Amerika Serikat Capai Target Vaksinasi Covid-19

31

Who’s reaching a historical milestone?

US President Joe Biden.
Yep, berita bagus dari Amerika Serikat ni guys, karena baru aja Senin kemarin, AS resmi mencapai target yang dipasang presidennya Joe Biden, buat memberikan vaksin covid19, at least dosis pertama, buat 70% eligible adults di sana.
 
WHOAAAA!
Rite. Walaupun sebenernya targetnya melesat sampe sekitar empat mingguan sih gengs, dari target pertama di 4 Juli kemaren yang berbarengan sama perayaan hari kemerdekaan Amerika Serikat. Nah meski baru aja mencapai prestasi baru, namun nggak ada tu rame-rame selebrasi di White House. Jadinya, pengumumuman iini disampaikan oleh Direktur Data Covid-19 Cyrus Shahpar lewat Twitter aja. Selain ngabarin soal target yang tercapai, Cyrus juga bilang bahwa pemerintah bakal lanjut kerja buat meningkatkan lagi angka vaksinasi tersebut.
 
Ok terus…
Nah guys, in case kamu bingung kenapa pencapaian targetnya bisa telat, ternyata jawabannya adalaaah jeng jeeeng: varian delta. Jadi saat ini, Amerika Serikat lagi mengalami kenaikan angka kasus, khususnya di daerah-daerah yang nggak mau divaksin. Terus, CDC aka Centre for Disease Control juga baru mengumumkan lagi supaya masyarakat pake masker kalo lagi ada kegiatan indoor. Padahal sebelumnya udah sempet dibolehin nggak pake.
 
Feeling like 2020 all over again.
Same. Hal ini karena emang kata CDC, delta ini lebih mudah menular dan bisa aja menyebabkan gejala yang lebih parah. Meski begitu, para ahli bilang bahwa penularan pada dua orang yang udah divaksin jarang terjadi, dan kalo pun emang terjadi, maka vaksinnya juga bisa menghindari kamu dari gejala parah yang mengancam keselamatan.
 
OK…
Nah guys, meskipun tercapainya target ini merupakan hal yang penting banget, tapi para ahli kesehatan ngingetin White House buat jangan seneng dulu ni. Hal ini karena menurut anggota dari Food and Drug Administration’s Vaccines and Related Biological Products Advisory Committee Dr. Paul Offit, kalo buat mencapai kekebalan komunal atau herd immunity, jumlah masyarakat yang divaksin adalah 80% dari semua kalangan usia. Jadi, US still got a looong way to go.
 
Got it. Anything else?
Well, emang urusan yang ga mau divaksin ini (for whatever reason) lumayan bikin pusing Biden sih guys. Pasalnya, wilayah-wilayah yang menolak vaksin ini, kayak Florida, Arkansas, Missouri, hingga Louisiana mulai menunjukkan angka kasus yang tinggi, dan rumah sakit udah mulai penuh lagi. Jadi emang wajib banget yha kita divaksin.