Friday Pause: Moving so phenomenally ūüíÉūüŹĽ

81


Good morning :))

Yeay to Friday! We’re finally thiiiiiis close to the weekend, and as we promised yesterday, today we will announce the 10 lucky winners for our merch! Scroll down thru the very bottom for the announcement, and hey, enjoy all the memes, recs, tips and quotes on the way there! See you next week!


For the love of Meme: How’s your adulting doing so far?


When you’ve been anxious and stressed out all the time…

Try meditation.
 
People say the now is called present cos it’s a gift. Yep, untuk menyadari bahwa kita semua masih ada di sini sampe hari ini, dengan perjuangan yang gak sedikit dan kadang bikin pengen nyerah gitu aja tentunya merupakan¬†one hell of an achievement. Give yourself a little pat on the back for making it this far.¬†However,¬†namanya manusia ya, teteup aja kadang kita masih¬†anxious,¬†overthinking, atau galau soal hal-hal lain yang nggak pasti di masa depan.¬†Hal ini tentunya akan berpengaruh negatif buat mentalmu dan fisikmu karena kamu jadi terus-terusan ga tenang dan ujung-ujungnya stress.¬†Well,¬†kalo kamu merasa kayak gini, maka satu hal yang bisa kamu coba untuk praktekkan adalah:¬†Meditation.
 
Jadi meditasi ini adalah latihan pernapasan di mana kamu cuma bener-bener fokus sama the here and now. Caranya, ya kamu meluangkan waktu selama beberapa menit aja dalam sehari untuk bener-bener duduk dan melatih pikiranmu supaya fokus dalam momen saat itu aja. Tujuannya supaya kamu bisa menjalani kehidupan yang lebih mindful, atau lebih sans dan focus on the here and now juga. Misalnya kamu lagi kerja, ya pikirin kerjaan. Lagi sama temen-temen, ya be present 100% sama mereka, atau lagi sama keluarga, fokus sama keluargamu.
 
You might be wondering, “Why should I practice that?? I can be in the here and now just like that.¬†Kenapa harus meditasi?¬†OK¬†here are¬†the reasons:
  • To stay sharp. Banyak penelitian yang menunjukkan kalo seseorang bermeditasi secara rutin selama 8 minggu, otak mereka yang berhubungan sama¬†memory, empathy, and self-awareness¬†bakal lebih meningkat. Penting niii buat kita, apalagi di kondisi kayak gini¬†in order to stay sane.
  • To stay calm. Meditasi juga terbukti bisa ngurangin¬†stress and anxiety,¬†apalagi¬†with no side effect. Nothing to lose, right?
  • To be more focused.¬†Selain itu, meditasi katanya efektif banget ni ningkatin ketajaman fokus otak cuma dalam waktu beberapa minggu aja.
  • To boost sleep’s quality.¬†Raise your hand¬†kalo kamu susaaaah banget tidur di malam hari?¬†Now hands down.¬†The good news is, kamu bisa banget nih meditasi untuk meningkatkan kualitas tidurmu. Karena kurang tidur itu kayak¬†vicious cycle, guys. Kalo kamu kurang tidur, kamu bisa jadi stres. Nah kalo kamu stres, kemungkinan besar kamu jadi susah tidur. Gak mau kayak gitu kan? Nah meditasi ni bisa banget lho ningkatin kualitas tidur kamu.
Are you conviced now? Great! Here are some tips on meditation. Lakuin ini secara rutin ya, biar hasilnya bisa lebih maksimal.
  • Do “belly breathing” or “diaphragmatic breathing”.¬†Kamu bisa memulai dari latihan pernapasan melalui perut kamu atau diafragma. Caranya adalah duduk atau tiduran dengan lutut ditekuk, letakkan satu tangan kamu di dada dan satu lagi di tulang rusuk. Nah, abis itu tarik napas dari hidung kamu dan rasain udara memenuhi perut kamu gengs. Setelahnya, buang napas melalui mulut. Langkah ini bisa kamu ulang berkali-kali sampe kamu mencapai¬†the right state of mind.
  • Do “body scan”.¬†Nah kalo di bagian ini, kamu bisa fokus ke satu titik di badan kamu dalam satu waktu. Misal, kamu fokus ke telapak kaki kamu yang lagi menyentuh lantai. Rasakan sensasinya, bisa dingin dari lantai atau hangat dan lembut dari selimut. Hal ini bisa kamu lakuin buat ngecek dan¬†tune in¬†sama badan kamu sendiri sebagai bentuk apresiasi atau¬†self-love.
  • Do “guided imagery”.¬†Kamu kebayang gak, kayak lagi bengong tapi kamu yang mengendalikan “kebengongan” kamu gitu. Coba fokusin otak kamu buat mikir kalo kamu lagi di pantai, atau gunung,¬†whatever your preference is. Bayangin kamu lagi di sana dan menghirup udaranya yang menyenangkan buat kamu. Rasain sensasi positifnya dan bakal bikin kamu rileks secara perlahan.
  • Do it everyday.¬†Lakukan meditasi ini secara rutin cukup 10-15 menit per hari. Emang sih, awal-awalnya kamu bakal agak susah untuk bikin pikiranmu bener-bener ga¬†wandering¬†ke mana-mana. Tapi¬†trust us, once you get yourself used to meditation, kamu bakal bisa merasakan manfaatnya yang banyak banget.¬†Good luck trying!


