Corona Updates 2 Agustus 2021, Tokyo Olympics 2020 Updates, Es di Greenland Mencair Akibat Peningkatan Suhu, Wisata ke London Bareng V BTS

63

Hi there!

We’ve officially arrived in August, and boy, do we love August. It is the month when the weather is nice, the breeze is warm, and the sky is just soooo pretty. Now, we hope everyone is still sane and healthy. And to start the month right, we just have to listen to this song. We just have to. Enjoy. 


As always, we start with Covid-19 updates.


Yep, we give you a chewable covid-19 updates, one time a week. Let’s go!
 
Nationally…
  • Per kemarin, 31 Juli 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 3.409.058 kasus, dengan kasus aktif 545.447 angka sembuh 2.770.092, dan kasus meninggal 94.119.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (814.657 kasus), Jawa Barat (609.028 kasus), Jawa Tengah (381.746 kasus), Jawa Timur (308.429 kasus), dan DI Yogyakarta (117.833 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 47.226.514 dan vaksinasi kedua 20.534.823 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Berita positif datang dari pervaksinan guys, karena kemarin siang, Indonesia udah kedatangan 3,5 juta vaksin Moderna buatan Amerika Serikat. Selain vaksin Moderna, Indonesia juga dijadwalkan menerima sebanyak 620 ribu dosis vaksin AstraZeneca dari Inggris pada hari ini. Kata Bu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, kedatangan vaksin ini didapat dari skema kerja sama aka dose-sharing.
  • Kali ini kita mau bahas soal kasus positif covid-19, yang datang dari Taman Margasatwa Ragunan DKI Jakarta. Jadi dalam akun Instagramnya kemarin, Gubernur DKI Jakarta Pak Anies Baswedan mengumumkan soal dua ekor harimau di Ragunan yang positif covid-19, yaitu Tino dan Hari. Keduanya diketahui mengalami gejala sesak nafas, bersin, keluar lendir dari hidung, dan penurunan nafsu makan. Abis di-swab, diketahui bahwa keduanya positif covid-19. Nah setelah diisolasi mandiri di kandang, kondisi keduanya udah membaik.
  • Sabtu lalu, Pak Anies juga mengumumkan soal wacana kartu vaksinasi covid-19 yang bakal menjadi syarat baru bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan di wilayah DKI Jakarta. Menurut Pak Anies, dengan melihat kenyataan bahwa pemberian vaksin udah cukup tinggi di Jakarta, maka vaksinasi bakal menjadi syarat buat masyarakat yang pengen melakukan kegiatan. Contohnya, kata Pak Anies, adalah kalo seorang tokoh agama pengen membuat acara, maka yang bersangkutan dan peserta acara harus udah divaksinasi. Begitu juga sama perusahaan, kalo mau meminta warganya buat WFO, maka karyawannya harus udah divaksin.
  • Sabtu kemarin, Tenaga Ahli Utama KSP,  Abraham Wirotomo bilang bahwa para nakes di Pulau Jawa udah mulai kelelahan dalam melakukan contact tracing karena masih banyak warga yang menghindar untuk melakukan tes. Akibatnya, tenaga kesehatan dari puskesmas harus mendatangi warga dan membujuknya satu per satu. Hal tersebut diketahui usai tim KSP melakukan serangkaian verifikasi lapangan di empat provinsi di Pulau Jawa.
  • Guys, always keep your guard up ya, khususnya dalam hal covid-19, karena kemarin, pemerintah baru aja bilang bahwa varian delta udah menyebar hampir secara rata di seluruh Indonesia. Menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi, varian Delta ini udah mendominasi 86 persen spesimen yang dilakukan sequencing dalam 60 hari terakhir, berasal dari 24 provinsi, jadinya yha bisa dibilang bahwa varian ini udah menyebar rata di seluruh Indonesia.
Meanwhile, internationally…
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 197.872.410 kasus dan 4.217.383 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (34.978.461 kasus), India (31.655.824 kasus), Brazil (19.917.855 kasus), Prancis (6.190.334 kasus), dan Rusia (6.185.249 kasus).
  • Haduuu bikin deg-degan banget ni guys, karena di tengah gelaran Olimpiade Tokyo 2020 yang saat ini masih berlangsung di Jepang, lonjakan kasus baru Covid-19 juga makin banyak terjadi. Adapun per kemarin, kasus baru harian Covid-19 di wilayah Tokyo mencapai 4.058 rekor harian.
  • Terkait perkembangan ini, Pemerintah Jepang kemudian mengumumkan status darurat karena lonjakan kasus Covid-19 di tengah pelaksanaan Olimpiade Tokyo yang berlaku sampai 31 Agustus 2021.
  • Dari Jepang kita ke Australia guys, di mana pemerintahnya baru aja melakukan lockdown di kota Brisbane dan kota lain di negara bagian Queensland pada Sabtu (31/7) waktu setempat. Hal itu dilakukan untuk menahan laju penyebaran Covid-19 dari varian Delta. Dengan aturan ini, maka jutaan penduduk di kota dan beberapa daerah lain di Queensland diharuskan untuk tetap tinggal di rumah mulai Sabtu sore selama tiga hari ke depan.
  • Seiring dengan makin naiknya angka positif covid-19 di tanah air, pemerintah Australia kemudian berencana untuk memulangkan 780 orang warganya pada pertengahan Agustus mendatang. Rencananya penerbangan pemulangan akan dilakukan dari Denpasar, Bali pada 18 Agustus mendatang.
  • Meski angka kasus covid-19 di negaranya tengah melonjak, namun Pemerintah Sri Lanka rencananya bakal mengakhiri kewajiban work from home bagi para PNS dan mereka udah harus mulai masuk lagi per hari ini. Adapun alasannya, menurut pemerintah setempat, adalah karena para PNS ini udah divaksin.
  • Waduuu… India berpotensi mengalami gelombang ketiga Covid-19 ni guys. Alasannya, pada Jumat lalu mereka udah melaporkan 41.454 kasus baru, turun dari 44.681 pada hari sebelumnya. Meski begitu, angka ini menunjukkan pemecahkan rekor tiga hari berturut-turut penambahan jumlah pasien di negeri tersebut.

