China Lakukan Lockdown per 2 Agustus Kemarin

37

Who’s having déjà vu?

China.
Yep, this country is going back to a strict lockdown pada hari Senin, 2 Agustus 2021 kemarin. Kebijakan ini diambil setelah virus covid-19 varian Delta (u again? ckckckc) udah menyebar di lebih dari 20 kota di China dan ada 328 kasus penularan sejak outbreak mulai lagi di bulan lalu.
 
Wait, katanya Cina udah covid free?
Bukan covid namanya kalo gak full of surprises cos it’s making a comeback (ini covid atau mantan kamu yeee~)Anyway as a refresher, China pertama kali melakukan lockdown di Kota Wuhan dan beberapa kota di sekitarnya tanggal 23 Januari 2020, sebulan lebih setelah kasus-kasus pertama covid-19 ditemukan saat pertengahan Desember 2019. Tercatat ada lebih dari 50ribu masyarakat Wuhan yang terinfeksi virus ini dan 2.500 orang meninggal. FYI guys, angka tersebut merupakan 80% kematian di seluruh China akibat covid-19.
 
OMG…
Yep. Jadi meskipun lockdown ini awalnya menuai banyak kontroversi, terlebih dari sisi human rights, tapi yhaaa namanya juga desperate times need desperate measure. Dan akhirnya langkah ini juga diambil sama negara-negara lain kayak New Zealand, Australia, Italia, Inggris, dll karena situasinya udah parah banget.
 
Terus?
Nah terus selama diberlakukannya lockdown, jumlah kasus covid-19 di China udah menunjukkan angka penurunan kasus yang signifikan. Akhirnya, lockdown berakhir setelah berjalan selama 76 hari. Meski begitu, setelahnya China terus-terusan menjalankan prokes yang ketat, dan kasus-kasus positif covid pun masih terus bermunculan. Tapi masih di tahap yang bisa diatasi lah.
 
What about now?
Nah kalo sekarang, dengan penyebarannya yang udah mencapai lebih dari 20 kota, pemerintah China memutuskan bahwa udah waktunya harus lockdown lagi. Alhasil, semua bentuk transportasi baik darat laut dan udara diberhentikan, dan turis dari luar gak boleh masuk, regardless libur musim panas yang biasanya merupakan peak season buat turis liburan ke negara tersebut. Selain itu, massive testing juga lagi kembali digencerin banget sama pemerintah ke masyarakatnya.
 
Pada panic buying lagi kayak di Indonesia gak?
Pastinya. Gak cuma masyarakat yang ngelakuin panic buying dengan borong semua persediaan makanan dan obat, pabrik-pabrik juga ngelakuin hal yang sama kayak borong bahan baku, container, dan lain-lain. Hal ini dalam rangka memenuhi permintaan masyarakat yang menurut prediksi bakal tinggi banget gengs.
 
Kebayang… Anything else?
Inget kan guys, China juga lagi menghadapi bencana banjir besar di kota Zhengzhou? Nah, rumah sakit yang menangani korban bencana tersebut juga ikutan kena outbreak, gara-gara mereka menangani pasien dari luar negeri yang positif covid. Selain itu, udah ada lebih dari 30 kasus udah kedeteksi dari outbreak kali ini.
 
#nowplaying Olivia Rodrigo – deja vu