Ndilalah lagi kikir begitu, saya buka-buka status WA teman-teman di daftar kontak. Ada satu yang saya sapa, karena isi statusnya ngasih tahu link belajar IELTS. Eeeh, dia jawab dengan tanya kabar saya lalu ujug2 ngirimin pulsa go pay 100rb. Akhirnya bisa beli makan.. Makasih ya, kawan..
-bu-ibu mid 30 yang galau akhir bulan-
 
2. Akhir-akhir ini aku lagi sering banget merasa down karena kondisi keluargaku yang berantakan. Belum lagi beban kerjaan yang mendadak banyak karena kantor mengadakan efisiensi, dan hubunganku sama pacarku yang lagi renggang. Karena udah nggak kuat lagi, akhirnya aku pergi ke psikiater untuk berobat, dan ajaibnya, setelah berobat itu aku jadi jauuuh lebih bahagia. Aku jadi nggak overthinking lagi dan jadi bisa tidur cepet kalo malem (padahal biasanya insomnia). Karenanya buatku, my angel is my psychiatrist! Guys kalo kalian juga merasa capek secara mental, jangan lupa untuk selalu seek help ya! Trust me, it’s a game changer!
-Seseorang-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)