Corona Updates 9 Agustus 2021

166

Now, let’s start the day with… your covid-19 updates.

Yep, all the recap on the pandemic, from home and abroad. Let’s scroll down…
Nationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 3.666.031 kasus, dengan kasus aktif 474.233 angka sembuh 3.084.702 dan kasus meninggal 107.096.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (829.828 kasus), Jawa Barat (634.733 kasus), Jawa Tengah (410.450 kasus), Jawa Timur (334.729 kasus), dan Kalimantan Timur (129.633 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 50.497.940 dan vaksinasi kedua 23.777.323 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Buat kamu yang udah harap-harap cemas menunggu kelanjutan nasib PPKM level 4, ditunggu ya guys, karena besok, PPKM ini bakal selesai. Terus, apakah statusnya bakal extend lagi apa diturunin ni? Nah itu masih belum keliatan hilalnya. Namun yang pasti, Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) Hermawan Saputra ngingetin supaya pelonggarannya nggak bisa secara signifikan. Hal ini karena angka positivity rate dan kematian saat ini masih tinggi.
  • Meanwhile, sejumlah pengusaha, di antaranya Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta Sarman Simanjorang bilang bahwa kalo PPKM-nya diperpanjang, maka mungkin banget terjadi PHK atau penutupan usaha secara permanen. Sarman juga bilang, bahwa saat ini pengusaha lagi berharap-harap cemas menunggu keputusan PPKM dari pemerintah.
  • Dalam rapat terbatas sama para menterinya weekend kemarin, Presiden Joko Widodo mewanti-wanti jajarannya untuk mewaspadai kenaikan kasus covid-19 di luar Jawa dan Bali. Kata Pak Jokowi, kenaikan Covid-19 di luar Jawa-Bali ini terjadi dalam 2 minggu terakhir, di mana per 25 Juli lalu, daerah di luar Jawa-Bali berkontribusi 13.200 kasus Covid-19 atau 34 persen terhadap kasus nasional.
  • Baru aja kemarin ni guys, pemerintah lewat Menkomarves Opung Luhut Pandjaitan menjabarkan rencana kebijakan soal kartu vaksinasi yang bakal jadi syarat untuk masuk ke fasilitas tempat umum dan tempat wisata. Kata Opung Luhut, aturannya bakal dilakukan secara bertahap dan diharapkan bisa mengendalikan jumlah kasus penularan Covid-19.
  • Not OK, guys. Jadi minggu lalu, Amnesty International Indonesia (AII) menyampaikan bahwa pihaknya udah menerima aduan dari 21.424 tenaga kesehatan (nakes) terkait insentif yang molor maupun dipotong dan nggak sesuai dengan yang dijanjikan. Menurut Media and Campaign Manager AII Nurina Savitri, aduan ini merupakan kumulatif keluhan nakes dari periode Juni 2020 hingga Juli 2021. Doi juga bilang bahwa aduan ini datang dari at least 21 provinsi, dari Sumatra hingga Papua.
  • Ternyata guys, pemberlakuan PPKM ni bisa ngaruh juga lho sama kepatuhan lalu lintas. Jadi dalam keterangannya kemarin, Satuan Lalu Lintas Polres Madiun Kota, Jawa Timur bilang bahwa penerapan PPKM selama Juli 2021 menurunkan kasus secara signifikan di wilayahnya. Hal ini karena yhaa emang warga nggak ke mana-mana.
And internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 202.381.318 kasus dan 4.289.689 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (35.741.342 kasus), India (31.934.455 kasus), Brazil (20.151.779 kasus), Rusia (6.362.641 kasus), dan Prancis (6.350.899 kasus).
  • Kemarin, Olimpiade Tokyo 2020 udah resmi selesai. Menurut catatan panitia, jumlah kasus positif Covid-19 di sana selama perhelatan Olimpiade pada 23 Juli sampai 8 Agustus 2021 mencapai 430 kasus, dari total 52 ribu orang yang terlibat selama ajang olahraga multievent ini. Adapun mereka yang positif mayoritas para penduduk Jepang sendiri, kayak staf sampe kontraktor. Terus kalo dari kalangan atlet, jumlah kasus positifnya adalah 29 kasus, dan dari media ada 25 kasus.
  • Untuk pertama kalinya dalam 15 bulan terakhir guys (15 BULAN!) negara tetangga Brunei Darussalam akhirnya menemukan 7 kasus covid-19 yang ditularkan secara lokal di negara tersebut. Seiring dengan perkembangan ini, pihak pemerintah langsung memberlakukan pembatasan sosial yang menutup tempat ibadah dan menunda kegiatan ngumpul-ngumpul selama dua minggu ke depan.
  • Sedih deh guys buat kamu yang udah nunggu-nunggu biar bisa umroh tahun ini. Karena ternyata, meskipun Arab Saudi udah menerima jemaah umroh dari luar negeri, tapi kalo dari Indonesia sih kita diminta untuk menunda dulu. Hal ini karena menurut Kemenag RI, pihak Arab Saudi masih memasukkan Indonesia sebagai satu dari sembilan negara yang masuk dalam daftar larangan masuk Saudi karena tingkat penularan dan angka kematian Covid-19 yang masih tinggi.
  • Suasana di Thailand lagi panas ni gengs, karena sejak minggu lalu, puluhan ribu warga turun ke jalan di ibu kota Bangkok untuk memprotes kebijakan pemerintahnya dalam menangani pandemi covid-19. Selain dinilai lamban dalam melakukan proses vaksinasi, pihak pemerintah juga dinilai nggak ngapa-ngapain dan para demonstran meminta agar Perdana Menteri Prayut Chan O-Cha untuk mundur dari jabatannya.
  • Sekarang kita ke negara tetangga lain guys, yaitu Filipina yang baru aja me-lockdown ibu kotanya Manila sejak Jumat minggu lalu. Jadi kota dengan populasi 13 juta orang ini kemudian memberlakukan berbagai kebijakan pembatasan yang ketat, di mana warga cuma boleh keluar rumah kalo mo membeli kebutuhan harian atau ke rumah sakit. Selain itu, akses ke dan dari Manila juga sangat dibatasi, di mana cuma karyawan sektor esensial yang dapat keluar masuk kawasan ibu kota.
  • Finallly, still from our Southeast-Asian neighbor, Singapura, yang rencananya bakal mulai “hidup berdampingan” sama Covid-19 mulai 10 Agustus mendatang. Dengan berlakunya kebijakan ini, maka warga udah bisa dine in, ngumpul-ngumpul, nonton konser, ke rumah ibadah, hingga pembukaan kembali perbatasan. Kuncinya? Vaksinasi guys. Jadi Singapura itu so far udah memvaksinasi hingga 63,4 persen penduduknya, dan kasus penularan juga udah jauh berkurang. Karena itulah, pemerintah setempat memutuskan untuk “hidup berdampingan” sama Covid-19, di mana yaudah virusnya tetap ada, tapi dengan angka vaksinasi yang tinggi, diharapkan penularan dan okupansi rumah sakit juga rendah, hingga para pasien masih bisa tertangani dan nggak bikin sistem rumah sakit kewalahan.