Friday Pause: Give your heart a break ūüíĚ

79


Good morning! :))

Friday is here! So yes, you are allowed to stay longer in bed now. The weekend is almost here and for our new subscribers, we want to thank you for inviting us to your inbox every morning. Hope you have an enjoyable weekend and see you again next week!


For the love of Meme: Is it only ussss?


When you wanna start to live “greener”…

Start simple.
 
Yep¬†guys,¬†raise your hand¬†kalo kamu nggak pernah lupa bawa¬†reusable bag¬†pas belanja ke swalayan atau ke pasar?¬†Raise your hand¬†juga kalo kamu selalu bawa tumbler ke mana-mana biar kalo mau ngopi, kamu nggak perlu pake¬†plastic cup¬†yang pastinya cuma bakal dipake kurang dari beberapa jam aja dan berakhir di tempat sampah? Kalo pernah,¬†you deserve some pat on your shoulder, karena kamu udah berkontribusi untuk melestarikan lingkungan.¬†Eiiits… before u think,¬†“Ah tapikan gitu doang…”,¬†remember that you should own it.¬†Bayangin ada ribuan orang kayak kamu, dan berapa banyak bijih plastik yang nggak berakhir di laut,¬†thanks to you *clap clap*.
 
Now, we know most of us are veeery concerned about climate crisis.¬†Iya, mimin tuh ngeh banget bahwa kalo kita nulis berita soal kerusakan lingkungan, kita selalu dapet banyaaak banget¬†replies¬†dan¬†concern¬†soal makin mengkhawatirkannya kondisi ini.¬†First of all, thanks! With more people like you, we believe the future of the earth won’t be too bleak. Secondly, y’all have asked us one important question: What can we do? Yep,¬†apa sih yang bisa kita lakukan untuk berkontribusi dalam pelestarian bumi? Nah, karena banyak yang nanya, ini dia nih,¬†hal-hal kecil¬†yang bisa kamu lakukan¬†to show the earth some love!
  • Buy secondhand.¬†Gak cuma¬†thriftshopping¬†baju aja gengs, kamu bisa beli barang-barang bekas lainnya yang masih layak pakai kayak sofa, furnitur, dan perabotan rumah tangga lainnya. Selain hemat, kamu juga bisa ngurangin¬†carbon footprint¬†yang tercipta dari pembuatan produk baru dan¬†shipping¬†yang jauh. Tinggal pastiin aja bahwa kamu laundry dulu barang-barangnya sampe bersih. Abis itu, kamu juga bisa dekor sendiri sampe jadi sesuai selera kamu. Lumayan kan, nambahin keahliah artistik kamu.
  • Cuma beli apa yang mau kau pake.¬†Nah ini juga penting ni gengs, jangan¬†checkout¬†barang-barang karena “ih lucu…” aja, karena bisa-bisa, nanti barangnya cuma kepake bentar dan berakhir di tempat sampah dan justru menambah limbah numpuk di bumi yang udah terlalu banyak. Inget¬†guys, apapun yang kamu beli itu ada¬†cost-nya buat lingkungan, seperti ongkos produksinya, (kalo¬†online) maka polusi karbon untuk jasa pengirimannya, hingga kalo udah nggak kepake,¬†cost-nya sebagai limbah rumah tangga.
  • Eat local and less meat.¬†Yep, apa yang kamu makan ternyata ngaruh loh sama lingkunganmu. Penelitian menunjukkan bahwa makanan berbasis daging menghasilkan lebih banyak gas karbon daripada makan sayur-sayuran dan biji-bijian, jadi yuk kurang-kurangin mam daging. Enggak, kamu nggak harus jadi vegetarian kok. Penelitian dari¬†University of Michigan¬†menemukan bahwa dengan makan menu sayuran doang sebanyak satu kali seminggu, kamu udah mengurangi gas rumah kaca yang setara dengan emisi yang dihasilkan dari