Corona Updates 23 Agustus 2021, Densus 88 Tangkap 53 Terduga Teroris di Tanah Air, Ismail Sabri Yakoob Dilantik Jadi Perdana Menteri Malaysia, Angelina Jolie Baru Saja Membuat Akun Instagram

50

Hi there

Rise and shine! Happy Monday to all of us except for para napi korupsi yang baru aja dapet remisi. As Joe Biden put it: Corruption is a cancer that eats away at a citizen’s faith in democracy, so…our biggest hope is to see corruption disappear forever from this country. Can we get an amen?


Now, as always, we start Monday with…

Covid-19 updates.
Yep, from home and abroad. Let’s go!
 
Nationally…
 
Per kemarin, 22 Agustus 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 3.967.048 kasus, dengan kasus aktif 319.658 angka sembuh 3.522.048 dan kasus meninggal 125.342.
 
Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (845.237 kasus), Jawa Barat (667.911 kasus), Jawa Tengah (461.357 kasus), Jawa Timur (371.088 kasus), dan Kalimantan Timur (145.112 kasus).
 
Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 56.986.150 dan vaksinasi kedua 31.210.922 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
 
Kabar gembira dari ibu kota ni gengs. Kemarin, Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria bilang bahwa DKI Jakarta sekarang udah masuk zona hijau dan udah mencapai herd immunity. Hal ini disimpulkan setelah terjadi penurunan angka kasus harian secara terus menerus dan 9 juta warga DKI Jakarta udah vaksinasi. Tapiii menurut data Satgas Penanganan Covid-19, DKI Jakarta masih masuk zona oranye. Cuma Kepulauan Seribu yang udah jadi zona hijau.
 
Tau gak sih, guys, pandemi yang berkepanjangan ternyata bikin sampah masker juga makin menumpuk. Diketahui bahwa jumlah sampah masker di Surabaya udah mencapai 863,15 kg per bulan. Hal ini diungkapkan oleh Dinas Kebersihan dan Ruang terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya yang juga menyebutkan kalo sampah masker ini menyumbang sekitar 43% jumlah sampah yang ada.
 
Yeay! Baru aja minggu kemarin nih, Presiden Jokowi nerbitin Peraturan Pemerintah (PP) soal Perlindungan Anak. Dalam aturan tersebut, ada aturan yang spesifik mengatur perlindungan terhadap anak yang menjadi korban bencana non-alam kayak pandemi covid ini gengs. Salah satu implementasinya adalah pembebasan biaya pendidikan baik lembaga formal maupun non-formal.
 
Tiati ya guys buat yang tinggal di luar Jawa Bali, karena Satgas Penanganan Covid-19 udah mewanti-wanti bahwa pemerintah pusat  bakal perketat PPKM di luar Jawa-Bali ni kalo gak ada penurunan kasus harian. Hal ini setelah 7 dari 9 provinsi di Indonesia yang situasinya memburuk ada di luar Jawa-Bali.
 
Hari ini penentuan apakah PPKM Level 4,3, dan 2 Jawa Bali diperpanjang apa nggak ni gengs. Nah, pemerintah pusat akan mulai fokus ke isolasi terpadu (isoter) ketimbang isolasi mandiri kayak dulu ni gengs buat menekan angka kasus harian. Selain itu, vaksinasi juga akan terus digencarkan oleh pemerintah dan distribusi obat-obatan akan ditingkatkan supaya gak telat sampenya ke pasien. Nah keputusannya kayak gimana hari ini, nantikan ya! Kita bakal update khusus buat kamu!
 
Meanwhile, internationally…
 
Per 22 Agustus 2021, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 211.400.758 kasus dan 4.423.960 kasus meninggal.
 
Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (37.673.305 kasus), India (32.424.234 kasus), Brazil (20.556.487 kasus), Prancis (6.682.952 kasus), dan Rusia (6.633.521 kasus).
 
Masih inget final Euro 2020 yang digelar di Stadion Wembley, Inggris, Juli lalu guys? Nah ternyata, data dari Public Health England (PHE) menemukan bahwa gelaran final tersebut jadi ajang olahraga dengan jumlah penularan virus covid-19 terbesar. Tercatat ada 2.295 orang yang terinfeksi corona, dan 3.404 orang berpotensi tertular dari partai final tersebut.
 
Seiring dengan meningkatnya kasus covid-19 karena varian delta, Amerika Serikat kemudian memperpanjang pembatasan perjalanannya dengan Kanada dan Meksiko. Kini, warga dari ketiga negara cuma diperbolehkan melakukan perjalanan kalo emang ada kepentingan mendesak yang esensial.
 