When you’ve been keeping up with the Olympics…

Nontonin Olimpiade Tokyo 2020 tuh bikin invested banget gak sih, sama kayak hubungan kamu dan gebetan kamu, uhuk. We understand that, so here’s your Olympics roundup!
  • First update tentang posisi Indonesia di ajang olahraga empat tahunan ini. Per kemarin, 1 Agustus 2021 pukul 18.30 WIB, klasemen Indonesia ada di urutan 57 dengan perolehan sementara 1 medali perak dan 2 medali perunggu.
  • Next update dari kontingen bulu tangkis Indonesia, ada Greysia/Apriani yang mencetak sejarah dengan menjadi tim ganda putri pertama Indonesia yang masuk ke babak final Olimpiade di cabang bulu tangkis. Sebelumnya, keduanya menang dalam pertandingan melawan tim Korea Selatan Lee So Hee/Shin Seung Chan dengan 2 set dan skor akhir 21:19 dan 21:17. Duo Grey/Ap bakal bertanding di babak final nanti yang bakal digelar hari ini jam 11.00 WIB gengs, jangan sampe ketinggalan!
  • Masih dari cabang olahraga bulu tangkis, tim ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan kalah dalam pertandingan perebutan medali perunggu melawan tim Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Pertandingan yang digelar hari Sabtu kemarin berlangsung selama 3 set dengan skor 21-17, 17-21, dan 14-21. Gapapa gengs, yang penting kita tau kalo the Daddies udah ngasih yang terbaik. Thank you for fighting!
  • Kabar juga datang dari tunggal putra, di mana Anthony Sinisuka Ginting gagal ke final tunggal putra badminton Olimpiade Tokyo 2020 setelah kalah dengan skor  16-21 dan 11-21 dari Chen Long pada semifinal di Musashino Forest Sport Plaza. Adapun untuk perebutan medali perunggu, Ginting bakal menghadapi Kevin Cordon dari Guatemala dalam perebutan medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 hari ini, 2 Agustus 2021 pukul 18.00 WIB.
  • Now is the time for international updates. Ada yang seru dan penuh drama nih gengs. Novak Djokovic yang merupakan atlet  tenis dari Serbia, ngelempar raketnya di tengah-tengah pertandingan hari Sabtu kemaren. Iya guys, segitunya gara-gara doi kemungkinan besar bakal kalah di set itu dari lawannya, Pablo Carreno Busta dari Spanyol. Akhirnya doi ngundurin diri dari pertandingan tersebut dengan alasan cedera bahu. Katanya sih doi frustasi banget karena dalam waktu kurang dari 24 jam sebelumnya, doi udah kalah dari pemain Jerman, Alexander Zverev.
  • Abis itu, ada Anastasija Zolotic nih yang merupakan atlet perempuan pertama dari Amerika Serikat yang memenangi medali emas di cabang olahraga Taekwondo pada 25 Juli 2021 kemaren gengs. Anastasija menang setelah mengalahkan Tatiana Minina dari tim Russian Olympic Committee di kategori 57 kg. Daaan tau gak sih guys, dia baru 17 tahun loh! Kurang keren apa lagi coba?
  • Another female is making history for her country and this one comes from the PhilippinesHidilyn Diaz menjadi atlet pertama yang ngasih medali emas ke Filipina. Hidilyn menang di cabang olahraga angkat beban perempuan kategori 55 kg Senin, 26 Juli 2021 minggu lalu. How cool is that, huh?
  • Buat kamu yang suka nonton sepak bola, kamu juga perlu tahu nih bahwa weekend kemarin, Timnas sepakbola perempuan Amerika Serikat baru aja lolos ke babak semi final setelah mengalahkan Timnas perempuan Belanda lewat adu pinalti. Selanjutnya, Megan Rapinoe dkk bakal berhadapan sama timnas Kanada di laga semifinal nanti.