nyetir sejauh 1.800 km. Lumayan kan. Terus juga usahain beli sayur dan buah dari abang-abang deket rumah, yang¬†supply¬†jualannya didapat dari petani lokal. Bukan apa-apa, bayangin deh kalo misalnya kamu beli buah-buahan impor dari luar negeri, ngirimnya ke Indonesia aja udah menghasilkan emisi karbon yang banyak banget. Jadi mending beli dari petani lokal, kayak apel Malang, stroberi Ciwidey, jeruk Medan, sampe ubi Cilembu. Seger-seger, enak-enak, dan pastinya ikut membantu ekonomi para petani!
  • Recycle.¬†Kalo kamu abis beli suatu barang, terutama¬†online, biasanya kemasannya ada banyak banget ni yang kemudian gak kepake,¬†or so you thought. Kamu bisa kumpulin kemasan gak kepake tersebut dan dijadiin barang berguna lainnya lho. Kayak kemasan gelas yang kamu bisa¬†alter¬†jadi pot tanaman, dan lain-lain. Banyak banget tutorial di YouTube atau Pinterest yang bisa kamu cek ni, dan kalo hasilnya bagus malah bisa kamu jual lagi gengs. Lumayan kan nambah cuan?
  • Donate used stuff.¬†Dari pada kamu langsung buang barang-barang gak kepake yang kamu miliki padahal masih dalam kondisi layak, coba kamu donasiin aja gengs. Selain mengurangi sampah, kamu bisa ngebantu orang lain juga loh. Karena bisa jadi, barang yang gak kepake buat kita adalah barang yang dibutuhkan orang lain. Kamu bisa cek @zerowaste.id_official dan @sustaination di Instagram. Mereka sering banget¬†open donation¬†misalnya buat pakaian bekas.
  • Reduce energy use.¬†Dari yang kecil-kecil aja¬†guys, kayak matiin lampu di ruangan yang gak kepakai atau kalo lagi siang hari. Selain itu, ingat untuk selalu mencabut colokan yang gak kepake, matiin keran air pas lagi cuci tangan pake sabun sebelum dibasuh, dan lain-lain. Atau kalo udara lagi sejuk, kurangi pemakaian pendingin ruangan. Meskipun kesannya gak berasa, tapi inti dari¬†green living¬†adalah sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.
  • Minimize food waste.¬†Ini ni yang sering dilupain sama banyak orang. Sampah sisa makanan ini menyumbang banyak banget sampah rumah tangga loh gengs, dan untuk menguranginya, kamu perlu mengurangi sisa makanan. Caranya, dengan kamu lebih bijak sebelum mengambil atau membeli makanan dengan cara menyesuaikan jumlahnya sama kebutuhan kamu saat ini. Kalo kamu gak begitu lapar, jangan ambil makanan lebih dari yang kamu butuhin. Jadi bisa menghindari sisa makanan deh.
  • Use your vehicle wisely.¬†Mungkin kalo lagi pandemi gini, naik kendaraan umum jadi lebih¬†risky¬†dibanding sebelumnya. Tapiii kalo memungkinkan, sebisa mungkin gunakan kendaraan umum, naik sepeda, atau jalan kaki ke tempat yang mau kamu tuju. Misal ni kalau tujuanmu searah sama orang lain di rumah, ya kamu bisa nebeng. ¬†Atau kamu mau ke minimarket deket rumah, kalo biasanya kamu naik motor, mungkin kamu bisa ganti dengan jalan kaki. Selain ngurangin polusi dan pemakaian bensin, kamu juga bisa olahraga lho.¬†We love environmentally friendly and fit people!


Now, here comes your weekly quarantips…

A.k.a the cool list of things you can do/enjoy throughout the weekend. Let’s go!¬†
 
But before…
Tell us everything you like! Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly quarantips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring! 

