Friday Pause: I stay out too late ūüí•‚ö°

69


Hi there :))

It’s finally Friday aka our most favorite day of the week. In a non-covid setting, you’d be probably reading this while thinking about your “Ke mana kita malam iniii?” texts on group chat. But well, those days are long gone. Stay at home, get vaccinated, and remember, we can still have fun from home. Yep, just scroll down.


For the love of Meme: All we need is one missing piece.


When you want to retire early…

Don’t we all?
 
Udah jadi impian kita semua banget gak sih guys, cepet-cepet pensiun tuh? Yhaaa kayak bosnya Amazon, Jeff Bezos gitu lah, masih umur 50-an tapi udah bisa santui-santui terbang ke luar ke angkasa. Kalo pun gabisa sampe nyobain terbang ke luar angkasa, kamu pasti maunya bisa pensiun dengan nyaman kan, alias bisa ngerasain financial freedom kalo kata anak jaman sekarang. Terus untuk mencapai tujuan itu mungkin kamu sekarang udah pick up many extra shifts buat tabungan di masa tua, dan mungkin juga kamu rutin bayar jaminan hari tua (JHT) dari kantor kamu. Intinya, whatever it takes to retire early and start a retirement live in Bali.
 
Tapi, mungkin kamu juga ngerasa kok gak cukup-cukup ya tabungannya… Belom lagi kalo kamu adalah¬†sandwich generation¬†alias ngebiayain generasi di atas dan di bawah kamu ūüôĀ Boro-boro pensiun di Bali,¬†we’re just trying to make ends meet and that‚Äôs it. Makin susah deh nih. Terus, harus ngapain dong biar bisa mencapai mimpi jadi Jeff Bezos? Nah, kalo ini juga jadi pertanyaan kamu, tenang¬†guys. Berikut adalah¬†lima cara¬†yang bisa kamu lakuin untuk menyiapkan keuangan kamu supaya kamu bisa pensiun 10 tahun mendatang *manifesting Bezos in 10 years*.
  • Cek akun rekening pensiun kamu secara berkala.¬†Maybe¬†kamu dulu pernah buka akun rekening simpanan hari tua, dan sekarang udah terabaikan gitu aja. Kebanyakan orang sih gitu gengs, di umur awal 20-an bikin tabungan hari tua terus¬†over the years¬†lupa gitu aja. Nah, dengan ngecek secara berkala, otomatis kamu bisa semakin terpicu buat nabung untuk simpanan masa depan. Sama, kamu bisa cek juga iuran jaminan hari tua yang selama ini kamu bayar tiap bulannya lewat kantor. Lumayan lho gengs.
  • Rencanain¬†budget¬†kamu setelah kamu pensiun nanti.¬†Kamu bisa mulai itung-itung dari sekarang, kira-kira apa aja yang kamu butuhin setelah kamu pensiun. Jadi, dari situ kamu bisa¬†set target¬†berapa banyak yang harus kamu tabung dari sekarang. Pertimbangin juga inflasi ya gengs, kamu bisa ngitung dengan ngeliat pola inflasi sekarang dikali 10 tahun ke depan. Dengan gitu, kamu bisa lebih punya visi yang jelas, dan dijamin kamu bakal lebih semangat nabungnya.
  • Investasi,¬†and diverse your portfolio.¬†Jaman sekarang platform buat investasi makin berragam ni gengs, gak cuma emas atau deposito bank aja. Mulai dari forex, saham, sampe kripto. Ketiganya udah diregulasi di Indonesia lho gengs, jadi dijamin aman. Nah, tapi untuk investasi jangka panjang ini, kamu disaranin pake aset yang konvensional aja kayak emas dan deposito bank, karena lebih stabil dan emang untuk jangka panjang. Sedangkan kalo saham atau kripto, lebih¬†volatile¬†sehingga kamu harus mantengin terus nih¬†trading platformnya. Tapi, kalo kamu mau belajar, aset yang¬†volatile¬†ini bisa nguntungin lho, apalagi kalo kamu mau memperluas portfolio investasi kamu.¬†Remember, don’t put¬†all your eggs in one basket.
  • Tambah sumber pemasukan.¬†Mungkin sekarang kamu udah punya kerjaan nyaman dan stabil yang sifatnya¬†nine to five. Tapiii, gak ada salahnya loh gengs¬†to pick up some extra jobs¬†selain dari investasi yang disebutin sebelumnya yang merupakan¬†passive income. Contoh, kamu bisa jualan¬†online, atau ngelakuin¬†side hustle¬†sesuai dengan hobi kamu. Kalo kamu suka nulis, kamu bisa ni kerja-kerja¬†freelance¬†jadi¬†copywriter. Kalo sukanya¬†design, kamu bisa buka¬†commissioned¬†artwork, and so on.¬†Intinya, apapun itu¬†to get you to the pots of gold at the end of the rainbow.¬†Cuan cuan cuan~~~
  • Cicil atau lunasi utang yang kamu miliki.¬†Nah penting ni gengs. Coba kamu¬†list¬†apa aja hutang piutang yang kamu miliki. Pelan-pelan aja dan bisa sambil paralel sama nabung buat masa depan juga. Hal ini supaya¬†there will be no loose threads and you can live your retirement life in peace.


As always, here, your weekly quarantips.