What’s melting but not from getting compliments?

Ice in Greenland.
 

Oh no… Heat wave lagi?
Yep, you guessed it rightHeat wave yang gak kunjung selesai akhirnya sampe ke Greenland guys. Jadi Rabu minggu lalu tanggal 28 Juli 2021, lapisan es di Greenland mencair sebagai akibat dari meningkatnya suhu di sana yang mencapai 10 derajat lebih tinggi dari biasanya. Diperkirakan air dari lelehan es ini bisa nutupin wilayah Florida setinggi 5,1 cm, atau sebanyak 8,5 miliar ton air.

WHOAAA sebanyak itu???
Iya guys 🙁 Soalnya, Greenland yang merupakan wilayah di kawasan Arktik ini memiliki lapisan es yang menutupi 79% kawasan, aka lapisan es terbesar kedua di dunia setelah lapisan es Antartika. Nah, mencairnya lapisan es minggu lalu sampe dibilang sebagai massive melt event karena ini melt event terbesar ketiga yang dialamin sama Greenland sejak 1950. FYI, yang pertama terjadi di tahun 2012 dan kedua tahun 2019. Makanya semakin digencarkan banget nih, kesadaran atas isu climate change ini.
 
OMG… Emang biasanya gak separah gitu?
Ya enggak sih. Namun sejak massive melt event minggu lalu, setiap harinya lapisan es di Greenland mencair sebanyak 8 miliar ton perharinya guys. Padahal biasanya, jumlah es yang mencair setiap harinya gak sampe setengahnya lho. Kan setiap musim panas pasti esnya mencair, tapi di tahun ini dan ditambah gelombang panas yang lagi ganas banget, makanya sampe naik lebih dari dua kali lipat deh banyaknya es yang mencair. So, it can only get worse from here.
 
How much worse?
Iya, jadikan lapisan es yang mencair kemudian bikin lapisan bumi di bawahnya muncul ke permukaan. Nah, lapisan ini kalo udah terekspos bukannya memantulkan panas yang ada, namun malah menyerap panas  sehingga memperparah pencairan lapisan es di sana. Bisa dipastikan bahwa event ini bakal mengubah bentuk permukaan Greenland.
 
So scary….
We know 🙁 Apalagi, wilayah Arktik merupakan wilayah yang mengalami peningkatan suhu tertinggi di dunia gengs. Para peneliti memperkirakan bahwa mencairnya lapisan es Greenland punya kontribusi sebesar 25% dari meningkatnya level laut selama beberapa dekade terakhir.
 
🙁 Anything else?
Isu climate change emang lagi rame banget disuarakan selama beberapa tahun terakhir guys, dan ini emang udah jadi bahan bahasan utama kebijakan di berbagai negara. Kayak negara-negara Uni Eropa yang baru aja memberlakukan European Climate Law dengan target mengurangi emisi karbon sebanyak 55% di wilayah tersebut di tahun 2030. Terus, bahasan dari pertemuan negara-negara G7 yang ngebahas gimana negara-negara tersebut bisa lebih sustainable dalam menjalankan perekonomiannya.
 
Yuk bisa yuk…

For when you’re sooo looking forward to traveling again…

Go to London. With V BTS.
Iya guys, ga salah. Jadi, Wali Kota London Shadiq Khan lagi gencar mengajak para turis buat berwisata lagi ke ibu kota Inggris tersebut. Nah, kebetulan Kim Tae-Hyung aka V emang beberapa kali nge-tweet soal London, including yang terakhir banget nih doi nge-post foto jalan-jalannya di kota tersebut. Langsung deh tuh di-quote tweet sama Shadiq Khan dengan menyertakan hashtag #LetsdoLondon. Menyusul ritwitan ini, netijen langsung pada rame dengan para penggemar V yang langsung bikin hashtag baru, #LondonwithTae.
 
