Badai Ida Terjang Wilayah Pesisir AS

21

Another day, another disaster happening on earth…

Ida Hurricane menerjang beberapa wilayah di Amerika Serikat.
Iya guys, pada Hari Minggu tanggal 29 Agustus kemarin, Badai Ida menerjang wilayah pesisir Amerika Serikat New Orleans, Louisiana. Puluhan ribu warga yang tinggal di daerah ini udah mengevakuasi dirinya sejak himbauan dan peringatan akan badai ini sehari sebelumnya tanggal 28 Agustus 2021.
 
OMG 🙁 How is it now?
Bad. Gubernur Lousiana John Bel Edwards sampe bilang kalo badai ini adalah yang terburuk menerjang Lousiana sejak 1850 dan merupakan badai level 4. Jadi pada Sabtu malam, Badai Ida melewati Sungai Mississippi dan menyebabkan banjir sekitar 3-5 meter di sekitar sungai. Besokannya, badai ini sampe di Louisiana dan menerjang wilayah ini dengan kecepatan tinggi. Terkait bencana ini, Presiden Amerika Serikat Joe Biden udah mengerahkan 500 personel dari Lousiana dan Texas untuk melakukan proses evakuasi.
 
Terus, any casualties?
Sejauh ini, ada korban jiwa berjumlah satu orang yang meninggal akibat tertimpa pohon tumbang. Tapi yang parah sih jaringan listrik guys, di mana terpaan badai yang kuat banget bikin jaringan listrik di sana terputus dan setidaknya ada satu juta warga di Louisiana dan puluhan ribu warga Mississippi terpaksa menjalani hidup tanpa listrik. Akibatnya, pemompaan air di wilayah ini jadi terganggu dan banjir jadi gak bisa dikeringkan. Selain itu, semua penerbangan di daerah sekitar yang terdampak Badai Ida ini juga dibatalkan pada hari Minggu kemarin, karena cuaca yang gak memungkinkan untuk penerbangan pesawat.
 
Oh no 🙁
Terkait kondisi ini, Presiden Amerika Serikat Joe Biden bilang bahwa kerusakan yang diakibatkan oleh badai ini bisa memakan waktu beberapa minggu untuk diperbaiki, termasuk arus listrik yang rusak tersebut. Terus, doi juga udah men-declare bahwa badai ini adalah major state disaster dan pemerintah bakal ngeluarin dana lebih buat penanggulangan bencana. Meskipun kecepatannya semakin berkurang sehingga level bahayanya semakin turun, Badai Ida tetap dinilai berbahaya gengs. Dari yang awalnya kategori 4 powerful storm, jadi turun level ke tropical storm alias badai tropis.
 
Anything else?
FYI, Badai Ida ini menerjang di hari yang sama dengan Badai Katrina ketika menerjang Lousiana dan Mississippi pada 16 tahun lalu. Badai Ida dinilai jauh lebih besar kekuatannya namun konsentrasi wilayahnya lebih kecil. Selain itu, peneliti di National Center for Atmospheric Research Kevin Trenberth juga bilang kalo dalang dari badai yang berbahaya ini adalah climate crisisthe same cause yang bikin hujan dan banjir besar di beberapa negara belakangan ini kayak Jerman dan China. Level air laut yang tinggi dan suhu yang semakin panas bikin badai tropis kayak Badai Ida ini semakin parah gengs, sehingga anginnya lebih kenceng dan banjirnya lebih tinggi. 🙁