Now, your weekly quarantips are here. 

Yep, you know the drill. Weekend means fun things, and while the pandemic can make the choices limited, we’ve rounded up things you can enjoy from the comfort of your home! Yep, really…¬†
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Our¬†podcast!¬†Today we’re talking about¬†kebakaran di Taman Nasional Pulau Komodo dan kompensasi¬†Stolen Generations¬†aka suku asli oleh Pemerintah Australia.¬†Cos maybe you‚Äôre an audio person, and we still gotchu!
  • Hi! If you have insomnia or have a bad sleep, I want to recommend¬†Sleep With Good Mood ASMR¬†by¬†Latte ASMR¬†on Youtube. Try it out, hope it will help you get a good sleep cuz in order to have a healthy body, your sleep time must also be fulfilled. Stay safe, y’all‚ô° Like CMU said, we got this!!¬†(@akucurut)
  • Hai! Aku mau ngerekomendasiin album barunya Kings of Convenience,¬†Peace or Love. Mostly¬†lagu-lagu KoC sesuai sama namanya emang bikin nyaman dan cocok banget buat didengerin sore-sore di halaman, balkon, apalagi di pinggir pantai (tapi gabisa ya guys lagi PPKM ūüėě), pokoknya buat santai setelah ngejalanin hari-hari berat.¬†(diahoy_)
  • Halo semuanya, aku mau ngasih rekomendasi buku yang bagus banget nih… Judulnya “Atomic Habits” karya James Clear. Buku ini tuh ngasih tau bagaimana sih cara membentuk kebiasaan baik dan menghilangkan kebiasaan buruk. Bukunya sangat mudah dipahami, udah jadi¬†New York Times Bestseller.¬†(Anonymous)
  • Vlog¬†dari¬†Cari Cakes, seorang Amerika yang tinggal di Seoul, yang entah kenapa bikin merasa tenang.¬†(@ayikaryoni)
  • Buat temen-temen yang suka baca buku-buku¬†import, aku punya rekomendasi¬†channel¬†YouTube yang isinya ringkasan buku-buku dalam bentuk animasi gitu. Nama¬†channel-nya¬†Productivity Game. Terusss, selain ringkasan dengan video singkat, kita juga dapet¬†PDF¬†summary-nya loh! Ohya, YouTube-nya pake basa enggres ya gess, jadi bisa buat belajar bahasa inggris juga!¬†(@luvlicigipi)
  • Mau rekomendasiin¬†podcast¬†yang mungkin cocok didengerin pas mau tidur.¬†Podcast¬†ini mungkin bisa ngebantu juga orang yang insomnia atau susah tidur gara-gara di rumah terus dan jam tidur berantakan.¬†Try it! It’s “Get Sleepy” on Spotify. Rasanya kaya didongengin.¬†(@ymahayu)
  • Aku baru selesai baca¬†The Buried Giant-nya Kazuo Ishiguro. Bagus banget!¬†Ending-nya¬†heartwarming¬†dan bisa dibilang kalau penyelesaian masalah atau konflik itu nggak selalu¬†happy ending.¬†asalkan udah¬†resolved for both parties, then you’re fine.¬†(@kdyota)
  • Belakangan lagi sering baca¬†manga¬†lama, terakhir baca¬†Silver Spoon¬†and it was great. Jarang kan baca¬†manga¬†yang tokoh utamanya gak punya “ambisi”, di Silver Spoon ini si¬†main¬†character-nya gak ambis kaya di manga-manga pada umumnya.¬†Relatable¬†banget sama¬†Gen Z¬†yang bingung nentuin idup mau dibawa ke mana. Oh iya,¬†Hiromu Arakwa¬†(author-nya) juga bikin¬†manga¬†lain yaitu¬†Fullmetal Alchemist. ini juga wajib baca banget!¬†(Anonymous)