Jumat lalu, kasus covid-19 baru aja ditemukan pada gelaran Tokyo 2020 Paralympic yang akan digelar pada 24 Agustus hingga 5 September mendatang. Adapun jumlah kasus yang berkaitan dengan turnamen ini ada 74, dan mayoritasnya diderita oleh staf lokal dan kontraktor yang merupakan warga Jepang.
 
Minggu lalu, The White House aka Amerika Serikat berencana buat memberikan suntikan ketiga alias booster shot buat para warganya yang di atas 18 tahun dan sehat walafiat per bulan September mendatang. Hal ini setelah data temuan mereka menyatakan kalo perlindungan vaksin akan menurun setelah 8 bulan, ditambah munculnya varian delta. Hal ini tentunya menuai protes dari masyarakat internasional guys, karena masih banyak warga di negara miskin maupun berkembang yang bahkan vaksin pertama aja belom.
 
Selanjutnya pas weekend kemarin, pemerintah Australia menghadapi demonstrasi dari sekitar 250 warganya yang menolak lockdown di perbatasan antara New South Wales dan Queensland. Jadi meskipun udah lockdown dua bulan, tapi kasus harian di NSW masih tinggi banget ni guys. Per 21 Agustus kemaren aja, kasus hariannya mencapai 825 kasus.
 
Hari ini, Vietnam memulai kebijakan lockdown-nya di kota terbesar di sana, Ho Chi Minh City. Demi memastikan bahwa aturannya benar-benar dipatuhi, pemerintahnya sampe menurunkan tentara untuk menjaga perbatasan-perbatasan, sekalian juga nganterin makanan buat warga. Fyi guys, Vietnam saat ini punya 323.000 kasus covid19 dengan setengah dari kasusnya ditemukan di Ho Chi Minh. Terus juga 80% dari pasien yang meninggal terjadi di kota tersebut.

Who’s been working underground?

Densus 88.
Yep, Dalam keterangan dari Polri minggu lalu, diketahui bahwa Detasemen Khusus (Densus 88) Antiteror Polri baru aja melakukan aksi penangkapan besar-besaran terhadap 53 terduga teroris di tanah air.

Really?
Yep. Kata Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono, penangkapan ini berkaitan sama rencana teror yang tadinya bakal dilancarkan pas HUT Ke-76 RI kemaren. Adapun penangkapannya dilakukan selama satu minggu, yaitu sejak 12-17 Agustus lalu.

OMG is this serious??

Unfortunately yes… Sejauh ini, ada dua kelompok yang diduga sebagai dalang ancaman teror di momentum 17-an. Ada Jamaah Islamiyah (JI) dan Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Adapun terduga teroris yang diamankan ada di Sumatra Utara, Jambi, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Maluku, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

I need some background please.
Sure. In case you don’t remember, Kelompok JI merupakan kelompok teroris yang berada di balik serangan Bom Bali tahun 2002 silam. Nah, menurut Pak Argo lagi, kelompok ini membuat badan amal yang bernama Syam Organizer untuk menghimpun dana dari masyarakat dengan membawa-bawa kegiatan keagamaan sebagai modusnya.
 
Terus?
Nah terus, penangkapan ini terjadi sekarang karena over the years Densus 88 terus mengamankan anggota-anggota dari kelompok teroris tersebut yang jabatannya cukup strategis. Dari keterangan anggota-anggota yang tertangkap dan barang bukti yang ada, akhirnya Densus 88 bisa connect the dots dan mengetahui rencana serangan di momentum 17-an ini gengs.
 
Barang buktinya ada apa ajatu?
Densus 88 nemuin kotak-kotak amal dengan nama Syam Organizer di tempat penggrebekan, senjata api, alat perakit bom, dan lain-lain. Selain itu, Syam Organizer juga saat ini gak bisa dihubungi, dan kantornya yang ada di Yogyakarta juga terlihat sepi dan gak berpenghuni.
 
Geez… Emang serangannya katanya bakal kayak gimana?
Pihak Polri sih gak menjawab persisnya kayak gimana, namun menurut Kepala Bagian Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar, kelompok JI mainnya smooth banget dan pandai menyesuaikan diri dengan sikon, salah satunya dengan masuk ke politik. Mereka memasuki kelompok-kelompok masyarakat dengan cara yang damai gitu deh gengs. Terus, jumlah anggota yang ketangkep ni tiap tahun makin bertambah jumlahnya.
 