FYI guys, Inggris emang mulai mulai melonggarkan aturan pembatasan masyarakat dan kembali membuka negaranya untuk para pelancong per tanggal 1 Agustus 2021 kemaren. Hal ini seiring dengan menurunnya kasus harian positif covid-19 di sana gengs. Jadi pas banget nih, secara gak resmi V diangkat jadi brand ambassador dari campaign datengin turis ke London. Para penggemar BTS basis London sih seneng banget sama hal ini dan bilang kalo London terbuka banget buat para fans BTS. Selain itu juga, mereka berharap kalo penggemar BTS di luar London bisa jatuh cinta sama kota ini kayak V.
 
Cz I I I am in London tonite…

“Saya harus move on,”
 
Gitu guys kata atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting beberapa saat setelah mengakhiri partai semi final melawan pebulutangkis China, Chen Long dan berakhir dengan kekalahan. Menurut Ginting, masih ada pertandingan lain yang udah menunggu (perebutan medali perunggu) dan doi harus move on secepat mungkin.
 
Same, Ginting. Same.

Announcement


Thanks to Nararya & Yoana for treating us coffee yesterday!

 

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)


Ajak-ajak yuk!

Yep, kamu bakal langsung dapet merchandise eksklusif dari Catch Me Up! kalo kamu ngajak teman-teman kamu berlangganan! Caranya gampang banget, kamu tinggal klik link di bawah ini dan mulai deh, sebar-sebar referral code kamu ke teman, sodara, gebetan, rekan kantor, pokoknya siapa aja boleee….

Atau, kamu juga bisa langsung nge-klik share button di bawah ini! Kumpulin terus referral kamu untuk dapetin merchandise-nya ya! Gratis!


Catch Me Up! recommendations

If you want to have a good quality sleep, consider cutting these foods. 

Angel’s Stories

1. Awal Juli kemarin aku pusing banget. Di tahun kedua pandemi ini papaku zero income, adikku masuk SMA, dan mamaku harus pindah rumah kontrakan karena harganya udah diatas budget kami. Untungnya udah dapet rumah yg sesuai, tapi pindahan kan butuh dana juga ya.. praktis aku sebagai tulang punggung mikir lagi dan lagi. Pas di jalan pulang kantor, aku ngelamun sambil nyetir motor banyak pikiran dan sedih. Di lampu merah, ada pengamen yg nyanyi pakai gitar listrik, lagunya simple, “InsyaAllah ada jalan..” tapi langsung nyadarkan aku banget kalau yaudah gak usah khawatir, nanti juga ada jalanNya kok.. refleks aku kasih 5000an ke pengamennya. Fast forward ke akhir Juli ini, alhamdulillah papaku dapet income walau gak tetap, adikku udah sekolah online, dan mamaku udah pindahan kontrakan. Semua dimudahkan. Semoga pandemi segera reda, ya! Stay safe semua!
-pvch-
 
2. First of all, saya mau ngucapin banyak terima kasih ke tim CMU sekaligus mau bilang bahwa you guys are so brilliant! But seriously, this kind of news in my email every morning is one of the best unexpected things on 21st century hehe. Saya mau cerita, beberapa hari ini pikiran saya lagi dipenuhi dengan banyak hal dan sedikit banyak mempengaruhi mood saya, beberapa hari ini juga cukup sulit untuk bangun dan siap-siap ke kantor, ngebayangin besok akan kerja aja cukup membuat stress. Tapi saya mau berterima kasih sama wanita hebat, yang merupakan salah satu alasan saya untuk tetap waras dari awal pandemi menyerang. Dia juga yang menjadi alasan saya untuk tetap semangat angkat badan dari kasur setiap harinya hehehe terima kasih Kanyaah!!! Terima kasih sudah menjadi salah satu rezeki di hidup saya yang tidak pernah berhenti saya syukuri.
-Paduka Raja Cemet-
 
(We believe that angels, just like superheroes and cats, come in different costumes, but they’re here for the same reasons: to make our days brighter, our smiles wider, and our feelings happier. So during these uncertain times, we’ve decided to replace the love letter with stories about kindness, because now more than ever, our community needs that. Shoot us your kindness stories here (can be something you see or experience firsthand (or no), basically, anything!) and we will feature it here. You can also check our previous angel stories on our angel’s Instagram. Go go go!)