Kebakaran Besar Di Taman Nasional Komodo

38

When our flora and fauna friends were in danger…

Masih soal kebakaran hutan ni gengs. 
Jadi In case you haven’t heard, hari Sabtu tanggal 7 Agustus 2021 kemarin, terjadi kebakaran besar di Taman Nasional Komodo. Kebakaran ini terjadi di titik Laju Pemali Pulau Komodo sebelah barat sekitar pukul 13.00 WITA. Api akhirnya padam pada keesokan harinya pukul 05.00 WITA oleh personel gabungan dari TNI dan Polri serta para relawan yang turun tangan.
 
Oh no… komodo-komodonya gimana?
Fortunately, gak ada korban komodo guys dari kejadian ini. Komodo-komodo di pulau itu letaknya di Loh Liang dan Loh Wenci, jadi gak termasuk wilayah yang kebakar. Meksi begitu, ada 10 hektar sabana yang hangus akibat dari kebakaran ini.
 
🙁 What caused the fire?
Menurut Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wiratno, kebakaran disebabkan oleh faktor alam. Since sekarang lagi musim kering dan suhu lagi panas-panasnya, dan bikin sabana di sana lagi gersang banget jadi lebih rentan kebakar. Hal ini juga disepakati sama Balai Taman Nasional Komodo (BTNK). Tapi, Koalisi Kawan Baik Komodo belum puas sama keterangan tersebut dan minta kejadian ini diusut tuntas ni gengs.
 
Kenapa tu?
Mereka menyoroti para petugas yang kurang responsif sama insiden ini dengan baru dateng ke tempat kebakaran tiga jam setelah pertama kali dilaporin sama warga sekitar. Terus, mereka juga melihat dari dokumentasi pemadaman kebakaran kalo alat yang digunakan masih keliatan alakadarnya, padahal Taman Nasional Komodo ini merupakan tempat wisata turis mancanegara.
 
Go on…
Not to mention, sekarang kan Taman Nasional Komodo jadi perhatian banget since lagi ada pembangunan “Jurassic Park” di kawasan wisata tersebut. Meskipun emang cuacanya lagi panas banget, tapi para pemerhati berharap kalo titik pertama kebakaran ini terus diusut awal mulanya. Kalo kata BTNK sih, wilayah yang kebakaran itu bukan lokasi wisata, soalnya terjal gitu gengs…
 
Hmmm. Anything else?
Proyek pembangunan “Jurassic Park” di Taman Nasional Komodo ini emang lagi jadi sorotan banget gengs. Apalagi kata UNESCO, Pulau Komodo adalah warisan alam dunia karena merupakan habitat dari satwa yang hampir punah. Nah terkait pembangunan ini, emang sampe sekarang pembahasannya masih alot guys, soalnya masih banyak hal-hal yang perlu dipertimbangin nih terkait pembangunan ini supaya keberadaan komodo gak terganggu sama proyek tersebut. Pemerintah Indonesia sendiri bilang kalo pastinya keberadaan komodo jadi pertimbangan utama, tapi proyek ini tetep harus dijalankan karena penting nih buat mendorong pariwisata Indonesia.