  • Our¬†podcast!¬†Today we’re talking about¬†pertemuan para petinggi partai politik, pejabat yang udah dapet vaksin berbayar, dan¬†deadline¬†evakuasi warga Afghanistan.¬†All in a bitesize!
  • Seneng banget buat bacain semua tulisan Dahlan Iskan¬†on his¬†website.¬†(Anonymous)
  • Semua filmnya¬†Wes Anderson¬†wajib kalian tonton! Sinematografinya artistik dan estetik banget dan¬†some of them have a really good moral value and somehow¬†bisa bikin kamu ngerasa¬†tranquil¬†kalo nonton film-filmnya saking¬†aesthetic-nya.¬†My favs are The Royal Tenenbaum, Moonrise Kingdom, The Darjeeling Limited, Isle of Dogs¬†(ini animasinya bagus banget!)¬†and of course the Oscar-winning, Grand Budapest Hotel.¬†(Anonymous)
  • Kalau kamu mau olahraga dari Youtube, bisa cek akun¬†MadFit¬†(check out all of her home workout!¬†Ga bertele-tele dan dia tunjukin pose yang benernya gimana) &¬†Teagan Dixon¬†(dance & cardio boxing-nya¬†worth to try).¬†(@nadhirash._)
  • Buat yang mau nonton film yang bikin kamu ketawa ketiwi gak berhenti sampe diprotes tetangga, aku¬†recommend¬†nonton¬†One Cut of The Dead. Emang ini film Jepang yang punya¬†pace¬†awal lambat dan rada bosenin,¬†but trust me it’s getting better!¬†Pokoknya pantengin terus sampai pertengahan film.¬†(Anonymous)
  • Buat yang suka¬†indie¬†bisa banget cobain denger album baru¬†Jannabi¬†(band Korea) “The Land of Fantasy“. Musik dan liriknya yang deep cocok buat nemenin¬†WFH all day long¬†dan ga bakal bosen pasti! ^^¬†(@iftyrahmania)
  • Rekomendasiku adalah¬†iPusnas. Itu adalah aplikasi perpustakaan digital yang dibuat dan dikelola oleh pemerintah di bawah naungan Perpusnas. Jadi udah pasti aplikasi dan isi bukunya legal ya. iPusnas punya lebih dari 10.000 koleksi buku yang bisa kamu akses secara gratis. Tinggal bikin akun dan pinjam bukunya. Koleksi bukunya juga variatif banget genrenya mulai dari buku fiksi dan nonfiksi. Bisa juga dapet buku untuk referensi belajar, kuliah, kerja, pengetahuan umum, novel, biografi, dll. Yang lagi bikin tugas atau skripsi bisa terbantu banget.¬†Follow¬†akun iPusnasku ya.¬†(@miss_tikus)
  • I would recommend an app named¬†Duolingo. Aplikasi belajar bahasa tapi¬†super¬†fun¬†kaya main¬†game. Aku lagi mainin Bahasa Spanyol seruuuu. Lumayan banget buat isi aktivitas kalo lagi suntuk atau bahkan mulai bosen main¬†game.¬†Just try! It’s really worth it.¬†(@ramandasm)

Quote of the day

‚ÄúYou can‚Äôt let your failures define you. You have to let your failures teach you.‚Ä̬†
 
-Barack Obama-

Thank you note

Thank you, Lailatul Fadilah & Irfani Prabaningrum for buying us coffee yesterday!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here. ¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet¬†merchandise¬†eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar¬†referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!

Angel’s Stories

1. Ini sebenernya hal kecil sih, tapi berarti banget buat aku. Jadi kemarin adalah hari ulang tahunku, dan aku sedih banget karena nggak bisa ngerayain bareng keluarga. Akhirnya aku di rumah aja sendirian sambil WFH. Lagi kayak gitu, tiba-tiba di depan pintu ada abang ojol dan pas aku liat, ternyata dia bawain aku kue ulang tahun dari kakakku! Iya, saking sibuknya kakakku cuma keburu ngirimin kue :’) tapi aku sadar pasti dia juga harus nyempetin pesen di tengah-tengah kesibukannya yang lagi jadi¬†frontliner¬†di salah satu rumah sakit daerah. Terima kasih ya kak!
-Someone, somewhere-
 
2. Hari ini deadline pengumpulan berkas yudisium dan aku belum nyetak dan ngejilid skripsi gengs. Luckily, ada satu tempat fotokopian di deket rumah yang bisa jilid sesuai dengan ketentuan skripsiku. Awalnya mas fotokopian cuma sanggup bikin satu bendel aja sementara aku butuhnya dua. Aku coba buat bilang ke masnya lagi dan setelah menimbang kembali akhirnya masnya mau ngejilid dua bendel skripsiku itu. Yang tadinya cemas dan mau nangis karena takut ngga keburu akhirnya lega setelah skripsiku berhasil dijilid. I have no words. Thank you, mas. You saved my day, huhu.
-adorablestandoff-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we‚Äôve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories¬†here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. Go go go!)