Quote of the day

“Self-love seems so often unrequited.”¬†
 
-Anthony Powell-

Thank you note


Thank you seseorang for buying us coffee yesterday!

 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here. ¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet¬†merchandise¬†eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar¬†referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!

Angel’s Stories

1. Hai hai, jadi aku mau cerita soal keadaan Covid-19 khususnya di daerah Sumba Timur. Pastinya tiap hari kita juga udah baca update terbaru dari Covid-19 ini di Catch Me Up kan ya. Tapi kebanyakan berita-berita yang ada sekarang selalu terpusat di kota-kota besar, sedikit sekali yang membahas keadaan covid-19 di daerah-daerah kecil, salah satunya seperti di Sumba Timur.  Jadi tempatku kerja adalah Yayasan yang kebetulan banyak mengadakan bantuan dan program Рprogram di Sumba Timur. Beberapa minggu ini kami terus mendapatkan info dari kawan-kawan yang ada di Sumba Timur, bahwa keadaan terkini di Sumba Timur sekarang ini cukup parah. Ketersediaan fasilitas medis pun sekarang ini terbatas, seperti masker, hand sanitizer, bahkan alat rapid test dan PCR pun stoknya kosong. Jadi keadaan sekarang juga sangat membatasi gerak para nakes buat menangani Covid-19 disana. Banyak juga nakes Рnakes yang positif sampai beberapa puskesmas terpaksa harus ditutup. Dari sini Yayasan tempatku bekerja akan membuat program bantuan pengadaan fasilitas kesehatan bagi kawan-kawan nakes dan warga Sumba Timur sendiri lewat kitabisa.com seandainya teman-teman berniat untuk berbagi dan membantu kawan-kawna kita yang ada di Sumba Timur bisa melalui link diatas yaa. Atau hanya sekedar bantu untuk membagikan info ini juga sangat berarti sekali bagi kami.  Kalau teman-teman ingi tau soal Yayasan kami, bisa main-main ke instagram kami @kawanbaikindonesia  Terima kasih yaa, have a great day semuanya. Stay safe yaaa.
-kawan niluh-

 
2. Hari ini mungkin hari terburuk gue karena gue dan pasangan lagi ada masalah yang serius, yang ngebuat dia benci banget sama gue. Mungkin gabisa maafin gue lagi. Awalnya lemes banget, tapi 5 menit kemudian gue sholawat tenangin diri, tarik nafas dalam2. Dan, voilaaaa, jadi tenang banget, jadi gak lemes lagi dan yang langsung ngelakuin hal-hal logis buat next-nya.
-CA-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we‚Äôve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories¬†here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Go go go!)

Hi, winners!

Ini dia 10 orang beruntung yang bakal dapetin merchandise keren dari kita!

i**y.a*s.s*[email protected]
sa******[email protected]
ic*****[email protected]
01.ev*******[email protected]
aj*******[email protected]
pis*********[email protected]
k****a.***[email protected]
pus********[email protected]
g****[email protected]
wid*********[email protected]

If you are one of them, our team will contact you thru email and then we will send you the merch right away! Thank you for participating!