Berarti kelompoknya gede banget dong?
Yoi. Menurut Mabes Polri, saat ini udah ada 6ribuan anggota JI yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia dan mereka terus berpindah tempat. Bahkan, jumlah anggota JI yang tertangkap Polri jauh lebih besar daripada jumlah anggota teroris dari kelompok lain.
 
Just wondering… Does this have anything to do with Taliban though?
Nah, kalo soal ini, Mantan Anggota Jemaah Islamiyah Nasir Abbas bilang bahwa momentum kemenangan Taliban di Afghanistan tentunya bikin semangat jihadis kelompok-kelompok teroris berbasis agama di Indonesia bertambah. Nah udah gitu, Nasir juga bilang bahwa kemenangan Taliban ini juga bikin mereka pengen ke Afghanistan.
 
OMG… Anything else?
Terkait dugaan aksi terorisme ini, Densus 88 juga menangkap tersangka teroris anggota JAD yang berencana ngirim duit ke kelompok teroris lainnya yaitu Muhajiddin Indonesia Timur (MIT) yang headquarters-nya ada di Poso. Nah terkait pendanaan aksi teroris, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) juga menemukan 4.093 laporan keuangan yang diduga ada hubungannya sama aksi terorisme sepanjang tahun 2016 hingga 2021. Selain itu, ditemukan juga bahwa kelompok-kelompok ini bergerak mencari dana pada hari perayaan besar umat Islam, kayak misalnya bikin tabungan qurban, dan lain-lain.

Who just got a new job?

Ismail Sabri Yakoob as the new Malaysia’s Prime Minister.
 
Wow udah ada yang baru??
Yep. Everybody, meetIsmail Sabri Yakoob yang baru aja dilantik pada tanggal 21 Agustus 2021 sama Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah buat jadi Perdana Menteri Malaysia ke-9. Doi ditunjuk Perdana Menteri untuk menggantikan Muhyiddin Yassin yang resign tanggal 16 Agustus 2021 kemaren.
 
OK. Can you tell me about his CV?
Sure. Jadi Ismail Sabri ini sebelumnya menjabat sebagai wakil Muhyiddin Yassin, alias Wakil Perdana Menteri Malaysia sejak Juli 2021, so Sabri cuma menjabat jadi wakil selama 40 hari doang gengs. Previously, doi menjabat sebagai Menteri Pertahanan setelah sebelumnya jadi Anggota Parlemen sejak tahun 2004. Nah, doi juga menjabat sebagai Wakil Presiden partai terbesar di Malaysia, UMNO (United Malays National Organisation). Ini nih yang jadi prahara di tengah masyarakat.
 
Prahara apa tu?
Dengan ditunjuknya Ismail Sabri jadi Perdana Menteri di Malaysia, hal ini berarti UMNO kembali berkuasa. Padahal pada pemilu terakhir di tahun 2018, UMNO udah kalah gengs. Waktu itu, mereka mengusung perdana menteri incumben, Najib Razak yang lagi terlilit dugaan korupsi. Terus akhirnya yang menang adalah koalisi oposisi, namanya Pakatan Harapan yang dipimpin sama mantan perdana menteri Malaysia di era Pak Harto, namanya Mahatir Muhammad. Ini juga untuk pertama kalinya UMNO kalah pemilu sejak Malaysia merdeka.
 
WHAT?
Iya asli drama banget. Pas menang waktu itu, Mahatir bilang bahwa doi bakal menjabat dua tahun aja dan bakal menyerahkan kekuasaan pada Anwar Ibrahim sebagai tokoh oposisi di Pakatan Harapan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, drama-drama di parlemen terjadi, di mana komposisi dukungan partai banyak yang berubah, hingga yang akhirnya jadi perdana menteri adalah Muhyiddin Yasin. Namun instabilitas politik masih terjadi hingga doi juga menjabat nggak lama gengs, cuma 17 bulan aja, dan Sabtu lalu resmi digantikan sama… Ismail Sabri tadi.
 
I see…
Nah hal ini tentunya memicu pro dan kontra di masyarakat Malaysia, karena UMNO yang udah kalah pemilu ternyata kembali memegang tampuk kekuasaan. Selain itu, pihak oposisi juga jadi pada saling nyalahin karena narik dukungannya dari Muhyiddin kemaren sehingga UMNO bisa back in power dengan ditunjuknya Sabri sebagai pengganti.
 
