Corona Updates 16 Agustus 2021

28

And let’s begin with… your covid-19 updates.

As always, we’ll update you about everything from…
Home.
  • Per kemarin, 15 Agustus 2021, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 3.833.541 kasus, dengan kasus aktif 395.577 angka sembuh 3.321.598 dan kasus meninggal adalah 116.366.
  • Provinsi dengan kasus terbanyak adalah DKI Jakarta (839.268 kasus), Jawa Barat (653.742 kasus), Jawa Tengah (442.979 kasus), Jawa Timur (356.310 kasus), dan Kalimantan Timur (139.464 kasus).
  • Penduduk Indonesia yang udah menjalani vaksinasi pertama ada sebanyak 53.618.870 dan vaksinasi kedua 27.793.556 dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk.
  • Memasuki tahun kedua di tengah pandemi covid-19, Gubernur Jawa Barat Kang Ridwan Kamil meminta masyarakat untuk menyemarakkan perayaan HUT RI ke-76  dengan lomba beramal. Adapun lombanya ini untuk menggantikan lomba makan kerupuk, balap karung, atau panjat pinang. Kata Kang Emil, perubahan ini dimaksudkan untuk menghindari perayaan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.
  • Belakangan ini, emang kasus penularan covid-19 di ibu kota Jakarta udah makin melandai ni guys. Meski begitu, Gubernur DKI Pak Anies Baswedan minta warga supaya enggak terburu-buru kembali beraktivitas bebas. Karena yhaa emang melandai, tapi belum bener-bener berkurang, jadi perlu terus ada upaya ekstra.
  • Buat kamu yang gajinya sering abis buat tes PCR, ada kabar gembira ni gengs. Kemarin, Pak Presiden Jokowi baru aja meminta supaya harga tes PCR jadi di kisaran 450-550ribuan aja. Menurut beliau, hal ini penting demi memperluas dan meningkatkan strategi tes, telusur, dan tindak lanjut (3T) sebagai upaya mengendalikan pandemi covid-19 di Tanah Air.
  • Hasil survei terbaru yang dirilis sama Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan bahwa tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pak Jokowi dalam menangani pandemi covid-19 menurun pada Agustus 2021. Menurut Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah, tingkat kepuasan kinerja Pak Jokowi sempet nyampe angka 56 persen pada hasil survei IPO April lalu. Namun, angkanya turun ke 52 persen pada hasil survei Agustus.
  • Weekend kemarin, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Pandjaitan meminta ke Bupati Kabupaten Bogor Bu Ade Yasin untuk segera meningkatkan jumlah vaksinasi covid-19 menjadi 100 ribu per hari. Selain meningkatkan kapasitas vaksin, Opung Luhut juga minta Bu Ade untuk meningkatkan pemanfaatan isolasi terpadu, karena jumlah warga Bogor yang isoman masih sebanyak 51%.
  • Meski merupakan kelompok prioritas, namun ternyata cakupan vaksinasi bagi orang lanjut usia di Indonesia masih di bawah target. Menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, sampe Juli 2021 baru ada 5 juta lansia yang menerima vaksin Covid-19. Padahal target pemerintah adalah 21,5 juta lansia sudah vaksin dosis pertama.

Meanwhile, internationally..
.
  • Per kemarin, total kasus positif Covid-19 di dunia udah mencapai 206.713.632 kasus dan 4.354.045 kasus meninggal.
  • Negara-negara dengan kasus terbanyak adalah Amerika Serikat (36.636.853 kasus), India (32.156.493 kasus), Brazil (20.350.142 kasus), Rusia (6.490.421 kasus), dan Prancis (6.471.262 kasus).
  • Pemerintah Iran baru aja memutuskan untuk menerapkan lockdown selama enam minggu  akibat gelombang kelima Covid-19 di negara tersebut. Selama kebijakan lockdown ini, maka berbagai kegiatan kayak bazar, pasar perkantoran, bioskop, pusat kebugaran dan seluruh restoran wajib tutup.
  • Over the weekend kemarin, Amerika Serikat akhirnya mengizinkan booster atau dosis ketiga vaksin Covid-19 bagi orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau immuno-compromised. Dengan adanya kebijakan baru ini, maka mereka yang merupakan penerima transplantasi organ maupun punya level ketahanan tubuh yang sama udah bisa dapetin booster vaksin ketiga.
  • Seiring dengan meningkatnya angka covid-19 varian delta, China baru aja mengharuskan kembali penggunaan masker di tempat-tempat publik, termasuk di lokasi outdoor. Padahal sebelumnya, kehidupan di China udah kembali normal dengan warga yang udah bisa ke mana-mana tanpa pake masker dan diperbolehkannya berbagai kegiatan yang menyebabkan kerumunan kayak nonton konser, wisata, dll.
  • Untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 di kantor, Kanada bakal mewajibkan seluruh pekerja federal atau PNS untuk divaksinasi covid-19. Menurut Mendagri Dominic LeBlanc, vaksinasi adalah cara terbaik untuk mengakhiri pandemi, dan diharapkan seluruh PNS mau divaksin. FYI guys, saat ini Kanada udah memvaksinasi 71 persen dari 38 juta warganya.
  • Meski nggak dianjurkan sama WHO, Pemerintah Israel udah mulai memberikan vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster kepada warga usia 50 tahun ke atas dan tenaga kesehatan di sana. Menurut pemerintah setempat, kebijakan ini diambil demi membendung penyebaran varian delta yang lebih menular. Padahal sebelumnya WHO udah mewanti-wanti supaya daripada ngasih booster, negara-negara kaya ini mendingan nyumbangin vaksinnya aja ke negara-negara lebih miskin yang punya akses vaksin terbatas.
  • Minggu lalu, WHO baru aja mengumumkan bahwa mereka bakal melakukan uji coba terhadap tiga pengobatan covid-19 di rumah sakit di 52 negara. Adapun ketiga pengobatan ini adalah artesunate, imatinib, dan infliximab, di mana ketiganya dipilih oleh kelompok ahli yang independen dengan tujuan untuk mengurangi risiko kematian covid-19 di rumah sakit. FYI, saat ini Artesunate digunakan untuk mengobati kasus malaria yang parah, terus kalo imatinib untuk kanker, dan infliximab untuk penyakit terkait sistem imun, kayak Crohn’s disease dan rheumatoid arthritis.