Es di Greenland Mencair Akibat Peningkatan Suhu

32

What’s melting but not from getting compliments?

Ice in Greenland.
 

Oh no… Heat wave lagi?
Yep, you guessed it rightHeat wave yang gak kunjung selesai akhirnya sampe ke Greenland guys. Jadi Rabu minggu lalu tanggal 28 Juli 2021, lapisan es di Greenland mencair sebagai akibat dari meningkatnya suhu di sana yang mencapai 10 derajat lebih tinggi dari biasanya. Diperkirakan air dari lelehan es ini bisa nutupin wilayah Florida setinggi 5,1 cm, atau sebanyak 8,5 miliar ton air.

WHOAAA sebanyak itu???
Iya guys 🙁 Soalnya, Greenland yang merupakan wilayah di kawasan Arktik ini memiliki lapisan es yang menutupi 79% kawasan, aka lapisan es terbesar kedua di dunia setelah lapisan es Antartika. Nah, mencairnya lapisan es minggu lalu sampe dibilang sebagai massive melt event karena ini melt event terbesar ketiga yang dialamin sama Greenland sejak 1950. FYI, yang pertama terjadi di tahun 2012 dan kedua tahun 2019. Makanya semakin digencarkan banget nih, kesadaran atas isu climate change ini.
 
OMG… Emang biasanya gak separah gitu?
Ya enggak sih. Namun sejak massive melt event minggu lalu, setiap harinya lapisan es di Greenland mencair sebanyak 8 miliar ton perharinya guys. Padahal biasanya, jumlah es yang mencair setiap harinya gak sampe setengahnya lho. Kan setiap musim panas pasti esnya mencair, tapi di tahun ini dan ditambah gelombang panas yang lagi ganas banget, makanya sampe naik lebih dari dua kali lipat deh banyaknya es yang mencair. So, it can only get worse from here.
 
How much worse?
Iya, jadikan lapisan es yang mencair kemudian bikin lapisan bumi di bawahnya muncul ke permukaan. Nah, lapisan ini kalo udah terekspos bukannya memantulkan panas yang ada, namun malah menyerap panas  sehingga memperparah pencairan lapisan es di sana. Bisa dipastikan bahwa event ini bakal mengubah bentuk permukaan Greenland.
 
So scary….
We know 🙁 Apalagi, wilayah Arktik merupakan wilayah yang mengalami peningkatan suhu tertinggi di dunia gengs. Para peneliti memperkirakan bahwa mencairnya lapisan es Greenland punya kontribusi sebesar 25% dari meningkatnya level laut selama beberapa dekade terakhir.
 
🙁 Anything else?
Isu climate change emang lagi rame banget disuarakan selama beberapa tahun terakhir guys, dan ini emang udah jadi bahan bahasan utama kebijakan di berbagai negara. Kayak negara-negara Uni Eropa yang baru aja memberlakukan European Climate Law dengan target mengurangi emisi karbon sebanyak 55% di wilayah tersebut di tahun 2030. Terus, bahasan dari pertemuan negara-negara G7 yang ngebahas gimana negara-negara tersebut bisa lebih sustainable dalam menjalankan perekonomiannya.
 
Yuk bisa yuk…