Yep, from movies to podcast to working out videos, we got all your weekend covered! 
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Our¬†podcast!¬†Today we’re talking about¬†mural-mural yang lagi viral, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani yang mo pulang ke tanah airnya, dan kekerasan terhadap perempuan yang meningkat di kala pandemi.
  • Buat kamu yang baru mau mulai olahraga, atau mau coba olahraga ringan, bisa cek channel Youtube¬†Walk at Home by Leslie Sansone. Olahraganya ada yang cuma durasi 15 menit and simply with just walking, and you don’t even need big space to do it. Buatku yang malas olahraga jadi ga terlalu tertekan,¬†and she said, “It doesn’t matter how much you do it, or anytime you wanna do it, just start with a walk.”¬†(@rinarinanindita)
  • Bagi kalian yang punya kesulitan dalam belajar, coba¬†join course-nya Prof. Barbara Oakley ini:¬†Learning How to Learn di Coursera¬†for free! Penjelasannya mudah dimengerti karena kebanyakan pakai analogi dan metafor, dan pastinya¬†applicable¬†banget. Di sini juga dibahas soal kenapa kita suka menunda-nunda sesuatu dan gimana cara mengatasinya hehe.¬†Have fun learning!¬†(@zulfiws)
  • Hai, aku mau rekomendasi satu buku¬†young adult¬†buat yang suka baca. Judulnya¬†Love From A to Z¬†oleh S.K. Ali. Ada isu¬†Islamophobia¬†dan rasisme yang diangkat di buku ini, tapi seperti kata penulisnya…¬†It’s a love story, jadi bukunya sangat¬†cute¬†dan¬†heartwarming! ūüôā¬†Please tell me if you enjoy reading it too!¬†(@royalvoeu)
  • Mau rekomen salah satu lagu yang ngebantu aku lewatin¬†hard times:¬†Compass¬†dari Golden Child. Lirik lagunya bikin aku lebih tenang, gapapa merasa capek, gapapa butuh istirahat. Mungkin kita gatau akhir perjuangan kita hasilnya gimana, tapi¬†it’s ok. This, too, shall pass.¬†(Anonymous)
  • Aku lagi suka banget nonton video dari¬†channel¬†Kurzgesagt – In a Nutshell. Kontennya¬†mostly¬†soal sains dan dikemas dengan animasi yang keren.¬†(Anonymous)
  • Buat kalian yang (yaa¬†who knows¬†di¬†weekend¬†ini) pengen mulai belajar tentang Data Sains,¬†Machine Learning¬†sampe¬†Deep Learning¬†yang pengantarnya Bahasa Indonesia dan gratisss, gue nemu channel¬†JCop untuk Indonesia¬†yang kontennya jelas banget.¬†(@lolikgiovi)
  • Buat kamu yang ngga ada semangat buat bersih-bersih, coba nonton¬†channel¬†YouTube¬†Hamimommy, dijamin kamu bakal termotivasi deh.¬†(Anonymous)
  • Buat yang tertarik sama video¬†essay¬†yang menganalisis banyak hal mulai dari teori film, lukisan, musik dan filosofi secara¬†in-depth¬†dengan narasi yang¬†well-written, coba buka¬†channel¬†YouTube¬†Nerdwritter1.¬†(@anantabrata12)

Quote of the day

‚ÄúYou will find that it is necessary to let things go; simply for the reason that they are heavy.”

-C. JoyBell C.-


Thank you note

Thank you Lailatul Fadilah & Irfani Prabaningrum for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here. ¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet¬†merchandise¬†eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar¬†referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!

Angel’s Stories

1.¬†Ngerasa capek dan lelah banget karna hampir tiap hari diceritain sama orang rumah klo si A udah bisa beli ini lho, kemarin beli tanah lagi di sana, sebelumnya di sana dan di sana,¬†again and again.¬†Mungkin biar gue terinspirasi kali ya, tapi tbh gue malah merasa tertekan karna cerita itu. Udah cukup dengan semua gemerlap di sosmed yang bikin diri ini¬†insecure, eh ditambahin, sampe semalem itu gue nangis, pengen pergi sejauh mungkin, capek diremehin mulu. Tapi, sebagai anak pertama, gue kudu kuat gaes. Doain ya biar tetep waras. ūüôā
-anakpertama-

 
2. Jadi kemarin aku pulang ke rumah menggunakan fasilitas transportasi¬†online. Waktu aku buka pintu mobil, masnya sempat kaget karena aku memilih duduk di samping pengemudi. Aku punya alasan tersendiri kenapa lebih suka duduk di samping pengemudi dibandingkan di bangku tengah. Karena meski¬†title¬†mereka “supir¬†online” tapi aku tetep mau jadi teman berbicara pengemudi. Dan sepanjang perjalanan kita benar-benar bertukar pikiran sampai kita sempat kelewatan¬†exit toll¬†jadi harus muter ke arah bandara. Terima kasih kepada bapak pengemudi yang sore itu benar-benar jadi partner aku dalam berbicara dan tidak sedikit bikin hati aku jauh lebih hangat. Semoga rezeki bapak selalu diberikan kelancaran dan dijauhkan dari hal-hal buruk. Oh, iya jangan lupa untuk selalu tersenyum dan mengucapkan salam saat menggunakan jasa mereka. Setelah turun jangan lupa ucapkan terima kasih dan hati-hati di jalan. Ini memang hal kecil tapi sedikit banyak buat mereka tersenyum karena mereka merasa dihargai ūüėäSelamat menjalani aktivitas dan semoga banyak hal baik terjadi hari ini, peps.ūüíě

-Unanya Iyenūüíě-

 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we‚Äôve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories¬†here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Go go go!)