Got it.
Terkait jabatan barunya ini, Sabri mendapatkan dukungan sebanyak 114 suara dari 220 anggota parlemen, dan perbedaan yang tipis ini menunjukkan bahwa dukungan buat doi juga sebenernya belum cukup kuat gengs. Selain itu, para pengamat juga menilai bahwa selama ini Malaysia udah 3 kali ganti Perdana Menteri setelah pemilu tahun 2018, dan ini menandakan enggak stabilnya pemerintah.
 
OK. Anything else?
Dalam pidato perdananya sebagai perdana menteri, Sabri mengajak segenap hadirin hadirot politisi untuk bersatu dalam menghadapi pandemi demi “Malaysian family“. Terus Presiden Jokowi juga udah mention Sabri di Twitter-nya untuk mengucapkan selamat dan langsung ngajak qerja-qerja-qerja demi memperkuat hubungan kedua negara.

Who’s just signing-up to Instagram?

Angelina Jolie.
Yoi guys, over the weekend kemarin, aktris Angelina Jolie baru aja bikin Instagram. Dan tau nggak postingan pertamanya apa? Yep, 100 buat kamu yang jawab, Afghanistan. Jadi dalam postingannya itu, Jolie nge-upload surat yang didapatnya dari seorang remaja putri di Afghanistan yang bercerita soal kondisi negaranya pasca Taliban berkuasa. Dalam suratnya, remaja itu bilang bahwa dia takut banget hak-haknya untuk bisa sekolah dan kerja terhapuskan karena kembalinya rezim Taliban. Terus dalam caption-nya, Jolie bilang bahwa orang-orang di Afghanistan sekarang udah kehilangan haknya untuk bisa berkomunikasi via sosial media maupun mengekspresikan dirinya secara bebas, dan karena itulah, doi menggunakan Instagramnya untuk menyuarakan soal apa yang terjadi di sana. FYI guys, selama ini, Jolie emang terkanal concern sama berbagai isu sosial, khususnya terkait pengungsi, sexual violence di negara konflik, hingga peperangan. Jolie juga punya lembaga amalnya sendiri, namanya The Jolie-Pitt Foundation yang melakukan berbagai kegiatan demi menghapuskan kemiskinan ekstrim di negara-negara miskin.

“Santai saja,”
 
Gitu guys kata anaknya Pak Jokowi yang juga Wali Kota Solo Mas Gibran Rakabuming pas ngomentarin soal ejekan terhadap bapaknya sebagai presiden. Menurut Mas Gibran, ejekan kayak gitu gausah didengerin, dan secara sekarang lagi pandemi, mending kita fokus aja ke kegiatan yang produktif.
 
When it’s Monday and you don’t know what deadline you should meet first…

Announcement


No one bought us coffee yesterday 🙁

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

Do you think you had a quality sleep last night? Here are signs that you didn’t.

Angel’s Stories

1. Belum lama ini, aku ulang tahun ke-22. Di ulang tahunku kali ini, aku minta sahabatku nemenin aku untuk spend my day together di luar, gamau cuma dirumah aja karena satu dan lain hal. Aku sendiri udah buat plan untuk diriku sendiri pokoknya di hari itu aku harus seneng aja gaada galau2nya. Eh, tanpa diduga, ternyata sahabatku ini gacuma mengiyakan untuk nemenin tapi juga sangat put her effort to celebrate my day. Dia sampe nyari-nyari tempat untuk bisa piknik2an yang bahkan aku gatau ada tempat kaya gitu di daerahku haha, terus sampe nyiapin properti-properti kaya taplak lucu, cake, dan bahkan foto-foto idol aku. Yaampun asli aku sangat dibuat senang dan terharu kok sampe seniat itu gitu loo padahal awalnya minta temenin ajaa :’) makasih ya bori my bestie, you really made my day. That day will be one moment that I cherish forever <3
-akitarunsani-
 
2. Kamis malem ujan deres dan pulang kerja aku ngelewatin jalan yang lumayan tergenang. Takut motor mati, jadi aku gas aja, eh depan aku ada yang puter balik. Akhirnya aku ngerem ngedadak, jatoh, sendal ilang sebelah (hanyut) dan motorku mati. 😔 Beruntung banget ada bapak-bapak plat B (maaf pak lupa tanya namanya) yang bantuin dan abis itu ada mas2 (Naufal) ikut bantuin sampe akhirnya motorku nyala lagi (lumayan lama pdhl) bahkan aku juga dibantuin nyebrang. Padahal kita ga saling kenal tapi mereka mau bantu aku. 😳 Makasih yaa Pak, makasih yaa Naufal! Semoga selalu berada dalam lindungan-Nya, dicukupkan rizkinya, dan sehat selalu!!!
-T-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)